Selasa, 24 November 2009

DIY : bersihkan blower A/C Aerio

Berawal dari keinginan melihat evaporator A/C aerio karena ingin melihat kemungkinan disemprot air dalam kondisi terpasang; tetapi ternyata tidak bisa alias gagal, maka hanya menemukan cara untuk membersihkan blower A/C saja :D

Sayang fotonya tidak step by step karena baru teringat foto setelah selesai :D


Terlihat di gambar ini blower sudah terlepas, dan terlihat pula laci sudah terlepas. Untuk melepas laci silahkan melihat di blog saya mengenai panel dashboard. Sebetulnya tanpa melepas lacipun dapat dilakukan

gambar 1

Untuk melepasnya tinggal melongok dari bawah laci / dashboard ke atas, akan nampak 3 buah sekrup dan satu socket listrik yang mengarah pada blower AC. Pada foto di atas terlihat ada socket putih menjuntai, itu adalah socket listrik yang mengarah ke blower, silahkan dilepas dulu. Pada foto di bawah terlihat 3 buah sekrup yang saya pegang, dan perhatikan blower yang sudah terlepas di bawah tangan saya, terlihat 3 titik letak sekrup sebelumnya.

gambar 2


Foto di bawah ini adalah "rumah blowernya" difoto dari bawah. Ini adalah foto setelah blower AC dilepas.

 gambar 3

Dua foto berikutnya adalah foto blowernya, nampak kisi-kisi atau blade dari blower / fan. Arah angin adalah dari atas (tengah-tengah) meniup ke samping.


gambar 4

gambar 5


Memang terlihat ada clip besi yang sepertinya menahan blade blower dari motor blowernya, saya sudah mencoba melepasnya tapi tetap tidak berhasil memisahkannya. Awal mula saya buka, blower tersebut kotor oleh debu hitam, memang tidak terlalu kotor banget tapi cukup kotor. Untuk membersihkan siapkan kuas dibantu dengan air mengalir kecil ke blade dari blower ini, hati-hati air jangan terkena motor listriknya. Untuk pemasangan kembali tinggal dibalik urutannya.

regards,
singachu

Comments
2 plus+

2 comments :

Poskan Komentar