Minggu, 29 Juli 2012

DIY : Memperbaiki switch power window belakang Baleno Next G yang ambrol / rusak

Wah tombol power window belakang Next G sampe ambrol nih....sampe kliatan per-pernya dan ga bisa dipake.... ya sudah dilepas dari doortrim dulu. Hmm buatan OMRON made in japan.
Setelah itu lepas "PCB" bawah dengan mencongkel 4 klipnya, ada 2 di masing-masing sisinya (gambar 1).

 gambar 1 - lepas pcb bawah

 gambar 2 - Part-part di Switch Power Window 

 gambar 3 - Jungkat-jungkit switch, PCB, penekan, per dan tombol
 gambar 4 - Rumah switch setelah PCB bawah dilepas
 gambar 5 - Rumah Switch tampak atas, tombol dan PCB dilepas

Sekalian bersihkan kerak di contact point, baik di PCB maupun jungkat-jungkit switchnya. Pasang seperti gambar 6..... cuman di gambar 6 fotonya kebalik pas pasang untuk plastik penekannya, mestinya bagian yang kecil masuk ke per nya.... Setelah itu rakit kembali ke rumah tombol Power Windownya.
 gambar 6 - Perakitan
Test pasang untuk naik-turunin kaca belakang. Di kasus yang newbie alami, ternyata "engsel" untuk tombolnya sudah aus, jadinya tombolnya tertekan balik oleh per, dan kadang "meleset" jadi letoy.... dan untuk menaikkan kaca (tombol di ungkit) malah terlepas lagi, kalau dibantu dua tangan baru bisa terungkit dan kaca naik..... Hmmm mesti diakalin nih tuasnya.
Melihat anatominya, newbie ambil langkah pakai solder unduk tusuk langsung dari samping, penandanya ada tonjolan kecil di sisi samping yang lurus dengan engselnya..... beri kawat kecil, newbie pakai paku rivet (gambar 7)
 gambar 7 - buat engsel baru
gambar 8 - buat engsel baru

Lumayan hasilnya tombol cukup kuat menahan beban per, dan bisa ditekan maupun diungkit. Yang jadi problem kadang tombol tidak mau kembali ke tempat semula karena seret..... well sementara gini dulu deh, yang penting bisa dipake dulu. Soal seretnya mungkin bisa diperbaiki dengan merapikan hasil solderan biar ga ngeganjel.

regards,
singachu

Comments
0 Comments
Google+ :

0 comments:

Poskan Komentar