Kamis, 05 Desember 2013

Share : Ganti pompa Power Steering Aerio dengan APV {Diar}

gambar 1 - Pompa PS APV
Secara fisik besar pompa APV dan pompa Aerio sama.

Sebetulnya yang bingung cari penyebabnya, misal mobil kalau pagi keluar garasi, itu setir ringan. Terus empuk, selang beberapa lama dipakai kayak kaku dan agak berat. Setelah tanya-tanya ma mekaniknya akhirnya diputuskan beli pompa Power Steering APV. Mekaniknya sudah pernah rubah PS Aerio dengan APV pas mekaniknya masih ikut orang, sekarang dia usaha bengkel sendiri.

gambar 2 - atas PS APV, bawah PS Aerio
Fisik pulley Aerio dengan APV sama besarnya, bedanya cuman di pinggiran punya Aerio lebih panjang jadi lebih tercover beltnya.
Setelah pasang Power Steering langsung dicoba test drive ke surabaya seharian. Gejala kaku dan berat sudah hilang. Syukur.... awalnya ragu bila masalahnya ada di pump PS, mikirnya mungkin dari steering rack, kaki kaki atau lainnya. Juga sempat mempertimbangkan dalam pemasangannya apakah butuh modifikasi ekstrim.... tapi ternyata tidak.
Sebetulnya masalah PS ini udah lama, sejak mulai dapat Aerio udah ngerasa seperti itu, tapi karena belum yakin padahal pump PS aerio ini dah pernah dicoba ganti seal juga. Nah kebetulan kemarin ada aerio item 2005 mau ganti kampas kopling, aku coba sebentar ternyata enak steeringnya, dari sana akhirnya nambah kepastian.
Sekarang dari segi ringannya sama seperti aerio item yang dicoba kemarin, mungkin kalau pakai velg ring 15" bisa lebih ringan lagi setirnya.
Selang-selang hi pressure dan selang supply yang lama masih dipakai lagi. Seperti terlihat di gambar 2 ada pipa kecil bentuknya seperti leher angsa,  nah pipa itu harus pakai punya Aerio dipindah ke APV, karena kalau pakai bawaan pipa PS APV kebentur ama selang hi pressure.
gambar 3 - posisi lubang pangkon PS yang dibesarin dikit
Satu lubang aja dikikir dikit karena posisi lubang di pompa PS dan di pangkonnya ada selisih dikit.
gambar 4 - Pangkon PS diturunkan biar enak ngikirnya
lubang yang di kikir sebelah kiri atas dari gambar 4
gambar 5 - pompa PS APV terpasang di Aerio
Pasang di bengkel Gresik, harga pompa PS 1.1xx.xxx diskon menjadi 908.000. Kalau orisinil Aerio 3jt-an.
gambar 6 - Oli bekas PS dibersihkan pakai bensin

by Parabless / Diar AIC 303
sumber : BB AIC Surabaya

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar