DIY : {Galagajrut} Ganti radiator Aerio dengan alternatif Taiwan
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6187369&page=275
Ini penampakan Radiator baru Oreo...bukan SGP tapi bikinan Taiwan...Merk-nya kagak ada...serius nih, gw udah lihat kanan kiri kagak ada merk-nya ...cuman ada tulisan Aerio-04....kagak ada yg laen....
perbedaan tutup Radiator bawaan Merk taiwan dan Nippo Denso.
Kwalitas Finishing lebih baik punya Nippo Denso...jadi gw putusin pakai yg Nippo aja..soalnya juga masih baru kok...baru pakai sebulanan tuh.....
I love the looks...Precision makes good impression !
Alat2 yg dibutuhkan buat membuka Radiator di Oreo ternyata cuman butuh 3 pieces ini dan satu penggembira.......
Tang, Screw driver Star , Kunci Pas 10"...dan tentu saja Smoking !.......
membuka Radiator Aore dari engine Bay, ternyata hanya cukup membuka dua Mur yg ada di Hood depan....Nothing more...Nothing Less.....nenek Gw aja pasti bisa dah...dijamin.......
Tips buat sealant :
Cari yang cepat kering.
beli yg ukuran sedang aja...karena pemakaian-nya cuman dikit.
pemakaian usahakan merata dan tipis saja...kebanyakan sealant malah mengganggu nantinya.
jangan salah merk Vigel yah.....
Unit radiator baru Ini...tadi barusan gw coba running di 20 KM saja...dan hasilnya langsung Mampet...kagak ada yg ngiler lagi.
Puas banget dah.....Murah meriah pula......
Kalau tempat Belinya di Sumber Cahaya
BSD autopart Blok E no 25-26 Serpong Tanggerang.
Telp : 021-68601548
Contact : Jimmy
Harga Radiator gw tebus di 1.2 juta. (bilang cari radiator aerio AF31)
Xtra Cool : Rp 45.000
Sealant Pioneer : Rp 12.000
Rokok : Rp 9.000......
by Galagajrut
Kali ini gw pengin sharing mengenai cara2 DIY nge-ganti radiator Suzuki Aerio...mumpung liburan, jadi ada waktu buat ngoprek sendiri Oreo.....
Sapa tahu bisa memberi inspirasi ke member yg lain....tul nggak Om ?.....
Yuk dimulai dulu dari Radiator lama.
Ini penampakan Radiator yg udah pensiun.
Sapa tahu bisa memberi inspirasi ke member yg lain....tul nggak Om ?.....
Yuk dimulai dulu dari Radiator lama.
Ini penampakan Radiator yg udah pensiun.
gambar 1 - radiator lama
Ini biang kerok kebocoran...udah parah...dua kali di coba Tambal tapi jebol terus...jadi drpd buang2 duit dan waktu...mending dipensiunkan saja.
gambar 2 - radiator lama
Radiator coolant yg gw pakai....Ukuran isinya yg 5 liter...merknya Xtra cool...atau bahasa Gaulnya Xtra muyaaaaah....
Usahakan cari yg ukuran 5 liter...karena dipasaran ada yg cuman 1Galon alias 4 literan.
Kalau satu galon, pasti kagak cukup Om but Radiator Oreo....harus beli dua tuh...khan sayang....
Usahakan cari yg ukuran 5 liter...karena dipasaran ada yg cuman 1Galon alias 4 literan.
Kalau satu galon, pasti kagak cukup Om but Radiator Oreo....harus beli dua tuh...khan sayang....
gambar 3 - radiator coolant
Ini image perbandingan radiator lama dan yang Baru secara close.
Bagai pinang dibelah dua dah...bedanya cuman ada di tulisan doank keliatanya.....
Bagai pinang dibelah dua dah...bedanya cuman ada di tulisan doank keliatanya.....
gambar 4 - raditor lama dan baru
Ini penampakan Radiator baru Oreo...bukan SGP tapi bikinan Taiwan...Merk-nya kagak ada...serius nih, gw udah lihat kanan kiri kagak ada merk-nya ...cuman ada tulisan Aerio-04....kagak ada yg laen....
gambar 5 - radiator baru made in Taiwan
Kwalitasnya sih OK kalau dibandingkan sama yg SGP.....sama persis...yg SGP ada tulisan SAE...yg Taiwan Kagak.
Bikinannya halus dan presisi....baik itu Fins ataupun paltic TOP dan Bottom....nggak nyangka juga sih.
Gw beli ini radiator cuman Rp 1.2 Jt di Sumber cahaya - sentra Oto Serpong....kalau yg merk SGP kena 2,6 juta.....
Bikinannya halus dan presisi....baik itu Fins ataupun paltic TOP dan Bottom....nggak nyangka juga sih.
Gw beli ini radiator cuman Rp 1.2 Jt di Sumber cahaya - sentra Oto Serpong....kalau yg merk SGP kena 2,6 juta.....
gambar 6 - kualitas buatan bagus
perbedaan tutup Radiator bawaan Merk taiwan dan Nippo Denso.
Kwalitas Finishing lebih baik punya Nippo Denso...jadi gw putusin pakai yg Nippo aja..soalnya juga masih baru kok...baru pakai sebulanan tuh.....
gambar 7 - kualitas tutup lebih bagus ND
I love the looks...Precision makes good impression !
gambar 8 - presisi
Alat2 yg dibutuhkan buat membuka Radiator di Oreo ternyata cuman butuh 3 pieces ini dan satu penggembira.......
Tang, Screw driver Star , Kunci Pas 10"...dan tentu saja Smoking !.......
gambar 9 - alat-alat
membuka Radiator Aore dari engine Bay, ternyata hanya cukup membuka dua Mur yg ada di Hood depan....Nothing more...Nothing Less.....nenek Gw aja pasti bisa dah...dijamin.......
gambar 10 - lepas 2 mur saja
Setelah itu.....langkah selanjutnya adalah menarik radiator ke arah atas supaya lepas dari Hood .
Kalau pengin gampang....lepas dulu semua mur yg mengikat dari fans....jumlahnya ada 8 mur utk dua Fans yg ada.
o iya...jangan lupa melepas semua selang dan Pin kabel yg nempel di bagian radiator dan fans......
Kalau pengin gampang....lepas dulu semua mur yg mengikat dari fans....jumlahnya ada 8 mur utk dua Fans yg ada.
o iya...jangan lupa melepas semua selang dan Pin kabel yg nempel di bagian radiator dan fans......
Selanjutnya...setelah raditor lama dan Fans turun semua.....kini soal masang Fans ke Radiator baru.
Perlu dicatat...proses memasang Radiator baru ke Hood Aerio ada dua :
1. dengan memasang Fans dahulu di radiator sebelum dipasang ke hood kembali
atau
2. memasang radiator dulu ke hood, baru fans dipasang kemudian.
Cara nomer dua lebih enak sebenarnya...terutama pd proses mounting Radiator ke Hood...lebih nggak ribet dan cepat masang-nya.....
Perlu dicatat...proses memasang Radiator baru ke Hood Aerio ada dua :
1. dengan memasang Fans dahulu di radiator sebelum dipasang ke hood kembali
atau
2. memasang radiator dulu ke hood, baru fans dipasang kemudian.
Cara nomer dua lebih enak sebenarnya...terutama pd proses mounting Radiator ke Hood...lebih nggak ribet dan cepat masang-nya.....
gambar 11 - lebih enak fan dipasang belakangan
Sebelum dipasang di Hood....jangan lupa mengambil karet dudukan radiator bawah di Rad lama yah....karet ini fungsinya menempatkan Rad pada tempatnya.
masangnya cuman ditempelin doank.....
masangnya cuman ditempelin doank.....
gambar 12 - pindah karet lama ke radiator baru
Nah kalau dirasa...karet selang atau besi saluran air ke mesin dan radiator sudah longgar atau mulai terkorosi...ada baiknya menambahkan Sealant sebagai penutup Gap yg ada...tapi kondisi semuanya masih Nyooos, pemakaian sealant ini nggak diperlukan kok.
Ini gw pakai yg dibagian besi saja.
Ini gw pakai yg dibagian besi saja.
gambar 13 - sealant
gambar 14 - oles sealant
Tips buat sealant :
Cari yang cepat kering.
beli yg ukuran sedang aja...karena pemakaian-nya cuman dikit.
pemakaian usahakan merata dan tipis saja...kebanyakan sealant malah mengganggu nantinya.
jangan salah merk Vigel yah.....
Langkah terakhir adalah memasukan Air radiator.
Usahakan jangan pakai Air PDAM...tapi yg dijual di pasaran sebagai Coolant aja.
Air PDAM bikin karatan dan berlumpur kalau kelamaan didalam radiator....meneyebalkan dah....
Usahakan jangan pakai Air PDAM...tapi yg dijual di pasaran sebagai Coolant aja.
Air PDAM bikin karatan dan berlumpur kalau kelamaan didalam radiator....meneyebalkan dah....
gambar 15 - tuang coolant
Ini Hasil akhri setelah radiator dipasang di Hood Oreo....refreshing jadinya lihat yg kinclong2 begitu......
gambar 16 - terpasang dengan kinclong
Unit radiator baru Ini...tadi barusan gw coba running di 20 KM saja...dan hasilnya langsung Mampet...kagak ada yg ngiler lagi.
Puas banget dah.....Murah meriah pula......
Kalau tempat Belinya di Sumber Cahaya
BSD autopart Blok E no 25-26 Serpong Tanggerang.
Telp : 021-68601548
Contact : Jimmy
Harga Radiator gw tebus di 1.2 juta. (bilang cari radiator aerio AF31)
Xtra Cool : Rp 45.000
Sealant Pioneer : Rp 12.000
Rokok : Rp 9.000......
by Galagajrut
Om... air radiator saya cepat sekali habis. Ketika saya cek di radiator ada rembesan coolant di atas radiator om... disekitar pinggirannya. Itu sebabnya apa om. Gimana cara perbaikannya selain ganti radiator?
ReplyDeleteRadiator sx4 bisa masuk gk om ke aerio?
ReplyDelete