Sabtu, 17 Mei 2014

DIY : Bersihkan ECT Sensor Aerio penyebab rpm idle naik turun {niladyo}

 gambar 1 - lokasi ECT sensor, lebih enak setelah buka cover engine plastik
http://otodiy.blogspot.com

Beberapa minggu lalu, ada gejala start engine pagi hari, putaran stationer  cepet turun, sedikit naik lagi, sebelum ganti OCV, header dll. Bayangan pasti ini kalau bukan area ISCV kotor, gasket TB (Throttle Body) udah waktunya ganti, karena terakhir buka TB dari lihat memo - "Clean up TB, 14 maret 2014", masih pakai gasket orisinil..:). 
Persediaan gasket TB belum akan dipasang sebelum membuka TB jadi 2 bagian, berhubung dari 4 baut, hanya 3 baut terakhir yg bisa terbuka dengan impact driver, sisa 1 - daripada pecah konyol, minta tolong Beres BIT, sekalian ganti baru baut2 4 biji tempat idle up, dan 2 baut di sensor TPS. 
Ok, akhirnya setelah ganti OCV, semua jadi smooth sedia kala. Hanya masalah pagi hari start - rpm idle gak smooth turunnya.
Coba buka sensor ECT, yg sepertinya seumur2 mobil belum pernah kebuka, baca2 blog DIY Singachu, rupanya gejala sama, cocok nih. 
Cabut socket, buka baut ECT, memang kotor rusty look. Amplas, bersih cling ala copper. Sewaktu buka sensor ECT, buka dulu tutup rad, supaya tekanan air sedikit berkurang, menghindari air dari drat atau ulir base ECT muncrat. 
Akhirnya, pasang sensor ECT berikut socket, klik, dan rupanya banyak juga refill air rad hampir 400cc mungkin. Start engine normal kembali, rpm turun smooth tidak hunting seperti sebelumnya.

 gambar 2 - Sensor ECT masih rusty look
gambar 3 - Sensor ECT setelah clean up

by Niladyo
sumber : BB AIC Surabaya

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar