Jumat, 09 Agustus 2013

DIY : cara setel ketinggian sorot headlamp All New Avanza / Xenia {Ejecutar}

gambar 1 - setelan sorot cahaya headlamp
Mobil ane (Xenia) dan ipar ane (Avanza) setelan headlamp-nya ketinggian.
Kalo di Jakarta, hampir gak ada yang nge-dim ketika berpapasan dengan ane. Tapi giliran dibawa ke daerah, buanyak banget yang nge-dim. Setelah meminta wejangan dari suhu HID aka om TJ dan sedikit trial and error, akhirnya ane bisa juga menyetel headlamp yang ketinggian.
Sebelum menyetel, cari lokasi yang ada temboknya dan sebaiknya di malam hari. Kemudian nyalakan lampu pendek ke arah tembok utk melihat sama/tidaknya setelan headlamp kiri dan kanan.


Berikut cara selengkapnya:
Pertama2, buka kap mesin. Perhatikan di bagian belakang headlamp.
Ada dua setelan bergerigi (titik A dan B di gambar atas). Yang poin A (yang di sebelah bawah) adalah untuk setelan menaikkan/menurunkan sorot headlamp. Sementara yg B (yg di sebelah atas) adalah untuk setelan ke kiri-kanan karena tepat di atasnya ada tulisan L-R.
Gambar di atas adalah foto headlamp sebelah kiri. Kalo yang sebelah kanan, setelan bawahnya tertutup kabel2.
Cara menyetelnya adalah dengan menggunakan obeng plus/kembang. Yang perlu diperhatikan adalah gunakan obeng kembang yang berukuran pendek, seperti bawaan dari pabrik. Obeng dimasukkan melalui bagian (seperti mulut) yang ane beri tanda panah. Nantinya guratan obeng akan saling gigit dengan gerigi2 setelannya. Setelah saling jepit, tinggal putar aja.
Semoga bermanfaat… 

by Ejecutar
sumber : kaskus NEXA

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar