Rabu, 21 Maret 2012

DIY : {wirasaja} Troubleshoot / cari tau koil Aerio yang bermasalah

sumber : kaskus

malem suhu2..
mau report..
gejala brebet di rpm bawah sudah di pastikan dari koil sebelah kanan..

nubie taunya bermasalah dari cara nubie berikut ini
( all pict klik agar big ya suhu2.. )

pertama buka dulu cover plastik pelindung head atas..


 gambar 1
geser ke bagian atas dikit cari kabel gas untuk menaikkan rpm..
 gambar 2


 gambar 3

hidupkan mesin dan biarkan idle paling tidak 30detik..
kemudian coba naikkan gas dengan cara sedikit dihentak..

 gambar 4
 gambar 5

awal nya nubie hanya mendengar suara semprotan/gerakan per di katup butterfly.. cuma lama2 kok ada suara kayak loncatan listrik.. diulang dengan cara sering2 dihentak suara mirip kabel korslet muncul dari koil sebelah kanan.. nubie berinisiatif coba tukar posisi koil dari kanan ke kiri n sebaliknya.. ( kalo suara tetap di kanan kemungkinan kabel busi yg bocor ) namun setelah di pindah.. suara loncatan/percikan listrik pun pindah ke koil kiri..

 gambar 6
gambar 7

nubie sewaktu melepas koil sama sekali tidak menemukan kejanggalan dari koil tsb, bersih no retak semua fix.. cuma kenapa tiap dipasang kayak ada suara loncatan api trrrtet.. trrtet.. suara makin jelas kalo gas dihentak tiba2.. dan hanya di koil kanan sementara koil yg kiri silent..

by wirasaja

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar