Jumat, 06 Desember 2013

Suara berdengung di bawah dasboard pada kecepatan 80 - 100 kpj akibat bearing roda Grand Livina {hendra.prasetyo}

gambar 1 - wheel hub
Dear Agan/aganwati KLIK'ers.
Ane mau sharing pengalaman ane kemarin. Ceritanya mobil ane ada suara berdengung di sekitaran depan bawah kabin di kecepatan 80-100kpj, suara berdengung tersebut sangat mengganggu. Setelah ane berowsing2 diinternet jarang ada review masalah tersebut untuk grand livina. dari hasil browsing adalah suara tersebut berasal dari :
1. Roda/ban yang kondisinya sudah tidak rata. ( actionnya : dipindah ban depan kebelakang. jika suara hilang berarti masalah dari ban yang ditukar )

Action ANE : Ane udah pindah2in ban tapi hasilnya masih sama . asumsi ane mungkin ban nya yang sudah getas padahal kembangnnya masih tebal.


2. Bearing Roda depan sudah Goblak. Dari point 1 karena ane merasa ban sudah getas, jadi ane ganti 4 ban sekaligus dan sekalian cek bearing roda pada saat di dongkrak dengan cara di goyangkan atas bawah dan kiri kanan. Hasilnya ga ada yang goblak sama sekali kata tukang ban masih bagus bearingnya.

Setelah ane ganti 4 ban dan ane test di jalan TOL hasilnya alhamdulillah masih keluar dengungnya .

Lalu ane berniat pasang PEREDAM keseluruhan sudah tanya2 totalnya amit amit harganya...

Hampir aja ane pasang secara total. Lalu ane pikir kembali, dari pada pasang peredam kita cari dulu sumber bunyinya, dan iseng isenglah ane cek bearing kembali. Caranya :

- Dongkrak salah satu ban, Kemudian putar rodanya searah dan berlawanan arah jarum jam secara bergantian sambil kita pegang shockbreaker nya. ( Hati2 pada saat memutar roda tangan bisa terjepit antara velg dan master kanvas rem ) ane sudah kejepit kemarin dan dpt 6 jahitan .

- Pada saat diputar dan sambil memegang shock breaker rasakan getaran shock breakernya. ( Jika bergetar kemungkinan besar masalah pada bearing tersebut meskipun bearing tidak bunyi pada saat di putar ).

- Setelah ane cek didapati bearing roda sebelah kiri sepertinya bermasalah. jadi ane langsung kebengkel untuk beli bearing assy roda depan harganya yang ORI didaerah ane 650 rb dan sekitar 550 rb di jakarta. Yang KW sekitar 450rb didaerah ane, ongkos pasangnya 125 - 150 rb per-roda.

- Setelah barang dapat (gambar 1), mobil langsung masuk ke bengkel langganan dan di cek ulang, ternyata benar dugaan ane bearing yang kiri bermasalah. Setelah diganti. Wissss.... Hennniiiing gan .

gambar 2 - proses pemasangan

Demikian sedikit sharing pengalaman ane.

by hendra.prasetyo
sumber : kaskus KLIK

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar