{Reiza} Perbaikan intermediate shaft dengan cara las yang gagal

kelanjutan dari report sebelumnya.
Hari sabtu 19 Jan 2013, dibawa ke PJS lagi, bayar derek lagi 175 rb.
 gambar 1 - pertemuan splines intermediate dan inner cv joint yang aus
 gambar 2 - gigi splines intermediate yang aus

Newbie coba bantu om Reiza ngobrol dengan pak Yanto, ternyata sebelumnya cuman di las aja dan tidak diberi coakan biar menggigit x_x Setelah menjelaskan minta diberi coakan atau bila perlu dilubangi untuk dipantek atau dipasang baut, ternyata pak Yanto pun juga sudah berencana begitu.
 gambar 3 - inner cv joint di bor

Dapet update foto dari om Reiza, inner cv joint sedang di bor, setelah itu ditinggal makan siang dan balik ke PJS ternyata sudah terpasang. Diminta test drive dengan cara disentak, om Reiza minta tolong mekanik yang melakukannya....sentakan kecil ok, begitu disentak dengan cepat langsung lepas lagi X_X Dorong ke bengkel, dilepas lagi.... hmmm kok aneh, newbie menyusul ke PJS setelah pulang dari kantor.

 gambar 4 - Mobil masih mangkrak

Ternyata oh ternyata, mekanik menginfokan kalau tidak berhasil mengebor atau melubangi batang intermediate shaft, terlalu keras katanya. Akhirnya dibawa ke tukang bubut..... setelah menunggu lama ternyata tukang bubut pun menyerah karena tidak bisa melubangi intermediate shaft tersebut...aneh !! Dibawa ke tukang bubut yang lain, dibilang ga berani karena cv joint terlalu tipis....hmmm maksudnya gimana, ternyata setelah malam hari ngobrol-ngobrol lagi ama mekaniknya, sama aja yaitu tidak bisa melubangi intermediate shaftnya.

gambar 5 - proses las kembali

Weh stress juga, dicoba las, pukul-pukul lepas lagi, digerinda, dicoba bikin coakan di dalam inner cv joint, ternyata ga berhasil.... ntah deh kenapa secara ada teman lain yang report sukses dan masih terpasang sampai sekarang...bengkel lain sih....

So dilas aja, pasang kembali, diberi tau kalau lepas lagi maka harus ganti part baru. Akhirnya om Reiza coba-coba kontak Sentosa Motor untuk info harga part dan ketersediaannya. Newbie cabut dulu, ternyata diinfokan om Reiza kalau pak Yanto menyarankan hari senin dibawa kembali ke PJS untuk dicoba dilubangi / dibor kembali intermediatenya...Penasaran rupanya hehehehehe...newbie juga penasaran sih masa ga bisa dilubangi X_X. Total biaya 20rb saja, ya boleh karena sebelumnya sudah pernah diperbaiki di sana jadinya murah, om Reiza memberikan tips kepada mekanik yang mengerjakan.

Om Reiza hari Senin sibuk di kantor jadi tidak bisa ke PJS, Senin malam lagi-lagi intermediate lepas..... hiks.... Capek, Tenaga, Dana (terutama derek) ama Waktu terbuang cukup banyak. Sepertinya akan diambil langkah penggantian......

by Reiza - AIC 320

Comments

most read in a week

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

Share immobilizer sederhana untuk Agya Ayla {prasetyosip}

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}

Ganti kopling set matic Aerio yang sudah aus, jedug perpindahan gigi pun hilang {Erwin Berlian}