Sabtu, 15 Desember 2012

{mathmorron} Cek dengung roda belakang dan ganti bearing roda belakang Aerio dengan merk LKS

sumber : kaskus
gambar 1 - bearing aftermarket merk LKS untuk roda belakang Aerio

Berawal pertanyaan penyebab bunyi :

agan agan mau tanya dong
kenapa aerio saya lama kelamaan bagian belakang kok bunyi suara menderu
awalnya pelan tapi lama kelamaan semakin kencang
kayak di bagian ban yang bergesekan dengan benda apa gitu
semakin kencang kecepetan mobil semakin kenceng suaranya
tapi di cek di kolong mobil gak ada apa apa
kenapa ya gan
mohon bantuannya gan
by mathmorron
Cara cek :


cek bearing roda om....

dongkrak sampe ban terangkat, handrem lepasi, puter roda pake tangan dan tangan satunya pegang per-nya, rasain ada geter2 ga
regards,
singachu
Ternyata :
ternyata bener agan singachu
setelah saya dongkrak, handrem dilepas, roda kiri belakang saya puter pakai tangan
dan saya pegang pernya, ternyata bergetar-getar
dan rodanya gak muter lancar
seperti ngerem gitu
padahal gak di rem
dan berbeda sama roda yang sebelah kanan sangat lancar
berarti bearingnya yang harus diganti ya om
by mathmorron
Reportnya :


trimakasih agan2

trimakasih jg agan singachu buat diy nya
akhirnya aerio saya
ban belakang kiri nya sudah gak bunyi menderu/dengung lagi
saya beli bearing belakang 189ribu
di tunasjaya durensawit
trus ongkos bengkel 100ribu
jadi hening lagi deh
trims ya agan2
by mathmorron
Wah murah dan nice info :

murah 189rb untuk bearing belakang.... non ori ? merk apa ?

ada foto penampakan ?
regards,
singachu

Nice Report : 


merk nya LKS om singa
tapi bukan ' lembar kerja siswa'
:-)
kata yang jual belum ada yang komplain pake merk itu
dan taxi banyak yang pake
saya tanya yang merk TNT harganya 289ribu
lumayan bedanya

ini gambarnya om
 gambar 2 - Bearing LKS, tanpa ring sensor ABS
copot bearing lama sambil bersih-bersih :
 gambar 2 - Copot bearing lama dan bersihkan tromol rem belakang
pasang ring abs pakai ring bulet biar gak ngerusak bearing baru sebelumnya kasih oli biar licin
 gambar 4 - Ring ABS dipindahkan ke bearing LKS baru

gambar 5 - beraring baru terpasang
semoga awet dan gak bunyi lagi

gambar 6 - Ilustrasi pemasangan Ring ABS ke Bearing LKS

ilustrasinya gitu om
jadi bearingnya dan sisi dalam ring abs kita kasih oli dulu
trus kita pasang ring abs dibearingnya
dan biar masuk ring abs ke bearing
kita taruh ring bulet yang seukuran diameternya sama dengan ring abs
diatas ring abs
[ring bulet bisa dari pipa besi atau apa saja yang penting kuat
di bengkel tetangga kebetulan ada]
diatas ring abs kita taruh lagi besi sebagai alat bantu
terus kita pukul pakai hammer deh besi nya
biar tekanannya rata gak miring sebelah
gitu reportnya om


by mathmorron

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar