DIY : step by step cara ganti engine mounting kanan Aerio
gambar 1 - Emon kanan ori, emon depan KW
Udah foto-foto step by step guidance buat Engine mounting kanan, mau posting eh udah pernah bikin ternyata....gpp deh daripada mubazir foto-fotonya, lanjut.... sayang yang depan udah ga keburu foto-foto, anak-anak udah pada berlarian keluar rumah jadi ya ga sempet buat step by step ganti Engine Mounting depan.
Pembelian 12 april 2013, gara-gara Aerio dashboardnya keder pas idle kek mesin diesel jadul. So diputuskan beli engine mounting kanan dan engine mounting depan karena biasanya dua itu yang udah rusak, maklum mobil dah berusia lebih dari 10 tahun.
Maunya beli original dua-duanya, eh kok ya pas ke Kedungdoro udah keliling beberapa toko kosong semua untuk engine mounting depan, terpaksa beli yang KW lebih murah lebih dari separo harga orinya, well coba dah.
gambar 2 - Nota pembelian
Engine Mounting Kanan Ori SGP : 468.000Engine Mounting Depan KW Tescol : 100.000
gambar 4 - Engine Mounting kanan yang baru, karet samping lebih tinggi dari lingkaran besi
gambar 5 - Engine Mounting kanan baru, beda model
gambar 6 - Engine Mounting kanan lama ex Next G
Terlihat perbandingan gambar 5 dan 6, Yang baru designnya sedikit berbeda, yang lama ada liquid di dalamnya. Sepertinya yang baru lebih kokoh.
gambar 7 - Perbandingan KW dan ori ex Next G
gambar 8 - Engine Mounting depan merk Tescol
Terlihat di gambar 7 dan 8, Engine Mounting KW finishinnya kasar, besinya kasar, dan karetnya juga seperti di cat jadi hitamnya bukan seperti hitam alami dari karet. Design dan dimensi tidak ada kendala karena sama.
Ok deh sekarang ke step by step guidancennya.
Step 0 : Siapkan peralatan
- Dongkrak
- Kunci no 8 untuk buka box atas filter udara
- Kunci no 10 untuk lepas box bawah filter udara
- Kunci no 14 untuk buka baut dan mur
gambar 9 - tools
Step 1 : Buka box atas filter udara- Buka klem pengunci gambar 10 yang ditandai lingkaran biru dengan kunci no 8
- Cabut soket IAT Sensor pada box atas yaitu yang dilingkari biru di gambar 10
- Tekan ke bawah dua kaitan filter box yaitu yang ditunjuk tanda panah di gambar 10
- Tarik box ke arah kanan, dan lepaskan engsel yang ada di sebelah kanan mobil sehingga box atas terlepas dan tersisa box bawah seperti gambar 11
gambar 10 - buka box atas filter udara
Step 2 : Lepas Box Bawah Filter Udara- Pindahkan dahulu filter udaranya
- Lepas box filter bawah dengan melepas 2 buah baut dengan kunci no 10, baut ada di depan dan belakang seperti nampak di lingkaran biru gambar 11
- Setelah itu tarik ke atas box filternya dengan sedikit memiringkan supaya bisa dikeluarkan
gambar 11 - dua baut pengikat box bawah filter udara
Step 3 : Lepas baut panjang di poros engine mounting- Dengan kunci no 14, putar baut panjang di gambar 12 yang dilingkari biru, gunakan kunci rachet (gambar 13) supaya memudahkan karena diperlukan banyak putaran kunci sedangkan lokasi sedikit menyulitkan melakukan banyak putaran
gambar 12 - baut panjang di poros engine mounting
gambar 13 - putar dengan kunci rachet no 14 mm
- Apabila kesulitan untuk menariknya, itu karena baut menahan beban mesin, untuk itu dongkrak mesin sedikit agar naik (gambar 14), lakukan sampai menarik baut keluar makin mudah.
- Tarik baut ke arah depan seperti arah panah di gambar 15
gambar 14 - dongkrak mesin untuk memudahkan melepas baut
gambar 15 - tarik baut sesuai arah anak panah
Step 4 : Lepas Braket engine mounting di mesin- Pinggirkan selang suction power steering sehingga nampak 3 mur seperti yang dilingkari pada gambar 16
- Lepas 3 mur tersebut dengan kunci no 14
- Setelah ketiga mur tersebut lepas, lepaskan braket dengan menarik ke atas melewati baut yang tertanam di mesin.
gambar 16 - 3 mur pengikat braket
gambar 17 - braket, 3 mur dan 1 baut panjang sudah terlepas
Step 5 - Lepas engine mounting- Lepas 3 baut yang mengikat engine mounting ke chasis, lokasinya seperti terlihat di gambar 18, satu baut tidak terlihat di foto ditandai tanda bintang
gambar 18 - lokasi baut pengikat engine mounting
gambar 19 - Engine mounting sudah terlepas beserat 3 baut pengikatnya
Step 6 : Pasang Engine Mounting Pengganti pada lokasi di chasis- Letakkan Engine Mounting baru pada chasis
- Pasang 3 baut pengikatnya
gambar 20 - Perbandingan, sengaja ditambah ganjal karet bekas emon lama
Step 7 : Pasang braket- Letakkan braket pada tempatnya
- Urutan sedikit terbalik dari proses melepas, sebelum memasang 3 mur, pasang terlebih dahulu baut panjang ke poros engine mounting (gambar 21), bantu dengan dongkrak untuk mengepaskan karena ketinggian lubang poros lebih tinggi dibanding engine mounting yang lama yang sudah turun.
- Setelah itu pasang 3 mur pada mesin (gambar 22)
gambar 21 - pasang baut panjang terlebih dahulu
gambar 22 - setelah itu pasang 3 mur
Step 8 : Pasang kembali box bawah filter udara- Pastikan lubang ke samping fender masuk terlebih dahulu
- Pasang kembali 2 baut pengikatnya dengan kunci 10
Step 9 : Pasang kembali box atas filter udara
- Letakkan filter udara
- Pasang box filter udara dengan mengaitkan engsel terlebih dahulu
- Pasang pipa kembali, kencangkan klem, pengikat dan jangan lupa socket IAT Sensornya
Selesai, sayang yang depan ga sempet foto-foto, hasilnya bener-bener beda bumi langit dengan sebelumnya, suppppeeer alus. tinggal awetnya yang kw ga tau gimana.
regards,
singachu
Untuk ganti yg depan penopang dongkrak dmana kah?
ReplyDeleteUntuk ganti yg depan penopang dongkrak dmana kah?
ReplyDeleteuntuk depan ga usah ditopang bisa.
DeleteAsal emon kanan dan kiri terpasang. Depan dan belakang dilepas bersamaan juga gpp.
contoh link : http://otodiy.blogspot.co.id/2013/03/diy-ganti-engine-mounting-depan-dan.html
tapi kalau depan aja bisa langsung. dongkrak tetep bisa dipakai untuk ngepaskan lubang saja,
Kalo ganti yang gmna om caranya saya kesusahan nyopot 1 baut nya om
ReplyDelete