DIY : troubleshoot pergantian motor fan membuat kipas jeda 2 detik dari kompresor AC Ertiga on {Arfianto S}

gambar 1 - pergantian motor fan kipas condensor / radiator Ertiga
otodiy.blogspot.com
bapak2 ibu2 sekalian....
saya mau #ask ...
barusan ganti motor fan tp kok nyalanya gak bareng ama kompresor ya? (video 1)
salahnya dimana?
video 1 - Kipas ON jeda 2 detik dari nyala kompresor AC

dgn acara inilah akhirnya secara tidak sengaja saya menemukan penyebab dari masalah fan kemarin.... 😇
gambar 2 - live data mesin terbaca lewat OBD - Head Unit Android
jadi ada 2 perintah fan ON yaitu dari compressor dan dari radiator. kalo cm salah satu yg on, yg terkirim signal LOW, nah itulah yg platnya mleset kmaren jadi ga muter.
abis itu saya ndak tau gmn ecu-nya bisa semacam detek kalo perintah LOW ga di laksanakan, dia ganti perintah HIGH skitar 2 detik kmudian.... barulah dia nyala.

Buat yg pengen tahu alatnya : https://youtu.be/tw1_K99PQ14

update, masalahnya ada satu pin di motor yg mleset seperti ini.
masalah sudah terselesaikan.
[case closed] 😇😇😇
gambar 3 - pin Low speed yang bengkok
UPDATE 18-Okt-2020 !!! :
MASALAHNYA SUDAH KETEMU.
Ternyata penyebabnya adalah soket motor terlalu lentur, ketika di colok soket dari kabel body agak mleset, mengakibatkan ada 1 soket yg tidak nyambung ke kabelnya.
Yg tidak nyambung itu kebetulan adalah jalur LOW_SPEED.
Sehingga ketika ECU memberi perintah LOW_SPEED tp fan tidak ada respons, akhirnya 2 detik kemudian dikirimlah perintah HIGH_SPEED. Disinilah cerdasnya, kok bisa ECU mendeteksi perintah lowspeed ndak di respons oleh motor, kemudian mengirimkan perintah cadangan ke jalur highspeed.
Dan sekarang sudah saya betulkan soketnya sehingga kedua jalur terhubung sebagai mana mestinya, dan akhirnya fungsi motor FAN telah sesuai dengan prosedur yang seharusnya.
NB : Nanti saya buatkan video lengkapnya.
--------------
Ada hikmahnya juga kalo fan lgsg masuk highspeed padahal suhu mesin belum meminta highspeed. AC jadi terasa lebih dingin.... 😁😁😁
Tp drawbacknya : ketika mesin bener2 butuh pendinginan di suhu tinggi, dan kebetulan AC ga dinyalakan, akibatnya udah saya tungguin sampe suhu 102°c pun kipas ga mau muter. entah nanti nunggu perintah highspeednya di suhu berapa, kalo lowspeednya jelas ada di 97°.

sumber : facebook ERCI

Comments

most read in a week

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten