Minggu, 13 Juni 2010

DIY : merubah relay set headlamp dari system 3 relay ke 2 relay

Berawal dari putusnya lampu Osram Night Breaker newbie, dengan kronologis tanggal 6 Juni 2010 - Minggu putus untuk lampu sebelah kiri. Karena tidak punya cadangan lain, newbie ganti dengan Razon 100/90Watt bekas yang dulu newbie punya sebelum ganti dengan dengan Osram Night Breaker. (Silahkan baca di sini). Hari Senin pemakaian lampu normal-normal saja, tetapi pada hari Selasa newbie mendapat SMS dari istri kalau lampu putus keduanya baik Osram Night Breaker kanan maupun Razon sebelah kiri. Newbie pikir karena usia saja menyusul "pasangannya" yang sudah tewas terlebih dahulu.

Tetapi newbie kaget sewaktu melihat headlamp sebelah kanan yang berisi Osram Night Breaker ternyata pecah kaca nya dan berserakan di dalam headlamp. (Silahkan baca di sini)


gambar 1

Setelah mengeluarkan dan membeli Osram 60/55 Watt biasa dengan harga 30ribu per biji, newbie pasang dan semua berjalan normal. 


gambar 2 - Osram pengganti

Meski demikian newbie coba tanya-tanya ke forum www.serayamotor.com maupun kaskus perihal penyebab pecahnya kaca lampu. Tidak adanya air dan tanda-tanda air serta karet boot lampu yang masih ok, serta dudukan headlamp yang kokoh menepis anggapan kalau kena guncangan atau perubahan temperatur yang tiba-tiba. Dugaan ada di relay lampu. Ada juga yang menduga karena pemasangan lampu dengan beda daya antara kanan dan kiri.

Newbie masih ragu kalau penyebabnya adalah beda daya, karena secara logika newbie masing-masing lampu berada pada "jalur kelistrikan" masing-masing, di mobil sendiri terdapat banyak komponen listrik dengan beda daya yang harusnya tidak ada masalah.

Sedangkan masalah pada relay diduga menyebabkan lampu dekat dan jauh menyala bersamaan waktu mengaktifkan lampu Dim sehingga suhu lampu jadi sangat panas yang berakibat pecah.

Newbie sudah pernah pasang relay pada Januari 2010 lalu (silahkan baca di sini), tetapi yang membuat ragu adalah salah pemilihan system 3 relay. Om Sjamsul dari serayamotor berpendapat seharusnya menggunakan system 2 relay untuk mobil suzuki. Karena sudah terlanjur Newbie menanyakan kemungkinan untuk memodif dari system 3 relay ke 2 relay.

Caranya untuk relay 5 kaki merk, dilepas socket kaki no 87 dan berikutnya relay dipasang ulang. socket yang terlepas diisolasi agar tidak terjadi konsleting.


gambar 3

Socket kaki no 87 dikeluarkan dengan menekan pengunci menggunakan obeng kecil dan menarik soket kabel dari bawah dengan menggunakan tang.


gambar 4


gambar 5

Setelah itu dipasang isolasi listrik dan relay dikembalikan ke tempat semula. Test menyalakan lampu dekat maupun jauh. Selesai, semoga kejadian ini tidak terulang lagi.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar