Kamis, 27 Desember 2012

DIY : Simple "iseng" test Ultrasonic Cleaner

 gambar 1 - Busi di Ultrasonic Cleaner
 gambar 2 - Test buat Kaca mata dan cover handphone
Sebenernya beli ultrasonic cleaner dah taon lalu, cuman belom sempet ngetes buat bersihin injector ama buat barang-barang lainnya. Mumpung ada waktu bentar, iseng test ah. Pertama-tama test buat cover handphone. Cairan pakai IPA (Iso Propil Alcohol) satu tutup botol kecil plus air minum sampai ngerendem cover handphone. Hasilnya ga terlalu bersih, test buat kacamata mayan bening :) waktu awal dimasukkan dari sela-sela karet langsung "merebak" kotoran begitu ultrasonic cleaner dinyalakan.


 gambar 3 - Nota pembelian tahun kemarin

Hmmm iseng ah ada busi bekas, gimana hasilnya.....
 gambar 4 - Gambar kiri busi kiri sebelum, gambar kanan busi kiri sesudah di ultrasonic cleaner

Di gambar 4, difoto 2 busi bekas, sedangkan gambar sebelahnya yang kiri adalah busi yang sudah diultrasonic cleaning dan yang kanan tidak diapa-apakan. Pada pinggiran busi kerak mayan lepas. Di gambar 5 dan 6 terlihat pada keramik lebih bersih, cuman karena awalnya ga tau kondisi gimana, maka dilakukan test lagi.
 gambar 5 - kiri sudah dibersihkan vs kanan belum
 gambar 6 - kiri lebih bersih pada bagian keramiknya

Sekarang ambil busi yang ketiga, taro di paling kiri, foto dulu (gambar 7 sebelah kiri) dan setelah di cleaning foto lagi (gambar 7 kanan busi paling kiri)

 gambar 7 - Busi berikutnya yang di cleaning

Terlihat memang pada bagian keramik lebih bersih, karena waktu proses ultrasonic cleaning terlihat terlepas.
 gambar 8 - ring pinggiran, 2 belum di cleaning, 1 yang dicleaning di awal

Berikut saat busi ketiga dimasukkan ke ultrasonic cleaner (gambar 9)

 gambar 9 - Busi dimasukkan ke ultrasonic cleaner
 gambar 10 - ultrasonic cleaner dinyalakan

Sayang fotonya rada susah, begitu ultrasonic cleaner dinyalakan terlihat kotoran bertaburan seperti asap menjauh dari businya, termasuk bagian keramik perlahan mulai hilang.
Sekali lagi bagian ring di ujung busi juga terkelupas padahal tidak melakukan pembersihan dengan cara disikat. (gambar 11), gambar 12 merupakan zoom pembersihan busi yang ketiga.
 gambar 11 - kotoran mudah rontok, terlihat di kertas di bawahnya
gambar 12 - beberapa bagian terkelupas kerak karbonnya

Memang pemakaian ultrasonic cleaning untuk bersihin busi rada konyol, namanya juga iseng :) Lebih enak membersihkan dengan sikat kawat dan cairan carb cleaner. Cuman keuntungan ultrasonic cleaning di sini adalah menjangkau area yang susah dibersihkan dan juga dapat digunakan untuk barang-barang yang tidak boleh sembarangan disikat, misalnya valve di dalam injector. Pemakaian cairan aku rasa juga berpengaruh, sebagai ide untuk pemakaian ultrasonic cleaner buat membersihkan injector maka bisa memakai cairan injector cleaner untuk proses perendamannya.

Demikian sekilas iseng.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar