Senin, 06 Mei 2013

Service shockbreaker bocor newmod, suntik dan pasang di Aerio oldmod

 gambar 1 - Shockbreaker Aerio Facelift setelah dicuci
Kebetulan om Arian ganti shockbreakernya yang bocor, mumpung shockbreakernya masih Showa Jepang, newbie minta bekasnya deh hehehehehe thanks om Arian. Ternyata shockbreakernya yang kiri bocor parah, yang kanan pun juga bocor meski ga separah yang kiri. Setelah dicuci-cuci dan semprot air mayan bersih lah (gambar 1). Ada "kuping" buat cantolan link stabilizer Aerio new model ntuh ga bakalan kepake di Old Model.

Oh ya pas ganti belt kapan hari, newbie dapatin shockbreaker kiri depan ada rembesan meski dikit banget. Berhubung awal taon 2009 lalu sudah pernah disuntik jadi ya ga bakalan disuntik lagi, soalnya dulu udah dikasi tau ada yang baret di batang as shockbreakernya. Mayan euy rekondisi shockbreakernya bisa tahan 4 tahun atau mungkin sekitar 40 - 50rb kilometeran. So kali ini lungsuran shockbreakernya dioprek aja.
Langsung bawa ke PJS, ternyata antri euy padahal dah pagi hari datangnya. Shockbreaker di suntik dulu biarpun pasangnya masih antri..... (gambar 2)

 gambar 2 - Hasil suntik shock
Setelah giliran datang langsung dioperasikan....tuh gambar 3 dan 4 adalah shockbreaker kiri depan yang bocor. Ga kliatan memang bocornya soalnya memang rembes dikit banget, kalau boot penutup debunya diangkat baru kliatan ada basah.
 gambar 3 - Shockbreaker kiri depan yang rembes
 gambar 4 - shcokbreaker kiri depan
 gambar 5 - proses melepas shockbreaker kanan
 gambar 6 - shockbreaker yang kanan masih kering
Yang kanan masih kering sebenernya, cuman karena beda model ya udah diganti sepasang aja
 gambar 7 - Mindahin shockbreaker
 gambar 8 - Siap diganti, karet stopper diganti Poly Urathane soalnya yang lama pecah
Karet stoppernya udah pecah baik yang di kanan maupun di kiri, sedangkan bearing shockbreakernya masih bagus jadi dipake lagi. Karet sekalian diganti bahan PU.
 gambar 9 - Karet stopper pecah
 gambar 10 - Karet Stopper pecah
gambar 11 - PU buat stopper dimasukkan

Sori foto-foto kurang lengkap soalnya udah banyak report sejenis. Total abis 120rb, rinciannya lupa foto notanya...... 120 rb kira-kira terdiri dari : ongkos bongkar pasang shockbreaker, seal shockbreaker + jasa suntik shockbreaker, sepasang karet stopper bahan PU.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar