Senin, 26 Agustus 2013

Ganti alarm bawaan Aerio dengan mGuard M1+

 gambar 1 - Isi kemasan
Beberapa bulan terakhir alarm rewel terus-terusan, sudah ganti baterai nya dengan yang baru hanya bertahan beberapa hari saja. Setiap kali di-reset alarm kembali normal tapi hitungan 1 atau 2 hari sudah ngadat kembali, kadang ga bisa buka kadang ga bisa tutup. Akhirnya pakai kunci manual tanpa aktifkan alarm. Cukup ribet dibandingkan cuman pencet tombol remote, dan lagi mobil tidak terlindungi oleh alarm. Akhirnya dari tanya sana-sini baca sana-sini cari referensi, diputuskan beli alarm mGuard M1+ seharga 540rb dengan garansi 5 tahun, belum termasuk pemasangan. Cukup mahal, tapi memang pingin cari yang bertahan cukup lama dan berkualitas, jaminan 5 tahun menjadi salah satu faktor pendorong untuk memakai alarm ini, selain beberapa komentar di forum-forum.

Karena beberapa alasan maka kali ini tidak membahas step-step DIY nya, meskipun proses melepas alarm original Aerio dan pemasangan alarm baru ini newbie lakukan sendiri. Newbie coba share dulu kelengkapan dari alarm ini, mungkin di lain waktu akan coba ulas mengenai fitur-fitur dan apa-apa saja yang bisa disetting untuk disesuaikan dengan kebutuhan/keinginan.
 gambar 2 - kiri main unit, kanan sensor getar
Kemasan berbentuk kardus dengan cetakan grafis serta tulisan mengenai fitur-fitur yang ada. Tidak semua fitur-fitur tersebut newbie pahami (ya maklum namanya juga newbie). Buka kemasan, newbie coba cocokan barang-barang yang ada dengan yang tertera di instalation manual, yaitu :

  1. Main unit alarm (The Control Unit) (gambar 2 kiri)
  2. Sirine (Siren 6 tone 120 db) (gambar 1)
  3. Dua remote (Two pair of remote control) (gambar 1 - menggantung depannya kardus)
  4. LED indikator (The blue Status LED Indicator with plug in socket) (gambar 7 no 3)
  5. Tombol Valet (The Valet switch with plug in socket) (gambar 7 no 2)
  6. Sensor getar (Double Impact Sensor with plug in socket) (gambar 2 kanan, kabelnya gambar 7 no 5)
  7. Kabel utama (Primary Cable 12 pins plug in socket) (gambar 7 no 1)
  8. Kabel central lock (Door lock cable 2 pins plug in socket) (gambar 7 no 4)

Tambahan di dalam kemasan yang tidak tertera di instalation manual, yaitu :

  1. Instalation Manual
  2. Operation Instruction
  3. Kartu garansi
  4. sepasang Cutting Sticker mGuard

 gambar 3 - main socket harness
 gambar 4 - additional harness
Pada unit utama alarm terdapat 5 soket dengan berbagai ukuran. Pada gambar 3 nampak soket utama dengan 12 pin di sana yang harus disambungkan dengan kabel-kabel yang ada di mobil. Pada gambar 4 adalah bagian samping dari unit alarm, nampak 4 soket di sana, paling kiri adalah soket untuk mengontrol central lock, kedua adalah soket tombol valet, ketiga adalah soket LED indikator, dan paling kanan adalah soket menuju unit sensor getar berpasangan dengan soket yang nampak di gambar 5.
 gambar 5 - harness sensor getar
 gambar 6 - setelan sensitivitas sensor getar
Nampak di gambar 5 dan 6 adalah unit sensor getar, terdapat 1 soket di sampingnya yang berpasangan dengan soket di gambar 4. Bagian atas nampak 2 LED berwarna merah dan hijau, yang akan menyala apabila sensor mendeteksi getaran, lampu hijau menyala apabila getaran ringan dan lampu merah menyala apabila getaran keras. Sensitivitas getaran bisa diatur dengan memutar tombol yang nampak di gambar 6 ke arah tulisan min / max sesuai dengan yang diinginkan.
 gambar 7 - kabel-kabel
 gambar 8 - manual dan kartu garansi
Karena baru pertama kali mencoba pasang alarm dan tidak ada pengalaman sama sekali, maka newbie melakukannya dengan sangat berhati-hati, banyak melakukan pengecekan baik dari manual maupun dengan multimeter. Memastikan kabel yang benar dan menentukan polaritas positif atau negatif. Untungnya alarm bawaan memiliki kabel harness yang cukup rapi (gambar 11 - 14), meskipun tidak ada manual untuk alarm original Aerio, kabel harness ini sangat membantu mencari tau cable-cable mana yang dipakai.
 gambar 9 - main unit alarm original Aerio
 gambar 10 - harness dan setelan sensor getar
 gambar 11 - cable harness
 gambar 12 - cable harness
 gambar 13 - cable harness
gambar 14 - cable harness

Newbie memindahkan posisi main unit alarm di tempat yang berbeda dengan unit alarm original, sedangkan alarm original newbie tetap pasang dengan tujuan kamuflase. Terhitung sudah seminggu lebih newbie pakai alarm yang baru, cukup puas bahkan sempat main-main dengan settingan-setingan yang bisa dipilih/diprogram. Sinyal dari remote cukup jauh jangkauannya. OK sekian dulu bahasannya, lain waktu dilanjut lagi.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar