DIY : Bersihkan ECT Sensor Aerio penyebab rpm idle naik turun {niladyo}
gambar 1 - lokasi ECT sensor, lebih enak setelah buka cover engine plastik
http://otodiy.blogspot.com
Beberapa minggu lalu, ada gejala start engine pagi hari, putaran
stationer cepet turun, sedikit naik lagi, sebelum ganti OCV, header
dll. Bayangan pasti ini kalau bukan area ISCV kotor, gasket TB (Throttle Body) udah
waktunya ganti, karena terakhir buka TB dari lihat memo - "Clean up TB, 14 maret 2014", masih pakai gasket orisinil..:).
Persediaan gasket
TB belum akan dipasang sebelum membuka TB jadi 2 bagian, berhubung dari 4
baut, hanya 3 baut terakhir yg bisa terbuka dengan impact driver, sisa 1
- daripada pecah konyol, minta tolong Beres BIT, sekalian ganti baru
baut2 4 biji tempat idle up, dan 2 baut di sensor TPS.
Ok, akhirnya setelah ganti OCV, semua jadi smooth sedia kala. Hanya masalah pagi hari start - rpm idle gak smooth turunnya.
Coba buka sensor ECT, yg sepertinya seumur2 mobil belum pernah kebuka, baca2 blog DIY Singachu, rupanya gejala sama, cocok nih.
Cabut
socket, buka baut ECT, memang kotor rusty look. Amplas, bersih cling
ala copper. Sewaktu buka sensor ECT, buka dulu tutup rad, supaya tekanan
air sedikit berkurang, menghindari air dari drat atau ulir base ECT
muncrat.
Akhirnya, pasang sensor ECT berikut socket, klik, dan
rupanya banyak juga refill air rad hampir 400cc mungkin. Start engine
normal kembali, rpm turun smooth tidak hunting seperti sebelumnya.
gambar 2 - Sensor ECT masih rusty look
gambar 3 - Sensor ECT setelah clean up
by Niladyo
sumber : BB AIC Surabaya
salam kenal.. mantep nih nemu blog suhu aerio..makasih om ilmu nya
ReplyDelete