Minggu, 19 Januari 2014

DIY : bersihkan PCB main power window Aerio, penyebab kaca ngadat-ngadat

 gambar 1 - perbandingan power window switch Aerio dan Next G
Setelah 3 tahun lebih perbaikan switch power window Aerio yang patah, Aerio newbie kembali terdapat kendala pada jendela power window, sering macet-macetan. Karena siang sudah harus dimasukkan ke bengkel asuransi untuk body repair, maka newbie mencoba melakukan quick fix.
Bongkar door trim, test...masih macet, mau bongkar rotor power window seperti yang pernah dilakukan dulu, tapi males aja. Kecurigaan bukan pada motornya. Biar cepet newbie langsung buka juga switch power window Next G, kebetulan sama persis. Test tancep, langsung lancar bin sukses..... Hmmm dari main switch nya nih, masa tombolnya lagi.....
Coba buka PCB nya aja ga sampai ke tombolnya, dan test tukeran dengan PCB aerio (gambar 1), test pasang dan sukses.... Hmmm masalah di PCB nya nih, berhubung newbie ga ngerti elektronik maka ga bisa menganalisa lebih lanjut komponen mana di PCB yang rusak....
 gambar 2 - test kanibal PCB
 gambar 3 - PCB bermasalah
 gambar 4 - PCB bermasalah
Akhirnya newbie pakai cara koboi, semua PCB dan connector-connectornya newbie semprot pakai cairan Electro Contact Cleaner. Pasang lagi, eh sukses.
 gambar 5 - rakit kembali
gambar 6 - Electro Contact Cleaner
Setelah sukses rakit kembali, test ok. Siap-siap brangkat, masih ok. Saat di bengkel asuransi dilakukan pemeriksaan kondisi, dan newbie dipanggil kepala mekaniknya untuk ditunjukan bahwa PW sisi supir kadang bisa kadang enggak.... hmmm emang baru aku benerin sih jadi udah tau kalau masalah hehehehe.... newbie test memang ada kalanya diem. Cuman udah jauh lebih lancar dari sebelumnya. Newbie pesenin ke mekaniknya, ntar kalau buka tutup pakai perasaan yah....eh mekaniknya udah nyambung sendiri.....hehehehehe.... hmmm alamat kudu ganti nih kalau PCB, ga ngerti elektronik sih.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar