Troubleshoot : mesin kadang terasa bergetar

Flashback ke 10 Nov 2008, waktu itu pagi-pagi berangkat mesin terasa ada yang aneh, ada kalanya kerasa bergetar terutama sewaktu berhenti - idle. Itupun tidak selalu kerasa, sewaktu mobil jalan cenderung hilang getarannya. Pulang di sore hari pun juga masih terasa, bahkan di saat jalan konstanpun kadang-kadang terasa nyendat. Waktu itu sempat berdiskusi dengan bro kinoy, kemungkinan dua macam : dari engine mounting atau dari busi.

Mesin dinyalakan dan dilihat, ternyata ada kalanya bergetar.Untuk mengecek engine mounting bisa dilakukan dengan mendongkrak mesin, bila getaran hilang maka dipastikan engine mounting sudah lemah. Untuk mengecek busi lebih mudah karena tinggal dilepas businya.
Ok, cek busi dulu, ternyata satu busi hitam legam alias tewas, bahkan di body busi terdapat semacam kerak putih seperti garam, dilap pakai tanganpun mudah hilang.




Langsung sekalian ganti satu set, permasalahanpun kelar. Kemungkinan dapat busi yang pas jelek, waktu itu saya pakai busi NGK BKR6E dan gap saya pasang 0.9 mm, saya ganti dengan NGK BKR6E-11 tidak ada masalah, bahkan saya besarkan gap sampai 1.1 mm pun tidak ada masalah.

Problem solve !

Comments

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}