Trouble shoot starter kadang mau hidup, kadang ga mau hidup {susanto AIC-250}

gambar 1 - motor starter aerio
Ceritanya dulu pernah ngalamin starter mobil gak mau hidup, cuma ada bunyi tek...tek....aki sangat normal, coba diulangi lagi cabut kunci masukin lagi buat starter eh bisa hidup....setelah kejadian beberapa kali bikin panik juga, akhirnya konsultasi dengan master aerio om dix dan om agus...solusi diberikan yaitu pasang relay, akhirnya kebengkel terdekat dipasang lah relay (gambar 2).

gambar 2 - aerio relay starter
setelah berjalanya waktu..lupa kira"nya mungkin 1 th lebih, kejadian itu muncul lagi saat ini, alias gak mau distarter bukan susah di starter yak, cuma ada bunyi tek...saat kunci kontak diputar....dicoba beberapa kali hidup juga mobil, dipake beberapa hari normal aja, bisa di starter trus....karena bikin gak nyaman dan waswas kalo ngadat lagi, akhirnya konsultasi lah ke master dix dan agus...karena by phone dan bbm aja jadi susah jelasinya...cuma pada intinya suruh cek dulu semua konek relay, relay dll, udah diperiksa bagus, akhirnya atas saran master agus dan keinginan saya sendiri juga, untuk service alias bersihin dinamo starternya, karena dari awal ini mobil belum pernah bongkar tuh dinamo starter.

ternyata sulit juga bongkar dinamo starter aerio, letaknya yang dibelakang mesin dan dibawah bikin susah nyopotnya, setelah bisa dicopot dan dibongkar.....taaa.....daaaa......ternyata ada 1 brush holder yang macet (areng yg macet gak mau gerak) jadi ini yang bikin ngadat starter, (ane pake kata areng aja deh soalnya artinya agak bingungin kalo pake brush = sikat heheheh)
gambar 3 - aerio dinamo starter set
gambar 4 - dinamo starter dibongkar
gambar 5 - brush holder lama dengan carbon brush mengganjal
gambar diatas dinamo starter set dan setelah bongkar tuh dinamo starter, unitnya kotor sekali karena arengnya yang macet itu, karena udah agak dibersihin jadi kurang keliatan kotornya, aslinya hitam carbon didalem motornya.
nah untuk areng sendiri ada 4, yang 2 itu nempel seperti digambar , brush holder namanya, nah itu yang macet dimobil ane, nah yang 2 lagi nempel dibody, kalo yang rusak brush holder bisa langsung beli setnya trus pasang (ini macet pernya, kalo cuma areng aja yang abis bisa cuma ganti arengnya aja), kalo areng yang dibody yg abis, harus dicopot dulu pake solder kalo gak salah.
intinya 4 areng masuk semua di brush holder ini, 2 udah nempel di brush holder, yg 2 lagi dari body dipasang ke brush holder ini. mudah"an ngerti nih, ane jg bingung jelasinya hahahah

gambar dibawah ini mungkin bisa memperjelas, ini setelah diganti baru brush holdernya dan dibersihin dinamonya, kinclong lagi hehehehe
gambar 6 - brush holder new
gambar 7 - sudah dibersihkan semua
setelah semua selesai, akhirnya dicoba starter, langsung jos gandosss, bunyi starternya kek mobil baru :lol:
waktu pengerjaan 1 jam 20 menit, montir cukup 1 :mrgreen:

biaya yang dikeluarkan
ongkos kerja 75.000
wd kecil 35.000
gemuk kecil 9.000
brush holder 35.000
Total 154.000 diskon 4.000
Grand total 150.000
sisa wd dikit sama gemuk masih banyak dikasih ke mekaniknya, angep tips dari ane, plus ane tambah 10.000 buat beli rokok :mrgreen:
nama bengkel tangomotor, ruko daanmogot baru, deket rumah ane :mrgreen:

thx buat suhu dix dan suhu agus atas saran dan bantuanya

by santo
sumber : forum AIC

Comments

  1. Masala yang sama di Aero ane, bawa ke beres disana penyakitnya nggak kambuh,, bawa pulang baru kambuh lagi tu penyakit, saran dari mekanik katanya dinamo starter, beli 1 set harganya 5000k, tapi mekanik bilang bawa aja ke servicenya dinamo, pas di buka kotornya minta ampun,, indikasi service dinamo brush kalah salah satunya,, plus selenoidnya juga sudah kalah,, diganti dan saat ini lagi dipasang sama beres,, mudah2an penyakitnya sembuh,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo selenoid itu fungsinya buat apa ya?apa bisa di service juga kalo rusak,
      saya mengalami masalah seperti ini di corona absolut

      Delete
    2. Solenoid tu fungsi nya sbg relay di starter. Tiap dinamo starter mobil maupun motor pasti ad solenoid nya. Jd kalo starter kita ngadat kayak di atas trus sm mekanik di suruh tambah relay, itu gk gt ngaruh ya krn solenoid bawaan mobil tu ud cukup bagus mendistribusikan arus listrik. Mending di cek aja dl semua jalur dr aki ke kontak trus ke dinamo. Kalo tegangan yg keluar turun jauh dr tegangan aki, berarti jalur tsb bny hambatan dan itu yg membuat arus gk lancar ke starter. Kalo tegangan bagus baru cek dinamo + solenoid. CMIIW ✌️😁

      Delete

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G