Minggu, 02 Maret 2014

DIY : membuat backing plate 3 inch untuk rotary polisher KEN

 gambar 1 - convert hand polisher to rotary polisher
Mesin rotary polisher ini udah lama ga sempet makai, kendala yang dulu adalah di ukuran pad yang besar sehingga untuk bagian-bagian mobil yang kecil dan sempit agak susah molesnya. Cuman karena ada report backing plate untuk mata bor yang kecil akhirnya gatal tangan ingin melanjutkan "projek" lama yang belum kelar.

 gambar 2 - mesin rotary merk KEN
Ntah kapan beli mesin rotary ini, mungkin di tahun 2010 atau 2011, lupa dah...harga waktu itu 600rb-an seingetku beli di Ace hardware. Dulu sempat bingung antara memilih polisher yang pad-nya ga bisa pakai foam atau rotary polisher. Akhirnya memberanikan diri beli rotary polisher dan baru belajar makai setelah punya. Tidak susah banget cuman kudu telaten aja tetep ga boleh grasa grusu..... (Baca di sini tentang pemula untuk penggunaan Rotary Polisher)

 gambar 3 - made in china, 1200 Watt, 600-3000 rpm
 gambar 4 - 6 level kecepatan
1 : 600 rpm
2 : 900 rpm
3 : 1500 rpm
4 : 2100 rpm
5 : 2700 rpm
6 : 3000 rpm
 gambar 5 - pengatur kecepatan
Daya 1200 Watt kalau pakai speed level 6, sejauh ini tidak pernah listrik padam meskipun barengan dengan peralatan lain, asal ga langsung start di speed 6 tapi gradual nambah speednya. Listrik di rumah 1300 watt. Backing plate yang jadi bundle ukuran 7 inch, baut ukuran M16. Sebenernya kalau dari baca-baca banyak backing plate dijual di pasaran dengan ukuran M14, cuman rotary dengan ukuran segitu nemunya yang harga jutaan. Pun harga backing platenya juga ratusan ribu. Sedangkan pad yang didapat hanya woolpad. Hati-hati wool pad sifatnya abrasive jadi hanyak untuk compound saja bukan untuk fine polish apalagi waxing.
 gambar 6 - backing plate dengan system velcro
 gambar 7 - backing plate 7 inch
 gambar 8 - baut M16
 gambar 9 - woolpad dengan velcro untuk menempelkan pada backing plate
Karena woolpad sifatnya abrasive, newbie beli foam pad 3M untuk compounding pad warna putih dan polishing pad warna hitam. Keduanya berukuran 8 Inch. Pastikan ukuran pad lebih besar daripada backing plate nya supaya tidak terjadi ketidak sengajaan backing plate menggores langsung ke cat.
 gambar 10 - 3M Foam Compounding Pad
 gambar 11 - 3M Foam Polishing Pad
 gambar 12 - backing plate 7 inch dengan foam pad 8 inch
 gambar 13 - foam pad system velcro
Karena besarnya pad, dan kebetulan dulu (lagi-lagi dah lupa belinya tapi dah lama banget) beli di kaskus, seingatku harga 100 ribu dapat 1 hand pad (backing plate tapi dipegang dan dioperasikan dengan tangan) dengan system velcro, 3 foam pad untuk compound, polish, wax, ketiganya merupakan pasangan dari handpad yang bersystem velcro. Serta bonus wax applicator foam berwarna kuning (gambar 14)
 gambar 14 - handpad 3" dan foam 4"
 gambar 15 - handpad 13" dan foam 4"
 gambar 16 - system velcro
Handpad sendiri terbuat dari bahan foam yang agak keras tapi lebih lunak dari plastik. Untuk menjadikan handpad ini bisa dipasang pada rotary polisher maka perlu diberi mur M16.
 gambar 17 - Mur M16
 gambar 18 - mur M16 dipasang pada rotary polisher
 gambar 19 - kira-kira seperti ini
Gunakan pisau cutter untuk melubangi handpad supaya mur M16 tersebut bisa tertanam di dalamnya.
 gambar 20 - lubangi hand pad
 gambar 21 - masukkan mur ke dalam hand pad
 gambar 22 - test pasang
 gambar 23 - terpasang
sebenernya ga perlu mur pengunci lagi seperit gambar 23. Test putar pada kondisi ini hasilnya cukup kuat, handpad tidak terpental keluar karena gaya centrifugal. Tapi untuk amannya tetap haru direkatkan. Newbie pakai super glue.
 gambar 24 - rekatkan dengan superglue
 gambar 25 - hasil perekatan mur ke handpad
 gambar 26 - tes hasil lem
Mur terpasang kuat, test angkat handpad dengan beban berat rotary polisher, cukup kuat sampai rotary polisher bisa diangkat.
 gambar 27 - test putar sampai speed level 3
 gambar 28 - test putar
gambar 29 - putar dan tekan pakai tangan
Test ke body kulkas, kebetulan dekat kulkas jadi test dipoles heheheheh, maknyus kuat.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar