Kamis, 08 Agustus 2013

DIY : pasang jam dashboard phanter di Aerio

 gambar 1 - Jam dashboard yang menyala dalam kegelapan
Iseng-iseng sebelum "mudik", pesenan datang dari tangomotor.com. 

Sengaja pilih jam tipe ini dibanding jam digital LCD Display karena selain lebih tahan panas ketika mobil terjemur matahari (LCD Display cenderung menghitam ketika kepanasan), juga karena display angkanya merupakan cahaya yang berpendar sehingga nampak jelas di kegelapan dan mudah dibaca dari berbagai sudut. Selain itu untuk menyimpan jam cukup dari aki tidak perlu battery terpisah jadi tidak repot beli dan ganti batere terpisah.
Barang ini adalah jam dashboard phanter kotak seharga Rp85.000,- Dilihat sepintas sepertinya produk KW. kemasan kotak putih polos, tidak ada kertas petunjuk, tidak ada logo tidak ada tulisan apa-apa. Satu-satunya petunjuk hanya di sticker yang menempel di balik produknya (gambar 2). Built quality terlihat kasar, bahkan saat mengeluarkan dari kotak pertama kali, mika penutupnya lepas sehingga terlihat rangkaian di dalamnya, untungnya bisa dipasang lagi cuman ditekan aja sistim kuncian. No problem lah..... 

gambar 2 - satu-satunya petunjuk 
 gambar 3 - kabel ga sama dengan petunjuk
Karena warna kabel ga sesuai dengan petunjuk di sticker, sedikit menebak yaitu Orange = Kuning dan Pink = Hijau. Sempet test sebentar untuk nyala jam-nya sudah ok. Test setting jam, setting tanggal keknya ok.
Pas ada waktu mulai deh ngoprek, bongkar panel tengah dan lepas head unit untuk ambil kabel-kabel dari sana. Hitam ke Ground, Merah ke Battery+, Kuning ke Ignition. Pasang.... lha kok display jam-nya langsung menyala meskipun kunci kontak blom dipasang..... wah cukup menghabiskan listrik aki dong, ga banyak sih tapi tetep aja ngapain menyala kalau ga diperlukan. Cek sekali lagi apa nyambung kabelnya dah bener apa ga.....udah bener padahal....
Hmmm jangan-jangan rusak atau petunjuk stickernya kacau nih... coba dituker Kuning ke Battery+ dan Merah ke Ignition. Pasang, sip mati sebelum dikontak, dan ON setelah kunci kontak diputar.....kontak di off mati, di on hidup.... sip. Kontak ON, Setting jam-nya, OFF, ON lagi.... lha jam-nya ter-reset balik ke 12:00 alias jam-nya ga tersimpan pas kunci kontak di OFF.... cek kabel lagi keknya dah bener gini. 
 gambar 4 - display off
 gambar 5 - display on, jam tidak ter-reset
Susah testing terpasang di mobil, akhirnya dilepas lagi test di rumah aja biar lebih lega, setelah test trial error sana-sini, eh ketemu..... Hitam tetep Ground, Hijau ke Battery+, Merah ke Ignition, Kuning dicoba-coba sepertinya ga ada efek apa-apa. Test setting jam, lepas kabel merah, display off (gambar 4), pasang lagi kabel merah, display on dan jam serta tanggal tidak ter-reset (gambar 5). Baru kalau kabel hijau atau hitam dilepas maka settingan jam hilang ter-reset. Sip-sip, bisa dipasang lagi dah di mobil.
O ya setting jam-nya gampang bener, tinggal tekan tombol HR/M untuk ganti Jam, dan tombol MN/D untuk ganti menit. Display jam sampai angka 12 aja dan balik ke angka 1, tetapi ada pembeda titik di kiri atas dari jam-nya (titik yang dimaksud terlihat di gambar 5). Titik bila menyala = AM, bila mati = PM, dan bila jam berubah ke 1 maka tanggal akan bertambah 1 hari. Untuk menampilkan tanggal, cukup tekan dan tahan tombol Date, bila dilepas display kembali ke Jam. Setting Tanggal dilakukan dengan menekan dan tahan tombol Date kemudian tekan tombol MN/D, dan tekan tombol HR/M untuk setting bulan. Tidak ada setting tahun di sini, jadi setelah lewat Feb sepertinya harus set lagi tanggalnya apabila bukan tahun kabisat.

gambar 6 - Hasil akhir
Pasang di mobil, test.... sip mantap. Lokasi sementara ditaro di bawah Head Unit (gambar 6). Pinginnya sih mau dibuat penutup laci, jadi mau dibuat bisa ditarik keluar dan bagian dalamnya bisa dibuat penyimpanan barang. Cuman karena waktu sementara dibikin paten dulu. Lain kali aja dioprek lagi biar space di belakang jam ini bisa dimanfaatkan.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar