DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

 gambar 1 - Testing Camera Mundur
Sekalian betulin sambungan kabel camera yang longgar, sekalian pasang saklar modifikasi. Bila normalnya camera akan hidup saat tuas transmisi diarahkan ke mundur dan mati saat transmisi pindah ke maju / netral / park, maka dengan modifikasi ini dibuat 3 Mode :

  1. Auto Mode (Head Unit akan menampilkan Camera apabila tuas pindah ke mundur, dan Camera off apabila pindahin tuas transmisi ke Netral / Maju / Park)
  2. Always Off (Head Unit tetap di tampilan awal - misalnya mati atau setel lagu - dan camera tidak akan aktif biarpun tuas transmisi dipindahkan ke Mundur)
  3. Always On (Head Unit akan selalu menampilkan Camera tanpa perduli tuas transmisi maju / mundur / netral / park)

Latar belakang dibuat Always On :

  • Bila Head Unit sudah dalam kondisi menyala, perpindahan ke mode Camera akan cepat, tetapi apabila Head Unit dalam kondisi mati ada waktu jeda yang kadang kerasa mengganggu.
  • Bila perlu maju mundur beberapa kali saat parkir, lebih menyenangkan apabila Head Unit selalu menampilkan Camera mundur
  • For Fun :D misalnya pas macet-macetan ada yang mepet-mepet belakang, bisa diintip lewat Head Unit tanpa tuas dipindahkan ke mundur :D



 gambar 2 - Perkabelan belakang
 gambar 3 - Sambungan ada yang lepas
 gambar 4 - Diode ini yang terlepas

Sebenernya pasang Head Unit dengan layar LCD beserta Camera Mundur newbie lakukan sendiri, cuman saat itu karena mau bikin surprise buat nyonya ngerjainnya sembunyi-sembunyi dan kudu cepet-cepetan biar ga ketauan. Hasilnya ada sambungan kabel yang kurang perfect, so sekarang saatnya dibenerin. Selain itu jadinya proses pemasangan Head Unit dan Cameranya jadi tidak ada foto / dokumentasi sama sekali....

So kendala karena sambungan plus dari lampu mundur ke Diode kurang bagus sehingga bisa putus aliran listriknya. Sebenernya ga perlu Diode, cuman karena sejak awal newbie pingin melakukan 3 mode ini makanya sudah disiapkan Diode untuk mendukung hal ini.

Tinggal lepas lagi (gambar 2 sampai gambar 4) solder-solder dan testing (gambar 5), sip camera sudah nampak di headunit (gambar 1).

 gambar 5 - testing transmisi masuk mundur
 gambar 6 - sambungan diode

OK, permasalahan sudah kelar, sekarang ke modifikasinya, Newbie pakai saklar ON - OFF - ON (gambar 7 sampai gambar 9) seharga Rp7.500,- Selain itu juga diperlukan diode yang sudah newbie pasang sebelumnya (gambar 4), harganya lupa dah lama belinya, kalau ga salah Rp1.000,- per biji, newbie pakai dua biar ga panas.

 gambar 7 - Perkabelan di saklar
Kunci modifikasi kali ini letaknya di permainan jalur saklar gambar 7. Saklar ON - OFF - ON ini ada 6 kaki (gambar 7). Cara kerja saklarnya sendiri adalah seperti berikut :

  • Bila tuas digerakkan ke ON (kanan) maka kaki A akan tersambung ke kaki B, dan kaki D akan tersambung ke kaki E, tetapi kaki A-B tetap tidak terkoneksi ke kaki D-E. 
  • Bila tuas digerakkan ke OFF (tengah) maka tidak ada kaki-kaki yang tersambung sama sekali.
  • Bila tuas digerakkan ke ON (kiri) maka kaki C akan tersambung ke kaki B, dan kaki F akan tersambung ke kaki E, tetapi kaki C-B tetap tidak terkoneksi ke kaki F-E.

 gambar 8 - Saklar ON - OFF - ON
 gambar 9 - Saklar ON - OFF - ON
 gambar 10 - dikasi dudukan pakai plat no bekas dan disekrup di bawha dashboard

Gambar 11 adalah skema sebelum saklar dipasang, skema ini hanya untuk Mode Auto saja yaitu mengaktifkan kamera dan head unit saat tuas transmisi dipindahkan ke mundur. Skema ini memanfaatkan listrik dari lampu mundur yang ada untuk memberikan power ke camera mundur dan memberikan sinyal / trigger ke Head Unit agar masuk ke mode display kamera, sehingga biarpun Head Unit dalam kondisi mati sekalipun akan "membangunkan" Head Unit dan membuatnya menampilkan gambar yang dikirim oleh Camera Mundur.
Di kanan bawah terlihat 2 kabel dari lampu mundur dimanfaatkan dengan membuat cabang di sana, masing-masing plus dan minus untuk memberikan power ke camera mundur. Bagian yang plus juga dihubungkan ke trigger mundur yang ada di Head Unit (kabel berlabel reserved +). Sedangkan sinyal video (jack warna kuning) bisa langsung dihubungkan ke Video In yang ada di belakang Head Unit. Pemakaian DIODE di skema ini sebenarnya tidak perlu.
gambar 11 - Skema awal - Mode Auto Only 
gambar 12 - Skema modifikasi Tiga Mode
Di skema gambar 12, disini terlihat modifikasi dari kabel plus yang menuju sinyal mundur di head unit yang "dibelokkan" ke saklar. Kemudian ditambahkan kelistrikan dari ACC (ikut kunci kontak) ke saklar dengan tujuan mendapatkan kelistrikan PLUS saat Mode Allways ON, sehingga meskipun lampu mundur tidak menyala, kamera mendapat listrik dan head unit menerima trigger sinyal mundur. Disini pentingnya diberikan Diode supaya saat mode Always ON diaktifkan, listrik plus dari ACC tidak mengalir dan membuat lampu mundur menjadi menyala.

Testing-testing, on off on, mainin tuas transmisi..... puas deh :)

regards,
singachu

Comments

  1. Dear mas admin yang baek

    Saya pakai head unit double din merk JEC, problem yang saya dapati adalah sebagai berikut :

    Head unit saya tambah dengan tv monitor.

    Ketika saya aktifkan decoder, AV out pada double din tidak bekerja/dimonitor 2 tidak keluar, tetapi monitor di double din bisa. dan ketika untuk stel DVD atau stel tv analog dari head unit AV out berfungsi (monitor 2) ada gambar.

    Mohon pencerahan.


    salam

    DG

    ReplyDelete
    Replies
    1. decoder maksudnya external dari HU dan masuknya ke AV in di HU?
      Kalau gitu coba lihat setting di HU apa bisa out hasil dari AV in.
      Sepertinya settingan aja dari HU nya

      Delete
  2. Mas itu yg auto tegangan + itu d salurkan ke kamera n hu mas........

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul.
      intinya supaya Video menyala dan muncul di layar maka dua2nya baik HU (trigger reverse) dan camera harus dapat listrik plus.
      Nah sekarang tinggal listrik plus nya dapet dari mana?
      kalau auto plus nya dapat dari lampu mundur.
      kalau always on dari listrik yg ikutan nyala kalau kunci kontak ON (bisa ambil dari plus yg masuk ke power HU juga)

      Delete
  3. Camera mundur tiba2 gak ada gambar..blank hanya ada tulisa kemungkinan gambar terbalik..kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. muncul tulisan atau gambarnya terbalik gan ?
      tulisan apa yang muncul ?
      BIsa karena kameranya ga dapat arus / rusak, cek sambungan kabel powernya.
      atau kabel videonya lepas/putus

      Delete
  4. om,sy newbie,sy dh pasang kmera mundur cb2 psang sndri dan berfungsi dgn baik pas gear keposisi mundur otomatis kamera tampil di HU wlopn sdng play video dri usb tp pas mau jalan lagi atau tuas gear ke gigi 1 2 dst video yg dr usb gk muncul lgi klopun muncul cmn bbrp detik trs layar hu mnjdi tmpilan kamera wlopn hitam,kira2 gmn setinganx biar video yg dri usb bsa otomatis muncul klo mobil dh jalan?mksi sblmx om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. om coba diukur kabel trigger kamera mundur di HU, biasanya warna pink. Waktu mundur udah bener dapet listrik +, nah coba pindah gigi 1, tes harusnya itu udah ga ada listrik + nya.
      Om coba nya cukup kunci kontak on, ga perlu nyalakan mesin biar ga bingung mobil gerak. (tapi jangan kelamaan coba2nya sampe aki tekor ya)

      Delete
  5. pagi mas..mphpn pencerahan nih..maklumi gaptek nih..sebelumnya sy puny headunit type MRZ dimana sy pergunakan BUKAN di mobil (diluar) maksud sy bagaimana cara agar kamera mundur ..kamera depan .. dapat berfungsi .(.kalo dvd nya sudah bisa) dmana intinya aja ni pada soket.yaitu
    1.kabel merah- memindahkan (B+)
    2.kabel hitam- ground
    3.kabel kuning- memori backUp (B+)
    4.kabel merah muda - kamera mundur (B+)
    5.kabel merah muda hitam- kamera depan (B+)
    6.kabel orange- iluminasi cahaya blk (B+)
    7.port video input- kamera depan
    8.port video input - kamera blk
    9.port video in
    mohon dibantu om...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yang no 4 dan no 5, baru dikasih arus kalau mau display otomatis ke kamera mundur (4) atau kamera depan (5). Trus pastikan juga cameranya dapat arus waktu dioperasikan.

      Delete
    2. trims infonya sudah sy coba good...berhasilllll......

      Delete
    3. percobaan kemarin udah bisa berhasil ..pada kamera depan dan belakang cuman kamera depan hanya durasi 15detik biar supaya pada kamera depan tampilan nya biar lama gmana caranya ...om..?

      Delete
    4. coba cek arus yang masuk ke no 5 itu masih ada atau terputus ? ambil B+ buat no 5 dari apa ?

      Delete
  6. Om sy br pasang kamera mundur di bengkel audio, merek ambil arus dari lampu mundur dgn sodetan tanpa diode, apa berbahaya konslet ngk?, lalu saat HO kondisi off kamera tdk fungsi saat mundur, mohon sulusinya...thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp om, ini dioda khusus kalau mau dikasih saklar aja kok, justru seringnya tanpa dioda.
      solusi mestinya ya balikin ke bengkel audio kenapa kok ga fungsi pas mundur. Bisa karena :
      Camera rusak
      Camera ga dapat listrik (mesti cek ada arus beneran ga pas masuk mundur)
      Kabel sinyal Video ga connect
      Kabel trigger mundur di Head Unit ga dapat arus pas masuk mundur (cara manual coba pas mundur, otak-atik HU secara manual untuk pindah ke mode display mundur....kalau muncul berarti kabel ini yang belum dapat arus)

      Delete
    2. Kasus saya hampir sama om.kalu saya gambarnya tidak tampil di HO pas mundur om... Kalau setingan kamera mundurnya sudah on..

      Tapi kalau saya ambil setingan jarak garisnya.gambarnya tampil di HO

      Delete
  7. Min.., Cara mengetahui head unit aftermarket yg support auto Nyala mode input camera mundur nya pas transmisi ke R itu gimana min?
    .
    Soalnya head unit xpander exceed manual aslinya 2din tapi tanpa layar....
    Jadi Kalo mau pasang kamera mundur, harus ganti head unit aftermarket yg bisa auto ke mode video kamera mundur pas transmisi ke posisi R....
    Terimakasih sebelum nya min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada input triggernya (biasanya kabel pink, tapi warna jangan dijadikan patokan pasti)

      Delete
  8. om . nanya ya dan mohon petunjuk . saya ada beli modul switch di aliexpress . seperti ini :
    https://tokopedia.link/A9UHyU3zBL
    ini pemasangannya gimana? mode apa yg terbaik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ow sudah ada yang jual modulnya aja ya....keren juga....
      pemasangan wire nya sepertinya ada.
      yang susah penempatan kamera2nya
      mode bisa dipilih kliatannya, terbaik itu sesuai seleranya om aja

      Delete
  9. kalau misal 2 kamera dibikin nyala bareng caranya gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu harus ada modul terpisah untuk bisa menggabungkan gambarnya
      http://otodiy.blogspot.co.id/2016/07/pasang-kamera-all-around-360-degree-di.html

      Delete
  10. Pengalamanan saya memasang kamera mundur sendiri, mobil innova 2005. beli head unit on line dapat antene dan camera mundur, kata servisnya masang kamera mundur agak lama, karena harus bongkar pintu belakang.
    Setelah ada waktu senggang iseng iseng saya coba sendiri pasang kamera mundur, dengan referensi saya cari dari mbah google dan tabel dari kardus kamera. Memang yang terasa agak susah ngumpetin kabel kamera dari depan ke belakang. Kalau umumnya orang pasang kamera mundur di atas plat nomor, saya coba pasang kamera di bumper belakang ditengah antara sensor kiri dan kanan. Posisi center saya ambil ukuran lock pintu belakang. Untuk melubangi bumper saya pakai solder yang panas, lingkaran pakai ukuran kunci pas yang seukuran kamerannya.
    Akhirnya setelah melalui proses yang agak lumayan lama, yaitu proses kalibrasi memposisikan view kamera ke medan yang sebenarnya. Akhirnya kelar juga masang kamera mundur, pas sesuai yang saya harapkan. Tampilan belakang ok, perkiraan jarak pandang plus 50 Cm kiri kanan, head unit posisi off begitu handle mundur langsung nyala pandangan belakang, head unit nyala musik handle mundur musik berhenti, handle maju nyala lagi.
    Demikian pengalaman saya, jangan takut untuk mencoba sesuatu yang orang lain bisa. Kepuasan tersendiri apabila kita mampu dan tahu mengerjakannya.

    ReplyDelete
  11. Saya beli external display yg bisa input 2 video dan 1 set kamera mundur. Mau pasang di Nissan March. Saya tidak mengganti HU nya yg single din tanpa display.
    Display kamera pakai layar 4.3 inchi yg saya letakkan di dashboard. Mobil matic. Gimana gan , kalo posisi R kamera dan monitor nyala ? Kalo N,D dan P, otomatis monitor mati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai Head Unit kan ada kabel untuk trigger nyala mundur.... nah itu sambungin ke V+ in dari displaynya. Display kamera bisa otomatis nyala begitu disambung listrik atau mesti mencet2 tombol di displaynya ?

      Delete
  12. Cara mengatasi supaya gambar nya ga terbalik antara kiri kanan gimana ya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. di settingan Head Unit ada setting mirror display on/off

      Delete
  13. Oom mau tanya kalau mau menampilkan garis di kamera gimana yah krn di all new rush 2018 hanya view belakang aja tanpa ada bantuan garis parkirnya. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bawaan dari cameranya, udah built in di cameranya. ga bisa diotak-atik

      Delete
  14. Mas, saya baru pasang HU after market, rear camera jaga sudah dipasang. Ketika gigi dipindah ke Reverse juga lampu kamera menyala, prosedur pemasangan juga sudah benar semua. Nahh permasalahannya tidak keluar gambar di HU ketika mundur. Itu bagaimana mas ya. Thanks. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. HU pindah ke mode camera belakang atau tidak ?
      Bila tidak pindah, coba pilih menu di HU untuk menampilkan kamera belakang, kalau bisa keluar gambar, permasalahannya di kabel trigger HU belum dapat arus

      Delete
  15. Mas, mhon pencerahannya.saat ini saya pasang 2 kamera.kamera mundur, yg instalasinya sesuai petunjuk (power ambil lampu mundur yg disambung ke triger R HU) dan kamera samping, yg powernya saya ambil dr arus acc (dgn swicth on off terpisah) dan masuk ke av in di hu, sehingga akses kamera samping harus merubah mode di hu ke av in.bisa kah triger R HU yg saat ini ke camera mundur juga disambung juga ke switch on off camera samping?dgn maksud saat saya on kan camera samping, tampilan hu berubah otomatis ke mode rear camera (seperti mode camera rear saat gigi R on).apakah memungkinkan pada saat camera samping on, kita harus mundur, mode rear camera berubah ke kamera belakang.terimakasih atas penjelasannya..matursuwun

    ReplyDelete
  16. Slm kenal pak..mau tanya tuk diode nya itu brp Ampere y??klu posisi diodenya ..yg mn yg mngarah keatas mn yg kebawah..mf gaptek pak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ga salah 5 ampere. aku ya bingung kalau baca komponen elektronik hehehe....
      Tapi sebenernya kan watt nya kecil.... misal 20 watt, kebutuhannya bagi dengan 12 volt alias ga sampai 2 Ampere, itu kebutuhan minimalnya....

      Delete
  17. Bos, numpang tanya sekalian nuntut ilmu nih..
    Aerio face lift bisa pasang kamera parkir gak?

    ReplyDelete
  18. saya instal fcam dan rcam, tapi fcam bisa tampil setelah lewat gigi mundur dan tampilnya cuma 10s, triger rcam ke back sight(pink) triger fcam kmn...? apakah bisa fcam tampil sewaktu-waktu kita inginkan..misalanya kasih swich..atau gmn..??? mohon petunjuk

    ReplyDelete
  19. Om saya nyoba nyoba pasang kamera sendiri ,led kamera udah nyala cuma di layar HU kok tulisan nya tidak ada signal video. Kenapa ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek kabel sinyal videonya, nyambung apa ga ke tempat yang benar

      Delete
  20. Bang saya mau tanya kalau hu yg cuma bisa kamera mirroring bisa di pasang kamera mundur

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya HU nya sudah pasti membalik camera yang dipasang ?
      Ya pastikan dulu aja, soalnya kalau kameranya sudah khusus balik kanan dan kiri terus HU nya ngebalik lagi ya jadinya gambarnya seperti ga dibalik

      Delete
    2. bisa dipasang bang,,ntw mirrorlink bukan mirroring,, itu memindahkan layar hp ke HU...

      Delete
  21. Selamat pagi om...
    Saya kmrn pasang HU dan RCam, semuanya sih normal, kebetulan di HU saya bisa nampilkan Camera View tanpa harus gigi mundur, tp saat saya pilih menu CamView itu handa blank screen, tdk muncul gambar, tp klo posisi mundur bisa muncul gambar. Apa yg harus sy lakukan?
    Satu lagi om, dr skema di atas apakah harus di masukkan ke AV IN (allways onnya)? Kalo sama2 menggunakan REAR CAM IN, apa tidak bisa berfungsi always on nya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Karena kalau tidak masuk ke gigi mundur, lampu mundur tidak menyala sehingga kameranya ga dapat listrik. Yang harus dilakukan cameranya diberi sumber arus listrik lain selain dari lampu mundur
      2 & 3, cukup di Rear CAM IN aja.

      Delete
  22. Om.. mau tanya ..saya pasang kamera mundur copotan punya mobil kawan , pada mobil kawan kamera menyala normal ....begitu dipindah ke mobil saya kamera menyala normal tetapi tidak tampil garis mundur seperti pada mbl kawan... Apakah HU mbl saya tidak mendukung... Mbl saya Innova reborn tipe G ...terima kasih atas pencerahannya om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm garis itu setauku dari cameranya, tapi coba cek aja di HU temen sapa tau itu ada settingan di HU nya

      Delete
  23. Om.. Mau tanya gimana cara pasang kamera di nissan juke hu nya standar thn 2011..mohomln pencerahan nya..

    ReplyDelete
  24. mau tanya saya pakai HU skeleton yg ada reversenya, trus pake kamera mundur RCAM5, nyambunginnya gmn ya?

    ReplyDelete
  25. Om mau tanya kalo avza veloz itu bisa pasang kamera mundur gak? Headunitnya bawaan mobil.. Itu caranya gmna ya om??
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus cari tau dari salah satu socket yang ada mana pin camera mundurnya

      Delete
  26. Om, saya punya xpander ultimat dg hu msh ori. Pada dasarnya hu sudah terpasang rear camera terhubung melalui soket yang tidak saya ketahui kabel warna. Ada camera in bentuk rca yang kosong. Rencana saya pakai kamera depan. Sudah saya coba tp kok gak ada tombol di hu untuk menyalakan camera in, kl pakai kamera mundur gambar jadi tumpang tindih antara depan dan belakang dengan geeakan gambar yang cepat. Solusinya gmn biar bisa menikmati kamera depan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari tau socket camera bawaannya. dan berikutnya dicoba kalau sinyal kamera belakang dilepa dan waktu mundur apa gambar kamera depan bisa muncul. Kalau bisa ya dilakukan rangkaian buat pilih mana yang mau nyala

      Delete
  27. Numpang tanya gan, saya punya veloz 1.3. Kamera mundurnya berfungsi hanya jika tapenya mati. Kalau tapenya hidup, pas mundur hanya tampil layar biru. Apa masalahnya ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek di settingan HU, barangkali ada pengaturan di sana

      Delete
  28. Numpang tanya gan, saya punya veloz 1.3. Kamera mundurnya berfungsi hanya jika tapenya mati. Kalau tapenya hidup, pas mundur hanya tampil layar biru. Apa masalahnya ya gan?

    ReplyDelete
  29. tanya pak, kalo saya mau modif pakai 2 mode aja. mode auto dan always off.
    kira2 diagramnya gimana pak?
    apakah perlu diode jg pak?
    karena saya ga tau ini mobil waktu pasang kamera pake diode apa engga, maklum terima beres dulu :D

    mohon bantuannya pak, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau always off cukup yang kabel yang sinyal mundur plus dari lampu mundur ke hu yang dilewatkan saklar on off aja. Jadi ada switch pemutus sinyalnya biar ga sampai ke HU.

      Ga perlu dioda.

      Delete
  30. mas mau tanya.saya abis pasang rear kamera n sy pk HU Pioneer avh p3450dvd sdh suport rear kamera,smua instalasi sdh benar n bisa nyala nomal,cm ditampilan warnnya cm hitam putih,pdhl disettingan bisa dirubah pengaturan warnanya,tp tetep ja warnanya hitam putih.mksh bnyksblmny

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}