Report ganti Aki Aerio per 2 Maret 2013 di usia hampir 4 tahun
Setelah lama menunggu-nunggu aki aerio yang udah mulai menunjukkan tanda-tanda menjelang usianya, akhirnya sabtu 2 Maret 2013 kemarin waktu parkir di bengkel PJS Surabaya, Aerio gagal starter. Dari pagi sempat ke Samsat trus ke PJS tidak ada masalah, justru saat diminta memajukan parkir kendaraan malah gagal starter. Setelah dicoba jump start dengan aki lain dan ditunggu beberapa menit, akhirnya bisa starter lagi. Coba matikan, start lagi bisa, matikan start lagi bisa..... Hmmm tapi karena dah siap-siap untuk membeli aki akhirnya diputuskan untuk ganti Aki saja, mengingat Aerio tergantung banget dengan kelistrikan dan mengingat juga daripada napa-napa in middle of nowhere dan ga bisa starter....
gambar 1 - Pembelian 23 Mei 2009
Sayang belum genap 4 tahun nih, kurang 2.5 bulan lagi padahal, yah daripada mangkrak di jalan hehehehe.
gambar 2 - Udah banyak keluar garam putihnya
Kondisi agak mengenaskan karena belakangan dah ga sempet ngurusin mobil lagi. Flashback pengetesan yang pertama kali direportkan di 17 Jan 2010, Test saat 18 April 2010, Tes saat usia 2 tahun 8 bulan. Hiks ternyata hanya 3 tahun 8.5 bulan aja.... ya mendingan dari sebelumnya hanya 2 tahun 11 bulan, moga kali ini bisa tembus 4 taon.....
gambar 3 - NS60L - 45 Ah
So sambil menunggu giliran antri di PJS, diputuskan beli di Accu 911 dengan menelpon nomer 031 72119911, maka aki diantar ke tempat.
gambar 4 - Ganti pakai aki yang sama aja
gambar 5 - terpasang
gambar 6 - foto sticker dulu sebelum terkupas
gambar 7 - Nota
Harga Yuasa NS60L 470rb, aki bekas dihargai 80rb sehingga bayar 390rb. Sampe di rumah dilepas charge pakai charger kecil sekitar 1.5 harian, harapannya biar aki terisi penuh dan terhindar dari sulfatasi dini.... Sayang lagi ga sempet test pakai hygrometer, Avo digitalnya juga lagi kehabisan batere, adanya Avo jarum yang agak susah melihat perbedaan voltase dengan angka nol koma. Moga kerawat deh akinya. Lain kali aja pas sempet test spesific gravitynya.
regards,
singachu