Senin, 12 Maret 2012

{Galagajrut} Review Pivot Mega Raizin KW di All New Jazz

sumber : kaskus
Dear All .....

Good weekend....saatnya buat usil ! .....

Kaliini yg jadi target adalah unit Pivot Mega Raizin Kw yg beberapa hari lalu udah nongkrong di rumah.
Gatel pengin tahu dalemanya dan kwalitas built-nya.

dimulai dari tampilan outside built-nya deh :

gambar 1 - Pivot MegaRaizin

Bahan luarnya terbuat dari plastic kwalitas rendah...that's for sure...jadi kalau kita jatohin nih barang dari ketinggian satu meter dan mendarat di lantai keras....udah pasti bakal pecah....so boys and girls , please don't try that at home ...

Karena kwalitas plastic itu....warna akhir Ungu khas Pivot Mega raizin jadi kurang deep.

namun dimensi dan bentuk...sama persisi dgn produk aslinya.

Nexxt kita bahas dalemanya .... 

Jika saja masih ada yg wondering...apa sih gunanya Pivot mega raizin ini ?

Nah fungsi utama dari Mega Raizin ini adalah sebagai stabilizer tegangan/arus di mobil sehingga di harapkan tidak terjadi drop voltage waktu mobil dalam keadaan operasional.

Stabilizer yg dimaksud disini adalah lebih spesifik didalam kemampuan storage and distributing arus...terutama yg disumbang oleh part kapasitor di dalam mega raizin.

Jadi saya sebut kemampuan stablizing yg ada di unit ini adalah partial saja...bukan full stabilizer.
mengapa demkian ?...kaena kalau disebut stabilizer Full performance....pasti ada part yg namanya trafo atau paling sederhana kumparan sebagai step up atau step down sesuai dengan besar arus yg dibutuhkan.
so...karena tak adanya unit trafo tersebut di mega raizin....makanya sifat stabilizing hanya partial saja,,,alias berfungsi sebagi storage dan distrbuting saja.

Mari kita lanjut ke bagian dalemnya :

gambar 2 - jeroan Pivot Mega Raizin

digambar atas terlihat jajaran Kapasitor yg berfungsi sebagai storage arus.

Merk kapasitor dari Nippon chemicon....asli atau kagak gw kagak punya akses utnuk hal itu...yg pasti merk ini sangat baik kwalitasnya di dunia part elektornik.

Ukuran kapasitor adalah 1.100 uf x 5 pcs ....sangat cukup kalau hanya berfungsi sebagai stabilizer partial.

gambar 3 - IC Regulator

IC regulator-nya cukup bagus kwalitasnya...biasa dipakai di unit power supply unit PC juga.
gambar 4 - Cable and Connector

Kwalitas kabel dan end insulator-nya sangat mengecewakan...terutama kalau dibanding unit aslinya...kabelnya kurus, seratnya sedikit dan end insulatornya sungguh menyedihkan....gampang copot ....
Namanya juga kw....mau diapain coba .....

but all in all...kalau dia bisa perform seperti yg diharapkan....kenapa nggak dicoba...ya toh ?

Next kita bahas instalasinya. 

Step berikutnya adalah instalasi produk.

Instalasinya cukup mudah...nenek gw aja kayaknya bisa tuh ....
Cukup menghubungkan kabel Plus ke kutub aki plus...dan kabel Minus ke tup aki minus...so simple as that.

di Mobil gw....posisi pemasangan gw set up seperti berikut :
gambar 5 - Terpasang di All New Jazz

posisi gw tempelkan di unit ECU box dibelakang aki....di set jualanya sudah disediakan dua double tape untuk keperluan ini.

gambar 6 - Terpasang di All New Jazz

Fungsi mega raizin cukup handy....begitu kunci kontak On....LED kecil ini akan menunjukan ukuran volatage paling kecil yg menunjukan apabila aki dalam posisi voltage terendah ( non working condition)...lalu blinking ke posisi aki jebol karena overcharged yg nunjukin voltage tinggi yg biasanya terbaca diatas 17 v ( daleman aki udah rusak)....lalu di posisi ketiga yaitu kekuatan sebenarnya dari Aki mobil saat ini.
Kebetulan karena unit mobil yg dicoba adalah mobil baru,,,,jadi pembacaanya bisa normal sampai 15.2 v ( kondisi good performance accu biasanya antara 12 -15 v ) , kondisi ini akan surut sesuai dgn umur aki dan pemakaianya.

handy bukan ?

Nah untuk review hasil performance-nya....sangat dibutuhkan waktu dan pengamatan yg detail.....gw akan post hasilnya di kemudian hari...sekaligus sebagai penutup kajian produk ini.

Sementara gw nikmatin dulu coca cola dingin ..... 

by Galagajrut

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar