DIY : Proses pembuatan remote TV rumah untuk remote steering Grand Livina {kedensa}

 gambar 1 - remote TV rumah
http://otodiy.blogspot.com
Kembali dengan Modif Orang pinggiran dengan Custom Remote Steering yg udah saya posting sebelum nya...

berikut bahan2 yg di perlukan..
1. Knop Remote Steering
2. Remote2 apa aja boleh sesuai dengan selera design masing2 tapi kalu bisa ukuranya di sesuaikan dengan Knop RS nya
3. Bor Micro Set.. ( ini buat pengertjaan yg sangat detail )
4. Dempul Isamu / Merk lain juga boleh
5. Amplas dari yg kasar sampe yg Alus
6. Cat dasat di sesuaikan dengan warna penutup
7. cat penutup .. cat yg saya pake itu Merk RJ.. saya pilih cat itu karna semburan embun catnya bagus
8. Switch Micro SMD
9. Mika / Acrilik
10. Lem besi Korea yg warna orange.. kalu lem besi power glue itu kurang kuat menurut saya
11. kopi + Cemilan

untuk pengerjaan nya yaa simpel2 aja.. cuma tinggal ketelitian dan kesabaran aja. jangan terlalu nafsu n terburu2. tapi sedikit Tega karna bobok Knop Oem nya.

1. sesuaikan bentuk remote yg di inginkan. Lalu di Mal Knop RS nya... setelah yakin n Tega... hajar... BOBOK Knop.
 gambar 2
 gambar 3
 gambar 4
 gambar 5
 gambar 6
 gambar 7
Contoh gambar di atas ini adalah pengerjaan pertama kali / Ujicoba saya pada awal pembuatan dengan menggunakan Remote TV LG.
setelah jadi, ternyata kurang enak saat tekan tombolnya.. karna Button remote LG terbuat dari karet lebek jadi kurang cocok buat saya..

akhirnya saya cari ide lagi, untuk Rombak total ulang RS ini dan saya cari Remote yg sesuai dengan keinginan..
Akhirnya ketemulah Remote yg di maksud.. ternyata remote dari merk Pioneer type CXB.. naaahh yg jadi masalah remote ini agak susah nyari yg loakan.. yg saya suka dari Remote Pioneer ini Button nya terbuat dari Plastik keras.. jadi saat menekan tombol button RS nya lebih berasa Paten. . tapi bisa juga dengan remote yg lain asalkan tombol Button nya terbuat dari bahan Plastik. tapi semua itu kembali ke selera masing2.


di gambar 1 contoh remote yg mungkin bisa di akalin

Remote yang saya pake bentuknya seperti ini :
 gambar 8 - Pioneer CXB
Rombak Total RS Custom, setelah rombak :
 gambar 9
 gambar 10
 gambar 11
 gambar 12
Setelah jadi.. lalu pembuatan dudukan PCB menggukan Mika / Akrilik bentuk di sesuaikan.
berikut pada gambar yg setelah jadi :
 gambar 13
setelah itu.. pengerjaan pada PCB untuk menggunakan Switch SMD Micro.. dan pemasangan Resistor dengan berbagai Nilai untuk membedakan nilan Switch yg di tekan.. masing2 Switch menggunakan 1 Resistor dengan nilai yg berbeda. dan membuat Jalur yg di butuhkan untuk menuju Kabel Output yg di selipkan menggunakan Skun untuk di tancapkan ke Socket Klakson steering.
berikut penampakannya : 
 gambar 14 - pekerjaan komponen PCB
 gambar 15 - pekerjaan komponen PCB 
setelah itu lakukan pengetesan ke HU. jika HU tidak ada Fasilitas RS nya.. bisa menggunakan IR Box seperti yg saya pake saat ini.. karna HU saya belum menggunakan RS tapi sudah ada remote nya. Type HU saya JVC KWR500 copotan dari Brio.

mengenai penjelasan Nilai Resistor dan button Switch SMD nya bisa cari sendiri postingan Om Syahrul... karna untuk pembuatan Electro RS ini semua saya serahkan ke Profesornya. 

setelah semuanya OK...
Warnai RS sesuai selera... 
 gambar 16 - finishing
gambar 17 - finishing
setelah kering... lalu pasang kembali RS ke tempat asalnya....
 gambar 18 - Custom Remote Steering Old Grand Livina - Langka
 gambar 19 - Custom Remote Steering Old Grand Livina - Langka
gambar 20 - bannernya
Total pengerjaan kurang lebih 1-2 minggu.. karna tergantung mood juga sih hehehehe...

Demikian Tutor RS Custom Old Grand Livina Langka..

Sekali lagi... Sory n maap bagi para penjual RS Livina.. bukan saya bermaksud merusak penjualan kalian.. ini hanya luapan Creativintas Anak bangsa.. Ide orang Pinggiran

kalu ada yg mau bertanya monggho... 

Salam Klik - Ciiiiaaauuuuu......  

by kedensa
sumber : kaskus KLIK

Comments

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}