Selasa, 06 Maret 2012

DIY : {Frans} {DIX} Carbon Clean + Ganti busi Aerio - Perbandingan EC Nulon vs Soft99


sumber : milis AIC aerioindonesia@yahoogroups.com
RR,

Izin sharing tebet time asuhan Master Dix ;)

Niatnya cuma mau copotin cop koil yang patah.
Setelah dicongkel2 dan ditarik2 sampai trondol abis karetnya, akhirnya berhasil juga cabut cop dari lubang busi.
Nih dia  biang keroknya.
gambar 1 - Cop Busi

Berhubung busi dan koil dah pada copot ,sekalian aja ganti busi dan carbon clean :D
Om Dix juga mau test perbandingan 2 engine conditoner/ cleaner.

Silinder 1- 3 disemprot pakai Nulon, silinder 4 disemprot pakai Soft99.
Setelah didiamkan beberapa menit, lalu Dr. Dix mulai beraksi dengan suntikannya untuk nyedot cairan dari lubang busi.
gambar 2 - Sedot EC


Terlihat cairan menjadi  berwarna coklat.
Setelah diperhatikan cairan yg memakai Nulon, ada kerak2 karbon yang rontok, seperti bintik2 hitam gitu,
sedangkan soft 99 tidak terlihat.
Ini menandakan daya rontok Nulon lebih keras dibanding Soft99.
gambar 3 - Nulon vs Soft99

Pasang busi (Autolite 985), pasang koil.. lalu coba start mesin.
Setelah start ke-3 kali baru mesin menyala... greengg.
Asap putih pun langsung keluar dari ujung knalpot....
gambar 4 - Asap putih

Setelah carbon clean + busi 985, tarikan pun terasa lebih responsif.
Putaran bawah oreo yg lemot... juga jadi lebih menendang.

Tapi ciri khas oreo yg suka ndut2, perasaan malah jadi bertambah :D

Sekian laporannya, smoga berkenan..

-----
Frans.
AIC 283|B2767QG

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar