Sabtu, 10 November 2012

Ganti selang hi pressure Power Steering next G dengan selang aftermarket / kw

Next G Matic didapati ada tetesan di bagian bawah, setelah cek ternyata oli power steering, cek lagi ternyata bocor di selang hi pressurenya..... harga orisinilnya 900rb, pemakaian selang KW sampai saat ini dilaporkan ada dengung, tapi karena penasaran coba selang KW buatan tangomotor yang dikatakan tidak dengung, harga miring 160rb sebelum ongkos kirim.

 gambar 1 - terlihat basah

 gambar 2 - terlihat basah dari oli

 gambar 3 - dek plastik terlihat basah
 gambar 4 - bocor hanya strip kecil
 gambar 5 - strip kecil dilingkari
 gambat 6 - tidak rembes, tapi begitu mesin hidup langsung netes per detik
Meski bocornya kecil hanya 0.5 cm saja dan garis tipis, tapi begitu mesin menyala dan pompa power steering memberikan tekanan pada selang high pressure, langsung oli power steering menetes setiap 2 - 3 detik sekali, hasilnya oli cepat berkurang, waspadai jangan sampai oli habis karena dapat merusak pompa power steering yang mengakibatkan membengkaknya biaya perbaikan.
 gambar 7 - mengurangi debit rembesan sementara part pengganti belum ada
 gambar 8 - diikat biar kuat, toh tetap saja bocor
Ditambal sementara saja pakai isolasi air dan sealer, kemudian diperkuat dengan plat dan diikat kawat. Saat idle tidak bocor tapi saat dipakai jalan terutama setir dibelokkan maka oli tetap rembes keluar, maklum dari spek tekanan bahkan mencapai 1200 psi saat setir dibelokkan penuh !!
 gambar 9 - Jumat 9 Sept 2012 barang datang, harga 160 ribu
 gambar 10 - Buatan tangomotor Indonesia, selang KW untuk Aerio / Next G
 gambar 11 - Selang made in Italy
 gambar 12 - selang kuat di atas 2000 psi, lebih dari cukup dari spek aerio yang mencapai 1200 psi saat setir mentok
 gambar 13 - selang KW
 gambar 14 - konektor menuju pompa power steering
 gambar 15 - konektor menuju steering rack
 gambar 16 - Selang seperti ada lapisan penguatnya
Terdapat silencer di dalam selang untuk meredam bunyi dengung, Besok tanggal 10 September akan dicoba diganti. Tetapi sayangnya newbie stuck pada proses melepas connector yang menuju steering rack, menggunakan kunci 17mm tenaga newbie kurang kuat untuk melepasnya dari kolong mobil. Merasa otot mulai kram dan tidak punya kunci flare-nut 17 mm yang berakibat baut mulai cacat, maka newbie putuskan pakai jasa bengkel yang punya peralatan lebih lengkap dan mekanik yang lebih bertenaga..... maka ke bengkel pak Jono di daerah gedangan.
 gambar 17 - Braket tengah dipindah dari selang ori ke selang pengganti
 gambar 18 - Bengkel Pak Jono sedang mengerjakan
 gambar 19 - Proses pemasangan selang - jasa 75 ribu
 gambar 20 - Pak Jono pemilik bengkel
 gambar 21 - Selang orisinil
 gambar 22 - perbandingan, kiri KW kanan orisinil
 gambar 23 - Connector pada pompa Power Steering
Jasa penggantian kena 75rb, newbie lanjutkan dengan mencuci bekas rembesan supaya bila ada rembesan baru akan segera tau karena tidak rancu dengan bekas rembesan lama. Dudukan / braket pipa tengah dipindahkan dari selang ori ke selang KW tapi ternyata hanya satu braket yang bisa terpasang karena bentuk tekukan pipanya berbeda, alhasil lengkungan selang PS di atas mesin sedikit nempel ke filter box, bungkus dengan spons ac biar  selang terlindungi dari gesekan luar selain itu bila suatu saat timbul bocor baru maka oli tidak langsung menetes pada belt yang ada di bawahnya.
 gambar 24 - Bersihkan lagi bekas tetesan oli, supaya mudah membedakan bila ada bocor yang baru
 gambar 25 - sekalian bungkus dengan spons AC, menghindari gesekan luar dan bila bocor oli tidak menetes pada belt
 gambar 26 - dek plastik bawah dilepas dan dicuci
gambar 27 - Belt dicuci bersih dari bekas tetesan oli

Hasilnya kadang-kadang terdengar suara dengung lirih, bahkan saat setir mentokpun kadang terdengar kadang tidak, itupun baru terdengar kalau semua audio dimatikan. Saking lirihnya bahkan suara motor power windowpun masih lebih kencang dari suara dengungnya. Setelah mencoba mencari bunyi dengan "stetoskop", suara dengung jelas terdengar dari selang high pressure yang baru, stetoskop pada pompa power steering mendapatkan hasil yang senyap. Cuman kejadian yang jarang adakalanya terdengar suara mengerik halus yang sampai 1 bulan ini belum ketemu sumbernya di mana, maklum saja kalau bunyinya kadang muncul kadang tidak membuat proses pencariannya menjadi lebih sulit. So far tidak ada bocoran, dengung tidak mengganggu karena kalau benar-benar diperhatikan dengan seksama baru kita dapat mengenalinya, bahkan dengan jendela terbuka ataupun kap mesin terbuka sekalipun harus didengarkan dengan seksama baru jelas dapat membedakannya dari suara mesin. Dengan harga 18% dari orisinil (160rb berbanding 890rb) selang ini cukup ok buat yang punya dana cekak. Tapi bila mengejar perfection tanpa bunyi maka selang orisinil adalah jawabannya. Newbie sudah bandingkan dengan selang hi pressure di aerio yang masih orisinil, stetoskop pada selang tersebut benar-benar tidak ada bunyi dengung.
Bocor hilang, nyetir jadi tenang karena tidak was-was kehabisan oli power steering, bagian mesin kering tidak repot ngecek rutin dan nambahin oli power steering lagi.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar