Selasa, 05 Januari 2010

DIY : tambal koil bocor



Flashback ke Februari / Maret 2009. Aerio 2003 milik newbie terasa rada tersendat-sendat, terasa sesekali saja dan kadang mesin terasa bergetar dikit-dikit aja terus normal lagi, begitu seterusnya. Pemakaian AC lebih sering terasa juga. Pada saat idle juga tetap terasa det-det-det.....

Waktu itu saya cek ke bengkel XTrac yang dipunggawai Pak Wowok. Waktu itu sempat ditunggui sampe gejala keluar karena Pak Wowok tidak mengerti det-det-det yang saya maksud :D juga karena kondisi det-det-det tersebut sifatnya kadang muncul kadang tidak, begitu muncul langsung Pak Wowok beraksi, cover plastik mesin dibuka dan kap mesin dibuka sedikit dengan tujuan biar suasana mesin gelap jadi kalau ada lompatan/percikan listrik/api lebih terlihat. Waktu itu newbie ikut-ikutan melihat, eh ternyata Pak Wowok tau sumbernya dari koil pertama...... Hmmmm saya kok ndak liat yah ??? Ya namanya juga newbie :D

Mekanik anak buak Pak Wowok segera melepas koil tersebut dan memeriksannya, kemudian menunjukkan ke saya kalau ada titik kebocoran di koil yang menyebabkan listrik tidak terarah sempurna ke busi tapi "melompat" ke head cover mesin.

Ditambal deh itu koil dengan lem superglue (alteko), hasilnya tokcer, mantap dah. Diberi pesan oleh Pak Wowok kalau cara ini bisa jadi tahan lama tapi bisa juga cuman sementara, intinya siap-siap duit buat beli koil baru. Wah masalah lagi nih.... apalagi harga koil Aerio bukannya murah, apalagi kalo mau ga timpang (koil satunya lagi kan berumur juga) mesti ganti sepasang..... gimana yah??

Forum internet jadi ajang lontar pertanyaan, Newbie post beberapa pertanyaan ke macam-macam forum, cuman yang sekarang masih kelacak cuman ada 2 :D.

 Post subject: Minta saran tentang KOIL
PostPosted: 04 Mar 2009, 09:23


Om - tante, bro and sis
minta saran tentang koil nih....

Boil gua Aerio Manual Maret 2003, pake Koil 2 biji, 1 koil supply 2 busi dan dah ga pake distributor...

Ceritanya mesin kadang det - det - det gitu, kalo kap mesin dibuka seperti terdengar seperti loncatan listrik....
Di cek di bengkel ternyata ada 1 koil yang bocor, letaknya tepat di bawah koil tertutup ama Cop busi.... begitu Cop busi dilepas dari koil kliatan insulatornya ada crack tipis ama ada yang lubang segede jarum.....
Akhirnya solusi sementara ditambal pake lem alteko, terus disudut2 pake rokok ama montirnya :D
Dipasang dah tokcer, udah dipake 4 hari ini ga ada masalah sama sekali.
Cuman ama montirnya dibilang siap2 aja nabung duit buat beli koil, soalnya bisa jadi umur koilnya tahan tahunan tapi bisa aja bocor lagi.....

Nah ternyata koil Aerio satu bijinya sekitar 950rb-an
Trus juga udah tau kalo APV punya koil juga langsung plek ke Aerio.... harga sebijinya 450rb-an

Nah bingungnya :
1. Koil tetep gua biarin seperti sekarang....
2. Tambalannya ditambahin lagi/ diperkuat, cuman bingung mo ditambal pake apa karena letak koilnya di atas cover head jadi panas, sempet kepikir pasta untuk seal radiator ato kalo ga pasta untuk gasket knalpot.... ato ada masukan lainnya ?
3. Ganti koil Aerio satu biji
4. Ganti koil APV satu biji, jadi berpasangan belang ama koil Aerio
5. Ganti koil APV dua biji
6. Ganti dua koil Aerio dengan Koil aftermarket, cuman bingung koil aftermarket apa yang bisa masuk dengan kualitas ga gampang rusak/ga rewel/harga ga terlalu jauh dengan harga koil aerio...
7. mungkin ada masukan lainnya.....

O ya semuanya budget consideration..... :big_peace:
Pinginnya sih kalo bisa point no 1 ato 2..... cuman ga tau apa efeknya...
Trus kalo misal mesti harus keluarin duit beli koil, pinginnya sih yang value for money.... tanpa mengabaikan kenyamanan ama keawetan mesin...
Mohon pendapat dan masukan rekan2 sekalian, efek2 positif / negatifnya.....


regards,
singachu
Dan ini di forum AIC http://www.aerio-indonesia.com/forum/viewtopic.php?f=13&t=44

Replacement Coil

Postby singachu on Mon Mar 02, 2009 3:31 pm
Tadi sempet post ke milis AIC, tapi keknya ga muncul2.... post lagi di mari dah :lol:

Koil yang untuk busi no 2 gua bocor....
jadi isolatornya ada retak halus, letaknya tepat di balik sambungan ke colokan busi....
Jadi kalo colokan busi dicabut dari koilnya, baru kliatan ada retakan halus, ama titik lubang kira2 segede ujung bolpen boxy... kmrn ditambal pake lem alteko, hasilnya tokcer....
Cuman montirnya bilang ntuh ga tau bisa jadi tahan lama sampe bertahun2 tapi bisa juga ga lama, so gua disuruh siap2 duit aja beli koil.... ya in case ajah sih....

Nah kalo pake koil oreo kan mayan tuh harga price list Rp 743400,-
kalo pake koil APV sih lebih murah yaitu Rp 328600,- tapi harus beli dua dong.... = Rp 657200,-

Kalo harga deket2 sih pingin coba koil laen....
Ada yang tau bisa dipasang coil MSD ga (Koil yah bukan modul pengapian) ? harga berapa yah ?
Ato ada saran lainnya enaknya koilnya diganti apa ?

-----
Responnya macam-macam, mulai dari mengganti dengan koil APV itupun ada yang review kurang bagus juga tentang koil APV.... sampai muncul pendapat dari bro Syamsul dari SerayaMotor tentang lem Araldite yang kuat dan tahan panas (secara tuh koil letaknya di atas mesin). Sempat ketunda-tunda proses beli dan tambalnya, tapi suatu hari newbie merasa det-det-det lagi, memang sangat-sangat jarang tapi sudah bikin newbie mempercepat perkuat tambalannya.

Minggu, tanggal 3 Mei 2009 newbie apply lem araldite, dan newbie report ke seraya motor :
Post subject: Re: Minta saran tentang KOILPostPosted: 04 May 2009, 09:37
sekilas laporan :

sabtu malam beli araldite di Hypermart Sidoarjo skalian pas ada acara di suncity sidoarjo.
minggu pagi buru2 gua oles....eh warnanya araldite bening ternyata yak..... ??
tunggu 10 menit udah diomel2in ama bini soalnya dah harus keluar tuh mobil....
berhubung rada lengket2 gua potong karton untuk sekat, dengan tujuan biar ga nempel ama cop businya.....
sampe kmrn masih baik2 saja, lom coba gua buka lagi.... untuk mastikan ga nempel cop busi ama koilnya....

* masih pusing masalah Accu, voltasenya cuman 12.29 volt.... kayaknya dah minta pensiun *

regards,
singachu
-----
Hasilnya sampai saat ini 05 Jan 2010, tambalan sangat kuat dan tidak timbul masalah lagi..... problem solved dengan biaya sekitar 20 ribu dan Lem masih sisa banyak buat keperluan yang lain.
Berhubung ada beberapa pertanyaan lagi soal penambalan ini, newbie buat foto-foto untuk tambalannya, sayangnya karena baru dibuat tentu saja fotonya adalah kondisi saat ini.


koil no 1 yang bermasalah/bocor

bagian bawah yang bocor, terlihat ada karton di sisi bawahnya


bagian bawah dari koil, letak bocor asalnya di bawah cop busi


cop busi di cabut, waktu menambal juga dicabut


terlihat lelehan dari Lem Araldite yang mengering

arah jam 3, sedikit menghitam sisa-sisa gosong waktu bocor


ini dia lemnya

regards,
singachu

Comments
3 plus+

3 comments :

Poskan Komentar