Sabtu, 26 Juni 2010

DIY : membersihkan rotor motor power window Aerio

Bermula dari DIY dari bro kijangtua (baca di sini), setelah newbie tanya-tanya ke bro kijangtua tentang detail cara melepasnya, newbie beranikan diri untuk praktek.

Power Window newbie sisi driver kapan hari mengalami macet, masalah timbul intermitten alias jarang-jarang muncul kambuh-kambuhan gitu deh.... Bahkan kemarin terdengar cukup kasar bunyinya dibanding power window jendela yang lainnya.

Newbie buka dulu doortrimnya (baca di sini)


gambar 1 - soket power window


gambar 2 - rumah rotor power window



gambar 3 - rotor di foto dari balik plat

Setelah newbie amat-amati dan coba memasukkan tangan ke balik plat untuk menjangkau motor power window, serta berbekal sharing dari bro kijangtua mengenai posisi sekrup yang ada, newbie mendapati bahwa sekrup-sekrup tersebut bisa dijangkau bahkan tanpa melepas 3 buah baut yang mengikat motor power window ke plat pintu. Sepertinya juga tidak perlu melepas speaker juga, klihatannya bisa lebih praktis nih, maklum tangan newbie lebih kecil dibanding tangan bro kijangtua.


gambar 4
Hmm ternyata kendalanya sekrup tersebut sangat keras, maklum belum pernah dibuka. Pakai obeng plus biasa newbie ga kuat membuka.... untung punya obeng rachet kecil merk sellery buat ngebuka, ntuh obeng ada offset / lengan untuk mutar jadinya tenaga newbie dikalikan panjang lengan.... halah kok ngebahas pelajaran fisika :D
Dah di gambar 4 newbie berhasil melepas "rumah" dari rotor, untung di DIY bro kijangtua bilang ada magnet yang membuat kerasa rada berat waktu mencabutnya jadinya newbie yakin banget waktu mencabutnya setelah 3 buah sekrup berhasil dilepas. Bener-bener simple dah newbie ga ada kesulitan buat melepasnya, thanks to bro kijangtua :)


gambar 5 - sisa rotor
Sekarang (gambar 5) sisa rotor yang masih menancap, tinggal diputar aja seperti membuka uliran untuk melepasnya.


gambar 6
Tercabut dah.... ntuh ulir jadi target buat dikasi grease.


gambar 7
Nah di gambar 7 terlihat "sisa" motor power window yang belum tercabut, terlihat di sana ada 2 buah carbon brush yang ditekan oleh per.... hmm nanti kalo mau balikin rotornya mesti ditekan ke samping tuh carbon brush karena bakalan menghalangi rotor untuk masuk. Carbon brushnya masih tebel, tinggal dibersihkan aja contact pointnya.


gambar 8
Cairan Electro Cleaner jadi andalan plus amplas alus baik untuk bersihkan carbon brush maupun rotor yang bersinggungan dengan carbon brush.


gambar 9
Eh kok ada cacat di rotornya yah ? kenapa tuh, apa emang begitu ?? Ga kliatan ada serpihan juga.... tanda2 tergerus di rumah rotor juga ga kliatan....tau ah gelap.


gambar 10
Nah di gambar 10 terlihat ada 2 buah magnet di dalam rumah rotornya.

gambar 11
Sekalian dah foto ukuran speaker, nurut temen-temen di kaskus ukurannya 5.25", bener gini ga yah cara ukur speaker ?

Pasang lagi, kendala kecil terjadi karena carbon brush menghalangi rotor masuk sempurna, newbie tekan pakai lidi dan ulir masuk, beres ga sulit ternyata.

Selanjutnya testing....Sekalian semprot silicon ke jalur kaca....sori lupa difoto....Setelah di test naik-turun ga ada kendala macet, lancar banget....Eh iseng ah abis kaca mentok newbie coba paksa tekan lagi. Hasilnya macet dah tuh power window. Newbie coba sentuh rumah rotornya, wih panas euy....
Hmm kliatannya gara2 udah mentok tapi masih ketekan nih yang bikin rotor panas dan berakibat power window macet. Setelah dibiarin biar dingin power window kembali lancar. Anehnya kalo ditekan Auto biar jendela naik atau turun sampai mentok kenapa "dia" bisa tau kalo sudah mentok jadi aliran listrik dah diputus yah ?
Setelah pasang ulang doortrim dan test bandingkan dengan power window yang lain, ternyata suaranya bahkan lebih alus daripada power window yang lain.....mangstap nih, mayan lah ga sia-sia, kerjaannya juga ga ribet.
Moga-moga awet dah.

regards,
singachu

Comments
5 plus+

5 comments :

Poskan Komentar