Minggu, 17 Maret 2013

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

 gambar 1 - Testing Camera Mundur
Sekalian betulin sambungan kabel camera yang longgar, sekalian pasang saklar modifikasi. Bila normalnya camera akan hidup saat tuas transmisi diarahkan ke mundur dan mati saat transmisi pindah ke maju / netral / park, maka dengan modifikasi ini dibuat 3 Mode :

  1. Auto Mode (Head Unit akan menampilkan Camera apabila tuas pindah ke mundur, dan Camera off apabila pindahin tuas transmisi ke Netral / Maju / Park)
  2. Always Off (Head Unit tetap di tampilan awal - misalnya mati atau setel lagu - dan camera tidak akan aktif biarpun tuas transmisi dipindahkan ke Mundur)
  3. Always On (Head Unit akan selalu menampilkan Camera tanpa perduli tuas transmisi maju / mundur / netral / park)

Latar belakang dibuat Always On :

  • Bila Head Unit sudah dalam kondisi menyala, perpindahan ke mode Camera akan cepat, tetapi apabila Head Unit dalam kondisi mati ada waktu jeda yang kadang kerasa mengganggu.
  • Bila perlu maju mundur beberapa kali saat parkir, lebih menyenangkan apabila Head Unit selalu menampilkan Camera mundur
  • For Fun :D misalnya pas macet-macetan ada yang mepet-mepet belakang, bisa diintip lewat Head Unit tanpa tuas dipindahkan ke mundur :D



 gambar 2 - Perkabelan belakang
 gambar 3 - Sambungan ada yang lepas
 gambar 4 - Diode ini yang terlepas

Sebenernya pasang Head Unit dengan layar LCD beserta Camera Mundur newbie lakukan sendiri, cuman saat itu karena mau bikin surprise buat nyonya ngerjainnya sembunyi-sembunyi dan kudu cepet-cepetan biar ga ketauan. Hasilnya ada sambungan kabel yang kurang perfect, so sekarang saatnya dibenerin. Selain itu jadinya proses pemasangan Head Unit dan Cameranya jadi tidak ada foto / dokumentasi sama sekali....

So kendala karena sambungan plus dari lampu mundur ke Diode kurang bagus sehingga bisa putus aliran listriknya. Sebenernya ga perlu Diode, cuman karena sejak awal newbie pingin melakukan 3 mode ini makanya sudah disiapkan Diode untuk mendukung hal ini.

Tinggal lepas lagi (gambar 2 sampai gambar 4) solder-solder dan testing (gambar 5), sip camera sudah nampak di headunit (gambar 1).

 gambar 5 - testing transmisi masuk mundur
 gambar 6 - sambungan diode

OK, permasalahan sudah kelar, sekarang ke modifikasinya, Newbie pakai saklar ON - OFF - ON (gambar 7 sampai gambar 9) seharga Rp7.500,- Selain itu juga diperlukan diode yang sudah newbie pasang sebelumnya (gambar 4), harganya lupa dah lama belinya, kalau ga salah Rp1.000,- per biji, newbie pakai dua biar ga panas.

 gambar 7 - Perkabelan di saklar
Kunci modifikasi kali ini letaknya di permainan jalur saklar gambar 7. Saklar ON - OFF - ON ini ada 6 kaki (gambar 7). Cara kerja saklarnya sendiri adalah seperti berikut :

  • Bila tuas digerakkan ke ON (kanan) maka kaki A akan tersambung ke kaki B, dan kaki D akan tersambung ke kaki E, tetapi kaki A-B tetap tidak terkoneksi ke kaki D-E. 
  • Bila tuas digerakkan ke OFF (tengah) maka tidak ada kaki-kaki yang tersambung sama sekali.
  • Bila tuas digerakkan ke ON (kiri) maka kaki C akan tersambung ke kaki B, dan kaki F akan tersambung ke kaki E, tetapi kaki C-B tetap tidak terkoneksi ke kaki F-E.

 gambar 8 - Saklar ON - OFF - ON
 gambar 9 - Saklar ON - OFF - ON
 gambar 10 - dikasi dudukan pakai plat no bekas dan disekrup di bawha dashboard

Gambar 11 adalah skema sebelum saklar dipasang, skema ini hanya untuk Mode Auto saja yaitu mengaktifkan kamera dan head unit saat tuas transmisi dipindahkan ke mundur. Skema ini memanfaatkan listrik dari lampu mundur yang ada untuk memberikan power ke camera mundur dan memberikan sinyal / trigger ke Head Unit agar masuk ke mode display kamera, sehingga biarpun Head Unit dalam kondisi mati sekalipun akan "membangunkan" Head Unit dan membuatnya menampilkan gambar yang dikirim oleh Camera Mundur.
Di kanan bawah terlihat 2 kabel dari lampu mundur dimanfaatkan dengan membuat cabang di sana, masing-masing plus dan minus untuk memberikan power ke camera mundur. Bagian yang plus juga dihubungkan ke trigger mundur yang ada di Head Unit (kabel berlabel reserved +). Sedangkan sinyal video (jack warna kuning) bisa langsung dihubungkan ke Video In yang ada di belakang Head Unit. Pemakaian DIODE di skema ini sebenarnya tidak perlu.
gambar 11 - Skema awal - Mode Auto Only 
gambar 12 - Skema modifikasi Tiga Mode
Di skema gambar 12, disini terlihat modifikasi dari kabel plus yang menuju sinyal mundur di head unit yang "dibelokkan" ke saklar. Kemudian ditambahkan kelistrikan dari ACC (ikut kunci kontak) ke saklar dengan tujuan mendapatkan kelistrikan PLUS saat Mode Allways ON, sehingga meskipun lampu mundur tidak menyala, kamera mendapat listrik dan head unit menerima trigger sinyal mundur. Disini pentingnya diberikan Diode supaya saat mode Always ON diaktifkan, listrik plus dari ACC tidak mengalir dan membuat lampu mundur menjadi menyala.

Testing-testing, on off on, mainin tuas transmisi..... puas deh :)

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar