{indexia} Report belanja dan pergantian Engine Mounting, Bushing Arm dan Belt Aerio

sumber : kaskus


Pagi semua, kali ini gw mau report dulu ...
Malam minggu ane nimbrung di blognya oom Singa berusaha mencari sedetail mungkin mengenai masalah kaki-kaki, mulai dari shocbreaker, engine mounting, dll. Kebetulan gw juga lagi cari tempat yang tepat untuk beli suku cadang, akhirnya ane putuskan untuk belanja di Sentosa Atrium atas rekomendasi bro ZicZac dan rekomendasi dari salah satu postingan dari blognya oom Singa.

Gw sms dah tuh mbak Ningsih nanya kalau hari minggu toko di Atrium-nya buka gak? Ternyata dibalas, doi bilang katanya buka. Sebelum ane meluncur, bini alias pacar gw masak yang berarti gw harus nunggu kelar masaknya sekalian makan. Ywdah, alhasil jam setengah 2 dah baru berangkat ...

Skip .. skip ..

Sampe di Atrium langsung nyari dah tuh toko, gak lama sih nyarinya akhirnya ketemu juga. Belanja belanja ... akhirnya total DC yang harus gw keluarin untuk kali ini berkisari di angka 1 juta dengan rincian parts yang ane boyong untuk jajan my Aira:

gambar 1 - belanjaan


Supaya enak gw memutuskan untuk ganti parts2 sebagai berikut:

  1. 1 pc Emon Kanan (275rb)
  2. 1 pc Emon Kiri (345rb)
  3. 1 pc Emon depan (225rb)
  4. 1 pc Bushing Arm Kanan - Belakang (115rb)
  5. 1 set Belt (Yang Kedinamo & AC) (65rb)
  6. Lampu rem (15rb)


... pas mau pasang, gw tanya biasanya pasang dimana, pegawai disana nunjukin bengkel di atas, pas kesana malah mau tutup secara udah jam setengah 3 lewat. Tapi sempat sih dihitungin total jasa kalau mau pasang parts .. kalau gak salah untuk 1 item dikenakan 80rebu plus ada 1 item yang 155rebu ...totalnya sekitar 400ribuan donk . Gw disuruh balik lagi besoknya.

Pas keluar, gw ketemu karyawan toko Sentosa, katanya kalau mau ada bengkel rekanan mereka tapi di gedung proyek lama (seberang Atrium). Ywdah, gw iya in aja. AKhirnya datang montir buat jemput gw.

Skip .. skip ..

Sampe di TKP ... sembari nunggu dingin gw ngobrol2 sama bini ane. Setengah jam kemudian baru deh dikerjain ntuh Aira gw. Kata mekaniknya, kalau Suzuki mesti nunggu dingin dulu supaya baut-bautnya gampang dibuka.

Sori gak sempat foto seluruh kerjaannya sih berhubung gw juga lagi ada urusan yang lain, jadi sesempat-sempatnya aja gw foto.

gambar 2 - Emon kanan sudah kembung


gambar 3 - Emon kiri ga tau karet penahannya kemana

tuh keliatan juga shock yang baru gw ganti ... iya gak sih shock kayak gitu harganya ampe 3 jutaan semua? ketipu mentah2 deh gw minggu lalu (terpaksa beli karena udah jam 12 malam)

Belt yang bunyi juga sekalian gw ganti dengan yang baru. Waktu dikeluarin, belt yang lama basah karena oli dan sudah agak lembab walau sebenarnya masih kuat.

Nih total belanjaan gw (biar gak dikatain HOAX)

gambar 4 - Kwitansi pembayaran

(totalnya Rp. 1.040.000,- ... dibayarin bini gw alias ngutang dulu,,,gesek pake kartu debit BCA doi, punya ane gak cukup saldonya )

Total waktu pengerjaan dari jam 3.15 sampe jam 5.15 (2 jam) dengan 2 orang pekerja yang menurut ane kerjanya kompak dan ramah. Untuk DC pengerjaannya, gw dikenakan hanya 250ribu ... (lebih murah dikit dari bengkel yang di Atrium)

Total biaya:
1. Belanja parts: Rp. 1.040.000,-
2. Jasa: Rp. 250.000,-
---------------------------+
Total 1.290.000,-

Hasil ....
(+) getaran di steer hilang
(?) bunyi decitan hilang, tapi masih bunyi di awal pas mesin dinyalain, bunyinya kayak decitan keras, 2 detik hilang tapi suaranya cukup memekakan telinga. Ini mungkin karena oli masih slip pada belt. Kata mekaniknya itu gara2 oli yang ada di rantai ngeciprat ke belt. Pertanyaannya ... oli apa itu? kata mekaniknya lagi, itu cukup ditutup (beliin aja lem). Ini yang gw gak ngerti, ada yang bisa jelasin?
(?) tadi pagi sempat kaget karena pas belok kiri ada bunyi di kolong. Hadeh ... apa mesti ganti as roda? Yang ini nih mohon pencerahan brader-brader sekalian.

Demikian report gw, semoga berkenan dan mohon pencerahan atas pertanyaan-pertanyaan gw ya ... Jangan lupa TS-nya kasih . GBU  



by indexia

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}