DIY : {astrolabe} Pasang Retractable Mirror (Spion Lipat) pada Grand Livina

sumber : kaskus

Buat agan2 pengguna livina series yg pengen ngerubah spion elektrik nya biar bisa retract, ga tw dimana bengkel yg bsa masang dan pngen mendapatkan kepuasan tersendiri, sya buatkan neh tutorialnya. 

Selamat membaca.

Peralatan/material yg dibutuhkan :

1. Motor Retract + Daleman (dudukan electric mirror), kabel , switch. Untuk paket ini sya memesan dari pak wahyu di jkt menggunakan motor retract yaris yg sepertinya udah di modif seperti terlihat di pict, dudukan nya yg terbuat dari besi cor, paketan seharga 650 rb. Untuk switch sementara sya menggunakan switch dri paket pembelian sambil menunggu indent switch latio di kasih harga 369 rb di beres.

gambar 1 - Spion Retractable

2. Obeng - mata besar dan obeng +
3. Kunci 10 (pas / ring /soket terserah)
4. Kunci bintang T25
5. Peniti, jarum pentol 2 biji (buat ngetes)
6. Isolasi listrik
7. Soket kabel 2 pasang (kalo mo rapi)
8. Kawat panjang 30-40 cm
9. Multitester
10. Cable ties


Langkah2 Pengerjaan :
1. Lepas kabel - aki (bisa di skip langkah ini klo yakin aman)

2. Lepas doortrim. Bisa langsung ke sini aja ya biar ga terlalu panjang http://otodiy.blogspot.com/2011/10/diy-sant-pasang-peredam-pintu-livina.html ni DIY pasang peredam pintu, jadi pelepasan doortrim termasuk di dalemnya.

3. Lepas spion 

3.a. Lepas koneksi kabel electric mirror dan cable ties (jangan di potong karena bisa di pake lagi) caranya mungkin dah pada tw semua menggunakan peniti (tempat nya ini semua di pintu bagian dalam), klo yg blom pake peredam ya lepas aja pelan2 perekat sprti aspal yg buat ngelengketin plastik dootrim, klo yg udah pake peredam bisa aja dibuka dikit peredam nya buat ngelepas koneksi n cable ties.

3.b. Lepas mur 10 ada 3 biji yg berada di pintu bagian dalam.

Spion terlepas 
gambar 2 - Spion terlepas

Udah kebongkar spion kanan lupa moto hehehe...jadi kiri aja yg dipoto.

4. Pembongkaran Spion

4.a. Lepas kaca spion.

Langkah ini yg sempet bikin saya bingung n takut hehe..liat2 di youtube bnyak tpi mikir apa iya sama, akhirnya nlpon sesepuhnya, pak wahyu minta petunjuk sdikit, dan kebongkar lah kaca spion nya jadi kek gni.

gambar 3 - cermin terlepas

caranya..tekan kaca spion bagian atas sambil tarik kaca spion bagian bawah, kliatan tuh di belakang ada plastik warna putih, selipkan obeng - mata besar, jadi posisi mata obeng diantara kaca spion dan plastik putih (electric mirror) kemudian putar perlahan obeng tersebut sampe ada terdengar bunyi KLAK! (sempet takut kirain ada yg patah hehehe), terlepas lah kaca spion sperti pict diatas. Pict diatas ada 2 kabel yg pertama kabel electric mirror n yg 1 lgi kabel sein cover spion.

4.b. Lepas connector cable

gambar 4 - Connector Cable

caranya : lepas pengunci konektor menggunakan peniti
gambar 5 - Cara lepas konektor

masih menggunakan peniti lepas mata terminal / mata kabel dengan memasukan peniti dari arah depan , angkat platik pengait mata kabel sambil tarik kabel nya. Ga da pict nya soale ga da yg moto in hehehe,

buat langkah 4.a dan 4.b bisa aja di tuker yg mana yg mo di kerjain duluan.

4.c Lepas spion dari dudukan

buka menggunakan kunci bintang 3 baut yg ada jadinya kek gni

gambar 6 

4.d Lepas electric mirror

gambar 7

caranya buka skrup 3 biji pake obeng +
gambar 8

4.e Lepas dudukan electric mirror
gambar 9

caranya buka skrup 2 biji msih pake obeng +

ada 1 lagi skrup yg mesti di buka

gambar 10

klo udah kebongkar semua tinggal pasang aja motor retract yg dah di beli
gambar 11

klo dah kepasang dua2 nya, rakit lagi semua kembali.

Untuk pemasangan kaca spion ke electric mirror nya masukin pengait di kaca spion (A.1 dan B.1) ke tempatnya (di electric mirror A dan B) lalu tekan bagian bawah kaca spion sambil tahan kaca spion yg atas sampe bunti KLAK! lgi..

gambar 12

selesai di rakit, pasang kembali spion ke mobil, untuk kabel retract karena yg dikasih langsung panjang n ada sambungan, saya buatkan pake konektor kabel trsebut, jadi posisi nya dekat dengan konektor kabel elektrik mirror yg berada belakang dootrim.

sebelom ngrapihin kabel2 dan memasang doortrim di mobil ada baiknya di test dlu dan sebelom pengetesan pasang kembali terminal negatif di aki yg dilepas pada langkah awal (kalau step 1 dipakai).

untuk pengetesan, 

dsini ada 2 kabel yg ga terkonek di switch (bening dan bening hitam), bening ke sumber listrik dan bening hitam ke ground, metode yg saya gunakan yaitu dengan melilitkan masing2 kabel trsbut dngan jarum pentol, kebetulan saya menggunakan fog lamp after market jadi tinggal di cek aja pake mutitester kabel mana yg kalau kontak di acc atw on ada tegangannya, dan buat kabel ground foglamp yg saya gunakan berwarna hitam

cucuk jarum2 yg dah dililit kabel2 ke kabel2 yg ada di belakang switch fog lamp (merah dan hitam buat saya), kontak ke posisi acc dan pencet switch nya, kalo dah bekerja semua matikan kontak dan cabut jarum2 tdi dan saatnya ngerapihin kabel2...

Untuk perkabelan dsini saya mulai dari yg sebelah kanan, buka lebar2 pintu mobil, di dekat engsel ada semacam karet pembungkus kabel2 yg dari pintu ke kabin, lepas masing2 ujung karet tersebut (A dan B) dan lepas speaker yg ada di pintu
gambar 13

bungkus kabel retract seluruhnya dengan isolasi listrik dan ikat di ujung belakang kawat (menggunakan isolasi juga), masukan kawat besi dari dalam kabin ke dalam karet pembungkus kabel dari A sampai keluar dari lubang B lalu masukan ke lubang yg dipintu, setelah muncul ujung kawat lalu tarik pelan2 sampai kabel terikut, setelah kabel muncul tarik perlahan dan lepaskan kabel dari kawat lalu tarik perlahan lagi sampai kira2 kabel nyampe di konektor kabel retract yg telah terpasang di atas, dan pastikan kabel tidak menggangu naik turunnya kaca.

Untuk jalur ke sebelah kiri sya ikat kabel dngan cable ties di belakang sini, pastikan kabel ada tidak terlalu ketarik dan bebas untuk penempatan switch.

gambar 14

lalu larikan lagi ke sini

gambar 15

lalu di sebelah kiri sya larikan lgi ke atas, dengan melepas laci terlebih dahulu dan ikat lagi kabel dengan cable ties di rangka dashboard lalu turun kebawah ke lubang kabel2 pintu sebelah kiri, ulangi lagi cara pengurutan kabel sperti di pintu kanan.

Setelah itu sebelom pemasangan speaker2 dan doortrim, sebaiknya lakukan test sekali lagi karena telah melewati langkah perkabelan yg ada usaha tarik menarik nya untuk memastikan kabel tdak ada yg putus, setelah hasil test OK, bru dah pasang semua kembali. Untuk penempatan switch sementara saya taruh di tutup fuse kabin.

gambar 16

Hasil yg saya dapat dsini adalah kepuasan karena telah berhasil melakukan sesuatu yg belum pernah saya liat dan lakukan sebelumnya.

video 1 - Spion Retractable di Grand Livina

Postingan ini akan saya lanjutkan lg pada saat sya masang switch latio nya nanti.

Semoga Bermanfaat

by astrolabe

update switch


5. Pemasangan switch

5.a Lepas panel di bawah stir dengan cara menarik perlahan, dan lepas switch electric mirror
Gambar 17 - setelah terlepas

5.b Masukkan 2 kabel dari motor retract ke dalam soket kabel yg telah tersedia
 gambar 18
gambar 19

Untuk saya posisi kabel seperti ini, dan kalau pada saat pengetesan terbalik tinggal tuker posisi nya saja
gambar 20
5.c Pasang kembali switch ke tempat nya dan pasang kembali panelnya
Gambar 21 - Switch terpasang

Pada saat malam hari lampu mobil dinyalakan, switch juga menyala
gambar 22 - Switch menyala di malam hari

SELESAI

CP seller motor spion retract : 081395661352 a/n pak wahyu di jakarta

by astrolabe

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}