Selasa, 27 Mei 2014

DIY : fixing kabel transmisi matic Aerio yang tidak bisa pindah gigi P R N D L {beersweeling}

 gambar 1 - Cable Select Assy Matic Aerio
http://otodiy.blogspot.com
Mobil Aerio cuman bisa di D aja, yang lain loss.... Bila tuas matic dipindah-pindahkan berasa enteng banget. Kejadian mirip dengan cable selector maticnya yang putus, setelah di cek di ruang mesih, di depan rumah transmisi matic (gambar 1 dan 2), ternyata di bagian depan tersebut normal, tidak ada bagian yang lepas. Coba-coba geser tuas yang di depan, ternyata bisa masuk ke posisi P.... Bila kunci kontak di ON tanpa menyalakan mesin, sekarang indikator matic di speedometer sudah pindah ke P, asalnya tadi cuman di D dan ga bisa pindah. Sekarang dari dalam masih ngeloss....Hmmm berarti harus cek yang di bagian console tengah, berhubung sudah malam lanjut besok saja, untung kejadiannya sudah di depan rumah.

 gambar 2 - dicek dan digerakkan ternyata bisa pindah ke P
Setelah buka console tengah berdasarkan panduan di sini, nampak di gambar 3, cable selectornya copot dari mekanisme tuas transmisi matic. Nampak patahannya di gambar 4. Udah getas, bahan sepertinya dari karet yang sudah lama, makin getas gampang hancur.
 gambar 3 - copot dari selector
gambar 4 - patahan
Tadi sempat ke Atrium di toko Sentosa Motor, harus beli satu set dari ujung dalam ke ujung depan seharga 605rb. Akhirnya diakali dengan menggunakan karet tabung gas LPG (gambar 5), hasilnya pas banget dan dikunci dengan cable ties (gambar 6) biar ga geser-geser ke samping dan lepas lagi.
 gambar 5 - subsitusi dengan karet tabung gas
gambar 6 - ujung ditahan cable ties
Sekarang udah normal kembali

by beersweeling (Galih Prasojo)
sumber : BB

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar