Share jajan aerio ane (ganti radiator - selang radiator lepas) {Susanto AIC-250}

 gambar 1 - Radiator Aerio matic merk TIP
Toko Tri star motor, sawah besar :
  • Radiator assy matik merk TIP (katanya thailand punya) 1,2jt
  • Selang radiator atas 85rb
Sawah besar baru, sawah besar :
  • Engine mounting depan kanan 475rb
  • klip bamper @ 20rb beli 4 = 80rb, masih sisa 2 neh :D
  • thermostat nyusul baru hari ini beli 140rb, menurut ane sih ini penyebab selang rad lepas melolo CMIIW
kalo spare part lebih murah sawah besar baru, diskonya 19% kalo tri cuma 17,5%, tmp laen ane gak tau, senen mungkin lebih murah.
untuk radiator tristar lebih murah, rad merk cina 700rb seperti om tri punya :D
cuma kata andi binti kendi di senen lebih murah lg rad matiknya 1 jt kalo gak salah :D
curcol dikit :D
Pake bengkel deket rumah karena kejadianya mobil lg dipake bini, dikomplek dan tau" tuh selang rad lepas, behubung udah sore jam 6an, cuma bengkel ini yg masih ada, jadi dibawahlah kesini oleh montir, trus ane pulang kerja lgs deh mampir kesana.
pas buka kap mesin ane liat selang atas copot yang nyambung ke rad lepas, karena dah sore di suruh nginep, tapi sebelumnya ane dah di kasih cerita serem sama montir dan bosnya, mereka bilang ac lo bakal panas, freon bakal kurang, trus mesin ane masalah, extra fan dah lemah semua harus ganti dll, disini ane dah emosi bener, ane bilang cek dolo deh sebelum tinggal, perasaan cuma copot doang neh selang
mereka isi air sementara 1 galon buat parkirin boil ke dalem bengkel, dan sekalian test jalan, setalah isi mereka kencengin tuh selang rad, setelah itu buka kap mesin trus nyalain mesin, nunggu bentar nyalain ac, lgs dingin, dan extra fan nyala, ane lgs bilang rusak dimananya mas? montirnya cuma bisa bilang iya ya gak rusak, gara" ane gak ati" pas posisi di depan mesin lepas lg tuh selang radiator, nasib naas menimpa ane, kaki kanan kiri kena air radiator, and melepuh deh :(
disini aja mereka pihak bengkel diem aja tuh...itu kecerobohan ane sendiri, makanya ane gak nuntut apa"
pas diliat ternyata plastik rad yang diklep ke selang sampe patah didalem selang.....ane cuma bisa bengong liatnya
keesokanya abis meeting ane lgs belanja deh semua kebutuhan yang diperlukan seperti list diatas, sayangnya thermostat kebeli baru hari ini, keknya sumber masalahnya ini, karenaa sebelumnya ane sering bgt copot selang rad bawah, nah yg skrg yg atas, cuma selang waktunya cukup lama

Ongkos dibengkel deket rumah ane yang gak akan pernah ane samperin lg :D

  • storing (perasaan mereka pake mobil ane buat ke bengkel bukanya di tarik) 100rb
  • ongkos b/s rad 150rb
  • radiator coolent prestone 95rb
  • b/s engine mounting + klip bamper 2 100rb
  • air accu 5rb

minta kurang gak boleh, bosnya bilang itu dah murah karena ane bawa semua part untuk ganti...:(

moral cerita ini adalah, kesabaran itu penting, yang paling penting harus kebengkel kenalan :D 
selasa sore kena air rad, kamis harus kebandung karena dah booking hotel buat jalan" sama keluarga, gak bisa renang bareng anak dah plus gak nikmat liburanya :(

gambar 2 - radiator bekas

 gambar 3 - klip bumper
gambar 4 - luka terkena air radiator panas

by Susanto AIC-250
sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com
update info 25 juli 2013 - selang sudah tidak pernah copot lagi

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

cara parkir dengan transmisi netral di Honda HRV matic {gun2016}

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova