Senin, 15 Juli 2013

DIY : Step-step ganti shockbreaker Aerio dengan KYB Premium

 gambar 1 - Shockbreaker sudah terlepas dan per ditekan dengan kawat
Setelah shockbreaker bocor dan pakai "donor" shock bocor yang dicoba direkondisi, ternyata dalam beberapa bulan sudah bocor lagi pada bagian kirinya. Diputuskan untuk ganti saja, dan akhirnya beli KYB Premium made in Indonesia. Kali ini gatal tangan untuk DIY. Cuman foto-fotonya malah pas proses pasangnya, jadi sori kalau foto di step-stepnya terlihat shockbreaker yang baru hehehehehe.

Step-step :
1. Kendorkan roda, dongkrak, pasang jack stand, lepas roda
2. Lepaskan sebuah baut pemegang selang rem dan kabel ABS. Gunakan kunci 12 mm (gambar 2 lingkaran hijau)
 gambar 2 - baut dudukan selang rem dan kabel ABS
3. Lepaskan dua pasang baut mur pemegang shockbreaker ke knuckle dengan kunci 17 mm (gambar 3 lingkaran biru)
 gambar 3 - dua pasang baut mur pengikat shockbreaker ke knuckle
4. Lepaskan support shockbreaker dengan melepas 3 mur kecil di strut tower menggunakan kunci 12 mm (gambar 4 lingkaran biru)
 gambar 4 - tiga mur pengikat shock support ke strut tower
5. Tekan per / spring / coil dengan spring compressor atau menggunakan kawat (gambar 1)

6. Cabut karet penutup mur shockbreaker (gambar 5) sehingga nampak mur-nya seperti gambar 6). Di bagian atas shockbreaker ada lubang berbentuk Hexagon (gambar 7) untuk dipasang kunci hexa atau sering disebut "L" sementara mur bisa diputar oleh kunci 17 mm (gambar 8 dan 9).
 gambar 5 - Karet penutup mur
 gambar 6 - Karet penutup mur sudah dilepas
7. Pasang kunci hexa, letakkan ke lantai agar tertahan lantai, sementara mur diputar dengan kunci ring ukuran 17 mm dan ditekan ke bawah (gambar 10). Perhatikan arah putaran untuk membuka adalah berlawanan jarum jam.
 gambar 7 - Lubang untuk memasang kunci Hexa
 gambar 8 - Kunci Hexa untuk menahan batang strut, sementara kunci 17mm untuk memutar mur
 gambar 9 - Ilustrasi lain proses melepas mur atas shockbreaker
Kejadian di newbie saat membuka shockbreaker kiri ga ada masalah, tetapi saat membuka shockbreaker kanan, kunci L yang newbie pakai sampai bengkok dan terpelintir (gambar 11 dan 12), akhirnya pakai kunci hexa dipasangkan dengan gagang kunci SOK seperti nampak di gambar 10 sampai 12.
 gambar 10 - kunci hexa ditahan lantai, tekan kunci ring ke bawah  berlawanan jarum jam
 gambar 11 - korban 2 kunci "L", twisted and bend
 gambar 12 - korban 2 kunci "L"
8. Setelah mur atas shockbreaker dilepas, maka support shock nampak seperti gambar 13. Lingkaran biru merupakan 3 baut yang dilepas di langkah 4, sementara lingkaran merah adalah mur atas shockbreaker yang dilepas di langkah 7 dan lingkaran merah di tengah support shock adalah lubang letak batang shockbreaker.
 gambar 13 - support shock
Berikut gambar 14 dan 15 merupakan bagian bawah dari support shock, terlihat karet mangkok yang menahan upper seat coil. Bila mangkok ini sudah rusak maka bisa menimbulkan bunyi saat mobil masuk ke dalam lubang, bisa juga timbul bunyi saat roda berbelok / kembali lurus.
 gambar 14 - karet mangkok support shock
 gambar 15 - karet mangkok support shock
9. Lepaskan bearing shockbreaker (gambar 16), cukup cabut dengan tangan saja (gambar 17). Bearing shock ini terbuat dari plastik, dan hanya terdapat pada shock breaker depan dan tidak ada shock breaker belakang. Fungsi bearing ini adalah saat setir diputar, bearing ini sebagai bantalan pelancar karena shock support (gambar 14) tidak berputar karena dipegang 3 baut (step 4) sedangkan mangkok per atas / spring upper seat (gambar 18) ikut berputar mengikuti putaran roda. Kerusakan pada bearing ini akan menimbulkan bunyi saat setir diputar / kembali lurus.

 gambar 16 - Bearing shockbreaker di atas spring upper seat
 gambar 17 - Bearing shockbreaker dilepas
10. Lepas spring upper seat, cukup cabut saja pakai tangan (gambar 18). Perhatikan pada salah satu sisinya ada tanda "OUT" (gambar 19), fungsinya sebagai panduan pemasangan yaitu harus lurus dengan dudukan shock ke knuckle (gambar 3). Di balik spring upper seat ini ada karet dudukan per (gambar 20), terlihat ada sedikit sobek tapi masih ok. Bila karet ini rusak akan menyebabkan per bergesekan/bersentuhan langsung dengan logam spring upper seat sehingga menimbulkan bunyi-bunyian saat lewat jalan jelek, kadang bengkel menambahkan selongsong dengan selang air untuk membungkus per dengan harapan besi tidak bertemu besi.
 gambar 18 - Spring Upper Seat terlepas dan bearing shockbreaker
 gambar 19 - tanda "OUT" yang harus lurus dengan knuckle
 gambar 20 - karet dudukan per bagian atas
11. Lepaskan per, lepaskan boot dust cover.
 gambar 21 - kondisi shock setelah spring upper seat dilepas
 gambar 22 - Dust cover
 gambar 23 - per dan dust cover dilepas
Pada gambar 23 dan 24 terlihat urut-urutan pemasangan yaitu dari karet lower spring (gambar 25 dan 26), strut (gambar 24-1), karet bumper stop (gambar 24-2), dust cover (gambar 24-3), per (gambar 24-4), karet upper spring (masih nempel di gambar 24-5), seat upper spring (gambar 24-5), bearing shockbreaker (gambar 24-6), support shock (gambar 24-7), mur shockbreaker atas (gambar 24-8), karet penutup mur (gambar 24-9).
 gambar 24 - bagian-bagian mc pherson strut
12. Lepas karet lower spring atau dudukan per bagian bawah (gambar 26). Bila karet ini sobek atau rusak akan menimbulkan bunyi karena besi per bertemu besi dudukan per bawah.
 gambar 25 - karet dudukan per bawah terpasang di mangkok per bawah
 gambar 26 - karet dudukan per bawah sudah dilepas
13. Lepas karet boot (bisa dibalik urutannya ama langkah 12). Bisa dicabut langsung, kasus newbie susah bener dilepas jadinya pake trecker (gambar 27).
 gambar 27 - karet bump stopper susah dicabut
Berikut perbedaan ketinggian shockbreaker yang baru dengan yang lama (gambar 28). Ternyata shockbreaker yang kanan juga ada rembes, baru kliatan waktu dilepas.
 gambar 28 - kiri shock lama, kanan shock baru
14. Pindahkan part-part lama ke shockbreaker baru dengan urutan dibalik :

  • Pasang karet dudukan per bawah
  • Pasang karet stopper
  • Pasang dust cover
  • Pasang per
  • Pasang dudukan per atas (spring upper seat), saat ini pastikan tanda "Out"nya menghadap keluar dengan benar.
  • Pasang support shock
  • Pasang mur atas, pastikan terpasang dengan kencang, bila tidak akan memimbulkan bunyi bahkan jalan lurus di paving.
  • Pasang 3 mur untuk memegang shock support di strut tower
  • Pasang 2 baut mur shockbreaker ke knuckle
  • Pasang selang rem dan kabel ABS
  • Pasang roda dan test drive

gambar 29 - dudukan link stabilizer tidak terpakai di aerio old model

Untuk Aerio / Next G Old model, kupingan di shock menganggur karena untuk old model, link stabilizer dipasang pada arm, sedangkan untuk New Model dipasang di sana (gambar 29).

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar