Senin, 01 Oktober 2012

DIY : {Galagajrut} Membersihkan busi Honda All New Jazz (part 5 of 5 | Final Phase buka busi)

sumber : kaskus
Final phase, kelanjutan dari step ke-empat.

Post yg berikut adalah merupakan Phase terakhir dari seri DIY membersihkan busi di Honda Jazz.
Sebetulnya.... proses ini sendiri sudah selesai minggu lalu.... tapi baru berkesempatan ngepost sekarang karena foto fotonya baru sempet ke-edit....

soooo..... Berikut langkah langkah akhirnya :

1. Setelah cowl Plastic cover wiper dan Cover metal terlepas dengamn sukses di phase sebelumnya, sekarang waktunya ngerjain proses paling penting yaitu Nyopot Busi Jazz.
Karena sudah ada ruang manouver yg cukup, silahkan dimulai membuka busi dari sebelah kanan / bagian yg dekat dengan steer mobil.
Bagian ini adalah bagian yg paling lega dan paling enak buat memulai membuka busi.
gambar 1 - Mesin yang lega untuk diakses

Gunakan kunci sock ukuran 16' dan extension buat mencopot busi ini.... kunci sock-nya khusus yg utk membuka buka karena didalam lubang sock-nya ada ring karet yg berfungsi utk menjepit busi supaya kalau udah lepas dari ulir akan mudah ditarik dari lobang chamber busi.

2. sebelum buka Busi, lepas dulu 4 buah baut yg mengunci coil diatas busi.
Gunakan kunci sock ukuran10' dan extension. Model Coil dan bautnya standar aja seperti mobil2 modern lainya kok, bukan sesuatu yg susah.
Oiya.... jangan lupa melepas Clip sambungan kabel dari coil dulu

gambar 2 - Koil dan busi


3. Setelah semua Busi terlepas..... periksa busi dgn seksama, baik kerak yg ada di ujung elektroda dan lapisan pendingin Busi. Setelah sekitar satu setengah tahun pemakaian..... keadaan busi Jazz gw sangat perfect ternyata, ini ditandai dgn ujung elektroda dengan warna merah Bata yg mengindikasikan bahwa pembakaran berlangsung sempurna dan tidak ada Oli yg merembes ke dalam ruang pembakaran.

gambar 3 - Hasil pembakaran sempurna

4. Bersihkan busi dengan memakai sikat kawat halus sampai kerak yg ada di sekitar elektroda hilang dan kondisi Busi bersih kembali. Bila tidak ada cairan Oli di elektroda Busi.... pembersihan tidak memerlukan cairan Bensin atau Carb cleaner, cukup pakai sikat kawat saja sdh bakal bersih. Bila memungkinkan dan anda bisa melakukanya.... check juga spark yg ada di ujung busi supaya kita tahu keadaan busi sebenarnya.

Ini Tips spark Busi :

  • Kalau spark berwarna Biru.... berarti Busi masih sangat sehat
  • Kalau spark bercampur warna Biru merah..... Berarti busi sdh mulai down Grade.
  • Kalau spark busi dominan warna merah.... berarti busi sdh saatnya pensiun.


Cara Ngetesnya ?
Tancepin aja busi ke coil, sambungkan lagi dgn kabel-nya lalu sentuhkan ujung elektroda ke metal mesin dan starter pendek pendek sambil melihat spark busi-nya.

Karena busi gw ternyata masih sangat bagus keadaan dan performanya.... gw putusin buat gw pakai kembali.....khan mahal tuh Busi, Iridium gituh ...

Type Busi Jazz ori Gw adalah : IZFR6KE - 13 Iridium Merk NGK
gambar 4 - IZFR6KE busi honda All new Jazz

5. Setelah semua Busi copot dari tempatnya.... gw tambahin prosesnya dng sekalian membersihkan ruang bakar jaz yaitu dengan menyemprotkan Engine Conditoner merk Gzox keluaran soft99 , Petro based. Tunggu kira kira 1 jam samapi cariran berekasi di dalam chamber pembakaran supaya kerak yg ada terangkat oleh cairan Gzox.

6. Setelah semua proses beres, kembalikan tahap tahap yg ada secara reversal, dari mulai Phase V ke Phase I.
Start Mesin secara santai dulu.... biasanya sih Fail utk 1-2 kali start karena masih ada cairan engine conditoner yg tersisa di chamber.
Setelah 3 kali start biasanya mesin sudah bisa stasioner dgn baik.
Biarkan mesin idle dulu selama 2-3 menit.... setelah itu geber di putaran 2000-3000 rpm supaya sisa sisa cairan engine condisioner menguap dan terdorong ke pembuangan.

selesailah prosesnya..... pegel banget dah .....

Note di dalam DIY ini :
a. Sediakan tools yg lengkap dan appropiate buat proses ini
b. Sensor udara yg ada di Box saringan udara Jazz harus berada di tempatnya secara benar sebelum start mesin, sebab kalau sensor masih berada di luar Box, mesin jaz akan nendhang nendhang dan tidak bisa idle. Tidak seperti mobil injection lain yg bisa di start dan idle tanpa adanya Box Filter dan sensor yg terpasang..... di Jazz hali ini sangat tidak memungkinkan.

OK Guys.... kiranya cukup itu saya sharing gw di proses DIY membersihkan Busi Jazz, moga2 bisa menambah wawasan kita semua.

Next Project DIY ada lagi nih.... stay tuned yak .....


by Galagajrut

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar