Selasa, 29 Desember 2009

DIY : {centraltech8} perbaiki bearing roda belakang goyang & dengung

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=426

berawal , pas cek roda belakang sebelah kiri oblak dikit... dulu pernah tanya2 di BERES kata montir harus ganti satu set bearing nya nyatu dgn kedudukan mur roda(4mur) harganya waktu itu hampir 1jt an + ongkos.. memang si dengung dikit.. tapi gue biarin tunggu ada waktu bongkar sendiri




 
 
 


akhirnya baut gede ukuran 30 di buka...
di ketok dulu ujung pengunci baut utk buka kalo pas pasang di ketok lagi biar baut gak muter..
trus cabut satu set bearing + mur 4 biji yg nyatu... + gigi ABS keknya gigi ABS gak bs di pindah yah


gue gak coba2 lage karena hari semakin malem uda mau jem 8 malem
itu gambar gigi ABS yg begerigi


 


gue cuci bearing sampee bersih pake bensin murni sampe nampak biji2 besinya... trus keringkan... ingat yah selalu bilas pake bensin.. misal ada sebiji pasir aja bisa jadi masalah lama2 tergesek..


 

setelah selesai cuci grease ulang pake kyodo yushi sampe bner2 masuk ke sela2nya tekan2 pake tangan...
kalo uda cukup pasang kembali ke tempatnya..
trus sambil puter2 di kasi lage grease sampe bner2 masuk n banyak.
kalo uda baru deh kunci bautnya sampe kenceng.. (pake gagang kunci roda yg bs di tarik panjang ditancap di mata kunci shock 30,)

kalo uda di ketok lagi bautnya biar gak muter.. ketok pake besi segi empat misal batang obeng trus di ketok pake palu..
hasilnya...:  bunyi dengung ilang, roda belakang gak oblak lagi

brarti dengung karena grease uda kering keknya... oblak karena mgkn bearing uda termakan dikit.. untungnya pas di kunci masih mau kenceng n gak gerak sama sekali...

cuma posisi ketokan di mur beruba dari awal..

brarti di BERES dulu di cek.. mreka mau ngakalin krn mreka tau cuma mur yg kendor.. buktinya pas gue buka pertama kali gampang banget...
kuncinya asal aja... trus di ketok murnya di ketokan yg lama... kurang ajar juga BERES
tapi bersyukur bs sembuh tampa kluar duit

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar