Selasa, 03 September 2013

DIY : ganti batere remote alarm mGuard M1+

 gambar 1 - remote alarm mGuard M1+
Well, sebetulnya pingin test aja ganti batere, jadi batere-nya ga bener-bener kudu ganti. Kebetulan aja baru beli batere CR2032 baru untuk tire gauge digital, sedangkan menurut manual book mGuard M1+ ditulis menggunakan batere tipe CR2016 maka pingin test apa bisa masuk. Dari segi dimensi diameter batere CR2032 sama dengan CR2016 hanya beda ketebalan yaitu CR2032 lebih tebal dan tentu saja berujung pada mili Ampere Hour yang lebih besar dan tentu lebih awet. Sedangkan voltase sama-sama 3 volt, beda dengan batere remote bawaan aerio yang pakai tipe A23 dengan 12 volt. Cuman dari segi harga CR2032 merk Maxell seharga 20rb beli di toko jam di area Giant Waru, sempet iseng nanya harga CR2016 lha kok sama aja... makanya berharap CR2032 ini bisa muat di alarm mGuard M1+. Sekalian aja bikin tutorial cara gantinya.
Step 1 : alarm mGuard tidak pakai sekrup, langsung congkel saja dengan obeng minus di coakan samping remote (gambar 2 dan 3)
 gambar 2 - coakan
 gambar 3 - congkel dengan obeng minus
Step 2 - terus congkel dan tarik sampai terbuka.
 gambar 4 - remote sudah terbuka
 gambar 5 - batere baru dan batere dari tire gauge digital
Step 3 - sebenernya bisa aja batere langsung dicongkel, tapi biar ga terlalu maksa, dorong dengan jari tombol karet sampai PCB nya terpisah dari tombolnya (gambar 6)
 gambar 6 - dissambly PCB remote
Step 4 - tinggal geser batere ke samping maka batere akan terlepas, ternyata setelah dibandingkan dan dilihat tulisannya batere bawaan merk Panasonic dengan tipe CR2032, berbeda dengan yang tertulis di manual. Hmmm mayan nih.
 gambar 7 - batere telah terlepas
 gambar 8 - ternyata tipenya CR2032
Step 5 - masukkan batere baru dengan cara geser kebalikan dari cara melepasnya, bisa langsung ditest untuk buka tutup.
Step 6 - Untuk mengembalikan tinggal membalik urutan bongkarnya. Sedikit tips untuk memudahkan memasukkan kaitan gantungan, pasang dulu sisi ujungnya dan sisakan sisi pangkalnya seperti terlihat di gambar 9, setelah itu masukkan bonggol gantungan ke dalamnya dan tekan untuk menutup kembali.
gambar 9 - tips mudah memasang gantungan
Selesai

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar