DIY : Troubleshoot kebocoran oli mesin di Next G
Tanggal 30 Des 2011, ada acara "keliling Surabaya" pas ngecek kondisi Next G eh kok lelehan oli di dek plastik, cek dipstik dah ga ada oli sama sekali tapi lampu indikator tekanan oli belum menyala. Buru-buru karena acara terpaksa pakai Aerio dulu. Besoknya baru sempet cek. Wow parah bener klihatannya.
gambar 1 - Penampakan yang bikin kaget
gambar 2 - Sisa oli setelah didiemkan sehari semalam
Tanggal 30 waktu dicek kondisi mesin baru menyala, tanggal 31 pagi cek lagi kondisi belum dinyalakan, dan oli cuman secuil di bawah level minimum.
gambar 3 - penampakan beroli, exhause manifold pun basah
gambar 4 - Penampakan beroli
gambar 5 - Dek plastik basah oli
gambar 6 - Belakang roda dan mudguard basah oli
gambar 7 - Arm dan link stabil basah oli
gambar 8 - Subframe basah oli
gambar 9 - Exhause dan oli pan bawah basah oli
gambar 10 - Baut pembuangan oli
gambar 11 - Baut pembuangan oli
gambar 12 - Oil pan sisi kanan dan kompresor AC pun basah oli
gambar 13 - Filter oli dan kompresor AC
gambar 14 - filter oli
gambar 15 - Subframe dan stabiliser basah oli
gambar 16 - Subframe belepotan oli
gambar 17 - Crossmember basah oli, atasnya ada genangan oli juga
Setelah coba ngolong dan liat-liat kondisi dari bawah, dugaan mengarah pada :
- Filter Oli
- Baut pembuangan
- Oil Pan
- O Ring Filter Oli Adapter
Dari pengalaman oli matic yang rembes dan kena velg roda, memang sepertinya terlihat bocor parah karena ada di mana-mana, rada-rada susah juga nih carinya. Coba bersihin dulu pakai ditergent untuk mempermudah pemantauan lagi.
gambar 18 - salah satu tersangka awal
Dari proses setelah dibersihkan, didapati O Ring Filter Oli tidak ada rembesan, dan ternyata dari filter oli kembali terlihat lelehan oli tapi hanya dikit saja. Lelehan bukan dari mulut filter oli seperti biasa ditemui tapi bener-bener dari body filternya seperti ditunjuk tanda panah di gambar 18. Hmm kliatannya rada kecubit waktu masang filter olinya. Cuman kok ya baru sekarang bocornya padahal sudah dilakukan penggantian oli kurleb 3500 km yang lalu. Hmm kalo dari sini aja keknya ga separah kek foto-foto di atas..... sengaja tambal dulu pake sealer, ternyata masih bocor, lem pake araldite, mampet. Lanjut liat-liat curiga dari karter oli aka bak oli nih.... weh susah bener kalo mau lepas bak oli, kudu lepas exhaust dan transaxle stifftener.
Karena tiba-tiba hujan terpaksa brenti ngerjainnya.... malem beli oli murah-murah dulu untuk test kebocoran, ternyata masuk 1.5 liter :(
Besok paginya cek kebocoran ga ada sama sekali, filter oli yang ditambal lem juga tidak nampak ada lelehan, dari pinggiran bak oli sepertinya sisa oli kemaren bukan rembesan baru, cuman rada susah sih mastiinnya. Ya sudah lanjut mau ngelepas transaxle stifftener karena untuk melepas oil pan harus melepas ini dulu, tertutup soale....
gambar 19 - posisi inner cv joint kanan pada matic, ngehalangi baut transaxle stifftener
gambar 20 - baut transaxle stifftener
gambar 21 - baut stifftener
gambar 22 - baut stifftener yang kehalang inner cv joint matic
Hmmm transaxle stifftener ada 1 baut yang susah, setelah coba akhirnya bisa, ternyata ada bautnya ada 6, tidak seperti perkiraan awal yang 4 buah, pantes setelah 4 baut dicopot ntuh stifftener tetep ga goyang. 2 baut lainnya lebih parah lagi, bener-bener ga bisa diakses kecuali lepas cross member. Akhirnya putuskan biarin aja pasang lagi. Coba cek pake cermin, disenter, diraba, sepertinya ga ada rembesan dari arah sana, memang ada beroli tapi mungkin dari depan. Bibir oil pan yang depan rada beroli tebel, tercampur kotoran tapi sepertinya bukan rembesan oli semalam.
gambar 23 - skalian foto exhause port
gambar 24 - exhause port foto pake cermin, bersihin ah
gambar 25 - Coba bersihin pake carbcleaner
gambar 26 - coba bersihin
gambar 27 - Hasil bebersih exhause port
Intermesso aja, header dilepas, exhause port kliatan, hajar......
Pasang semua, test nyalain, dan ternyata filter olinya ngocor mayan kenceng...... matiin mesin. ambil cermin senter, taro penampung oli di bawah filter, nyalain mesin, cek kolong liat kebocoran lain, matiin mesin.
Ngolong cek lagi, hmm sepertinya hanya dari filter oli, kalo bocornya kek gini sepertinya reasonable kalo parah.
Ganti filter oli dah, tambah lagi olinya, ternyata sampe oli habis (1/2 liter sisa kemaren beli 2 liter) masih blom sampe ke full, gpp dah yang penting di atas batas minimum. Coba bawa puter-puter keliling kompleks, cek lagi sepertinya aman, beres-beres, taro kertas di bawah mesin, liat besok.
Besoknya test ternyata ga ada tanda-tanda tetesan oli di kertas. Bawa dah ke Surabaya ada keperluan, ke beberapa tempat pulang lagi dah jalan sekitar 22 km keknya aman. Level dipstik juga sepertinya tetep. Tadi pagi cek bawah mobil sepertinya masih aman.
Semoga sembuh
regards,
singachu
Parah banget Oom olinya sampe belepotan kemana2x untung Oom teliti sering check ruang mesin klo ga kena tuh ruang mesinnya...coba baut oli pan dikencengin dikit (pelan2x sj spy ga doll)...dulu sy pernah pan transaxle matic juga basah ga taunya bbrp baut kendor, dikencengin dikit akhirnya kering....Hehe.... Lo btw Oom Singa ini domisil bkn Sby to??
ReplyDeleteIya om, ntuh juga kebetulan aja liatnya :(
ReplyDeleteUdah dicek dibersihkan, sepertinya memang bukan dari oli pan om.....
Kalo oli matic kapan hari dah sekalian aku turunin bersihin dan ganti saringan :D
reportnya di sini : http://otodiy.blogspot.com/2011/08/diy-memperbaiki-rembes-oli-transmisi.html
regards,
singachu