Jumat, 27 Juli 2012

{zenwalker} Report ganti koil dan packing cover head aerio


sumber : kaskus
selamat pagi... agan agan
mau kasih laporan ganti koil dan pack cover oreo ane.

Sehari sebelumnya ane ngalami gejala gak kuat naek di tanjakan waktu ke Malang, sampe kedengeran suara "klek klek" terasanya waktu tanjakan dan waktu habis berhenti di lampu merah. daripada kenapa kenapa ane putusin puter balik pulang soalnya lagi bawak bini sama 2 balita.
waktu berhenti dirumah sempet keliatan knalpot ngeluarin asap putih... widih langsung kepikiran bakalan parah ni penyakit mobil...
maklum ane baru dapet mobil ini sekitar 2 bulan. jadi gak jelas gitu riwayat perawatan sebelumnya. pada awal baru dapet aja ketauan kalo radiatornya pake air biasa... langsung ane ganti coolant. dan gak tau kenapa langsung sukses bocor sempet di servis satu kali. trus bocor lagi dibagian headnya sampe pada akhirnya ganti kuningan habis 500rb.

balik ke asap putih tadi...
karena masih pagi dan hari sabtu langsung aja ane bawak ke bengkel langganan ane. (bukan beres tapi kepala montirnya mantan montir di beres suzuki surabaya)... kata bengkel kemungkinan asap putih adalah dari oli yang masuk ke pembakaran. dan masalah yg gak ada tenaga bisa dicek koil dan businya
hasilnya setelah koil dan busi dibuka ketauan kalo 2 busi udah kerendem sama oli karena sealnya udah pada pecah.

ini foto sealnya yang udah getas dan pecah kayak plastik
gambar 1 - seal busi

ini gambar mesin oreo ane yg covernya barusan dibuka....
parah ya gan untuk ukuran oreo 2004 yg sudah KM 110
gambar 2 - cylinder head cover dibuka


koilnya setelah dicek sama bengkel, bilang kalo sudah waktunya ganti
karena waktu dites katanya jarak pengapiannya sudah tinggal 1/2 centi
emang normalnya berapa ya ?
langsung ditawarin buat ganti koil pake oreo apa apv karena memang harus ganti 2 dan dana gak ada. ane putusin pake apv saja karena bengkel juga bilang pernah pake oreo di ganti apivi gak masalah

ni penampakannya gan
gambar 3 - koil

sekalian juga ane minta di scan mesinnya. sama bengkel di scan pake laptop sama alat yg dihubungi di bawah dashboard sopir
hasilnya sempet di tunjukin ke ane. ane perhatiin ada angka yang naik turun waktu operatornya mainin gas, rem, persneling gitu. Disebelah kanan ada angka min dan max nya ama ada logo suzuki gede dipaling atas
operatornya bilang kalo ada yg angkanya berwarna merah berarti ada yg gak normal. sayang karena asik perhatiin lupa mau ambil gambarnya

total pengeluaran...
koil + pack cover = 884.000
ongkos = 110

hasilnya...
asap putih ilang dan tarikan mesin kembali normal... belum kerasa bedanya dibandingin pake koil asli oreo

moga mangpaat...
by zenwalker

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar