DIY : {senz898} Tambal dudukan selang atas fuel pump dan ganti packing seal busi Aerio

sumber :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6716096&page=427

http://www.kaskus.us/showthread.php?p=397546313#post397546313
Wow...udah lama ga posting di kaskus..

gambar 1 - fuel pump bocor di selang

gambar 2 - buka head cover


Kmrn baru kena penyakit beruntun aerio gw...
1. Pump Bocor di bagian atasnya,mgkn di bawa service sama yg punya dulu sblm ane bli ternyata selang2 juga udah ga standart lg...
Selang aslinya bentuk pipa besi klo ga salah...nah yg punya gw udah selang biasa...cape d...
Nah selangnya itu ga nahan tekanan pump sama kena bensin terus2an...akhirnya kmakan d ntu selang..
Untung ktauan bocornya di rumah,pas mw kluar..kalo di jalan brabe jadinya..

Untungnya gw search di google cara buka tangki bensin aerio,nemu blognya centraltech8
Skalian d ane add ym nya buat konsultasi sedikit..
Thank You bro...
Dari sana d gw praktekin...skrg udah beres mslhnya..Selangnya terpaksa gw cari yg bagus daripada gw bli selang ori kn mahal...

2. Paking seal busi
Dah bocor parah jadinya skalian gw tuker aj tadi..belajarnya juga dari blog centraltech8..hahaha...
Cuma bli paking head cover + seal busi 110k
berguna bgt klo ada di share keq gt...

Ktauannya pas mw bersihkan busi,
eh businya basah,gw pkr udah kena ring sehernya...
pas gw liat di elektrodanya masi bagus pembakarannya...
cuma di drat2 businya aj basah smua...
dari sana ktauan klo seal businya yg bocor.. hehehe...


3. Idle up AC naik turun
Nah gw baca di blog centraltech8 buka TB n skalian bersihkan idle up AC..
Udah keburu mlm tadi gw pasang tangki,jadinya ga sempat lagi bongkar TB..Akhirnya gw semprot2 aj pake carb cleaner..Ternyata idle up AC nya masi ga normal..
Jadi pas AC idup rpm ga naik & ga juga turun...Nah pas AC nya otomatis mati,RPM nya mlh naik...
n gw liat keqnya koq otomatis AC nya ga normal ya??Tik Tak di kompresor AC nya ga stabil...Kadang bisa 4 kali berturut2 bunyi Tik Tak nya...

Binggung juga jadinya..ini gara2 idle up ato kompresor AC nya yg brmasalah???Ad yg bisa bantu ga solusinya??Masi blm nemu nih smpe skrg..Apa ada sensor lain yg bermasalah??
Mohon pencerahannya ya..

by senz898

Quote:
Originally Posted by singachu View Post
super mantep neh....diskusi tingkat tinggi untung master CT8 turun tangan

tik tak mungkin ga gara2 magnetic clutch dan obatnya di dorong2 aja plat penekannya biar rata ?

regards,
singachu
hallo bro..
apa kabar nih ??
wew...plat penekan mana yg di dorong yah bro??

Quote:
Originally Posted by the_sixth_sense View Post
ntuh yg bocor selang bensin apa selang aer?

soal idle up.... rasa nya kalo tb nya kotor... tanpa ac pun rpm nya ga stabil...
cek idle up ac nya ajah duluw.....
Selang bensin yg kluar dari fuel pump bro..aslinya kn selang pipa yg socketnya susah di buka..nah punya gw udah ga asli lg..pake selang biasa yg pvc or karet itu jenisnya.. (
Mknya bocor jadinya...

Quote:
Originally Posted by kinaskinus View Post
iya om aerio diceperin, aerio ane masih lumayan tinggi kok, mentok mentok dikit ke poldur gpp deh asal gaya hahaha dasar abege
Wkwkwkwkwk....mudah2an makin keren aerionya bro..

Quote:
Originally Posted by centraltech8 View Post
jadi pas mesin panas kompresor ac nya mati idup ya om ?

kalo TB uda beres coba ke tukang ac cek ac nya.. kelebihan freon kompresor mati idup juga

STP jgn pake om.. itu gak efektif...
pokoknya carb jet tu kalo gak salah product soft88

bentuk nya foam DCS sama GZOC juga oke kok

kalo yg cairan bening itu ya wajar aja gak efektif
Nah tadi gw baru buka TB bro...emank kotor bgt sih dlmnya...
Idle up AC yg bukanya pake kunci bintang itu ga bisa di buka bro,,gw mw bli kunci bintangnya ga ada yg jual..binggung koq susah x nyarinya...
Kata orang toko sih itu kunci bintang 5 sudut...
Nah yg di jual mereka itu sudut 6.. (

Jadinya gw ga buka idlenya..cuma semprot2 pake carb jet di 2 lobang yg menuju k idle itu...
Sisanya gw bersihkan smpe kinclong...
Yg di lobang TB itu gw pakein autosol..hehehe..
Cuma sayang lupa gw foto bro...abis tangan kotor bgt...

Nah report abis pemasangannya :

1. Idle up jadi agak tinggi RPM nya,apa mungkin gara2 gw copot kabel ground aki dari smlm...jadi ecu nya reset or gmn yah??

2. Pas di bawa jalan makin oke tenaganya..berasa bgt...

3. Pas Idle up suara dari knalpot ga nembak2 lg..

4. Pas idle buka AC masi blm beres juga bro..keqnya mslhnya ada di magnetic cluthnya klo feeling gw..

Ow yah soal carb jet,gw pake merk megacool bro...yg keq baygon wktu di semprot (cairan bening)..Soalnya udah terlanjur beli...

Klo yg foam blm prnh nyoba...

by senz898

Quote:
Originally Posted by singachu View Post
yup coba tekan2 lagi aja, dapet tips dari bengkel AC, trus dipraktekin ama om CT8 dan berhasil : http://otodiy.blogspot.com/2011/01/diy-centraltech8-menghilangkan-bunyi.html

kali aja sama

regards,
singachu
Thanks bro refrensiinya...Tadi siang baru abis k tukang AC...
Katanya kmungkinan otomatisnya...skalian service aj...
Jadi gw blg aj hari minggu sempetnya..
Eh,ga taunya pas plg dari sana udah ga ada lg problem idle kmrn...
Aneh juga ga tau knp,soalnya tadi skalian benerin alarm apa mgkn ada kabel yg kesenggol2 yah??binggung juga..hehehe..
by senz898

Numpang nampangin aerio gw yg standard2 aj..
gambar 3 - mobil

Fotonya pas km 85.000..udah mature juga nih...
gambar 4 - Odometer

Nih iseng2 gw fotoin kmrn pas tuker seal busi + paking head cover
gambar 5 - buka head cover


Ini dia nih soal fuel pump kmrn yg retak gara2 mungkin di buka paksa :(
gambar 6 - fuel pump bocor di selang
Untung setelah di lem balik pake dextone 2 ton ga bocor lg..tp ga tau tahan brp lama...Ow yah yg di lem itu jalur bensin balik ke fuel pump..

Harga pakingnya gw bli yg komplit bro..jadi paking head covernya menyatu sama seal businya..lbh murah..
gw bli cuma 110k..

Nah klo beli yg terpisah agak mahal...untuk seal businya aj 1 pcs 35k
kalo 4 pcs udah 140k blm termasuk paking head cover..

Ini ada gw foto kmrn paking yg gw bli..
gambar 7 - packing

gambar 8 - packing

gambar 9 - Camshaft

gambar 10 - Camshaft

Model VVT nya aerio..Rantai timingnya kliatan kokoh bener ya bro..

gambar 11 - Timing Chain

gambar 12 - Timing Chain

by senz898

Comments

  1. siang om
    saya ada kendala di fuel pump motor versa karena tiba-tiba motor brebet dan mati total ga bisa distater walau sudah ganti busi dan aki baru ....setelah dicek dibengkel ternyata fuel pumpnya ada yang patah pas selang atasnya mohon bantuanya bagaimana menyambung pipa yg patah tersebut saya sudah coba dengan lem power korea dan lem besi hitam putih tapi tetap tidak bisa ...txs

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}