DIY : melepas dashboard Aerio facelift / new model untuk dibungkus {Firdhaus}

 gambar 1 - Dashboard Aerio Facelift
cerita soal dashboard retak, bukan hanya aerio facelift yang mengalaminya, Toyota Harrier dan camry yang dikenal mobil berkelas juga mengalami dashboard retak karena material yang digunakan tidak dikondisikan untuk tempat/daerah beriklim tropis seperti Indonesia. nah, bagi aerio facelift (2004-2007) dashboard retak bukan lah masalah baru, keretakan ini mulai menunjukkan wujudnya ketika mobil sudah berumur diatas 3thn dan disaat itu pula Suzuki Indonesia selaku ATPM tidak lagi memproduksi mobil Aerio, sehingga sulit bagi konsumen untuk melakukan klaim atau recall.bicara soal solusi? sebenarnya tidak sesulit atau semahal yang kita bayangkan jika kita berani melespas sendiri dashboardnya.

 gambar 2 - foto konsulbox
cukup gunakan obeng kembang (bunga) yang panjang dan obeng kembang pendek serta obeng tipis, perhatikan baut2nya, karena baut2nya sama semua, lalu perhatikan apa yang kita buka, bila perlu fotokan dudukan dan kabel2nya agar saat pasang nanti tidak terjadi kekeliruan, jika yakin kabel2 tsb tidak bersentuhan gak perlu buka batre, namun jika ragu buka saja batre kepala plus ( + )
 gambar 3 - head unit, foto-foto buat ingat-ingat koneksi kabelnya
kabel2nya memang njelimet, makanya saya foto aja sebelum dicopot biar ga bingung masangnya nanti #bisabongkartakbisapasang hahaha.
 gambar 4 - bagian tengah sudah dilepas
saya buka yang ringan2 dulu, dari tutup konsul box (tanpa baut) lanjut dudukan minuman lanjut bagian tengah (dudukan audio) baru dilanjutin pengukur suhu di bagian atas dashboard seperti bagian gambar ini.
 gambar 5 - pengukur suhu bagian atas dashboard
buka tutup bawah setir, rumah sekring dan baut2 yang berhubungan langsung dengan dashboard dibuka
 gambar 6 - tarik dari sini
spedometer dilepas, karena ada beberapa baut dashboard didalamnya yang harus dilepas, trus ada baut di twitter kiri dan kanan.


di bagian sisi kaca ada 3 baut scrup kiri kanan dan tengah yg lengket ke pipa ac, difoto ini (gambar 7) bagian tengah baut yang harus menggunakan obeng pendek dan lumayan sulit, karena dasboard harus diangkat keatas lalu ditarik kebelakang, setelah itu lepaskan jepitan pipa ac antara pipa ac depan dan pipa ac belakang, setelah yakin semua baut lepas dan tidak ada nyangkut, mulai gerakkan dashboard ke samping kiri pelan-pelan, nyangkut terparah pada stut kiri yang dibawah stir, tapi bisa diatasi tanpa perlu melepas gagang stut tsb
 gambar 7 - bagian yang harus dengan obeng pendek
ini kelihatan setelah dashboard dilepas, dan dikeluarkan dari pintu kiri. aku lepasin sendiri menghabiskan waktu 2 jam, 1 bungkus rokok dan segelas nescaffee cremer
 gambar 8 - dashboard setelah dilepas
sejak hari sabtu hingga postingan ini diturunkan, posisi masih telanjang dari dashboard om, oh iya 2 besi tegak itu pengikat dashboard, bautnya dari dalam, HU, pematik api dan segala sesuatu yang ada ditengah dilepas semua om.
untuk akses ke 2 besi itu cukup masukkan aja tangan sambil meraba.
 gambar 9 - telanjang tanpa dashboard
ini tampak di foto bagian sisi kiri (gambar 10), semua baut terbagi 3, sisi kiri letak di karpet kiri, sisi kanan letak di karpet kanan dan tengan aku letak di konsulbox
 gambar 10 - sisi kiri
untuk melepaskan klip ataw jepitan, usahakan dari dalam dashboard, jangan main cungkil karena bisa berakibat fatal alias patah. Tutup jam bagian tengah menggunakan jepitan, tekan pake tangan dari dalam dorong ke atas. posisi baut hampir merata ada dibagian kiri, kanan dan tengah, untuk bagian dalam hanya beberapa saja, di tengah dalam (besi 2 itu) di dalam spedometer dan di dalam twitter kiri dan kanan.

ini tampak keseluruhan, fotonya masih hangat, baru saja difoto, yg jelas setelah dibongkar, jangan sering2 celingak celinguk di cabin, karena akan stress melihat cabin seperti kapal pecah hahahaha
gambar 11 - tanpa dahboard
Ini yang saya ingat menggunakan klip ya om, pinggiran Dudukan HU (warna silver) tarik pake tangan mulai di bawah, tengah dan atas. 
gambar 12 - Pinggiran Head Unit warna silver
Konsul tengah bagian atas: tarik awal dri belakang lalu copot kabel lighter
Tutup jam bagian atas dasboard tengah: cara lepasnya tekan dari bawah, masukkan tangan ke HU yang sudah dilepas lalu tekan keatas
Panel segitiga dinding kiri kanan dasboard: copot dari atas dulu baru lepaskan
gambar 13 - segitiga yg di atas dashboard diantra kaca kecil sebaris pintu (cover pilar A)
gambar 14 - tutup kiri kanan dashboard tinggal tarik saja
Tutup kiri kanan dasboard: tarik aja pake tangan
Untuk baut:
Buka 2 baut dudukan minuman yang ada depan konsul lalu tarik ke atas, lalu buka tutup didepan dudukan minuman tarik aja pake tangan (model klip 1)
gambar 15 - console box tengah
gambar 16 - dudukan minuman
Lanjut buka dudukan baut HU, laci yang ada lighternya lepasnya semua hingga kelihatan bolong tengah
Setelah itu buka tutup jam atas dashboard, masukkan tangan dorong ke atas, baru setelah itu buka 2 baut jam lepaskan kabelnya

gambar 17 - tutup jam di tengah dashboard
Lanjut buka laci dashboard bagian kiri, ada 3 baut. Ini box kiri atw laci kiri dashboard, ada 3 baut dibawah, lalu buka dan tekan ke dalam bagian tengahnya supaya kebuka habis, dan copot.
gambar 18 - box kiri / laci kiri dashboard
Lanjut buka tutup bawah setir ada 2 baut dan lepaskan besi melintang lalu lepaskan 2 baut skring, lepaskan juga kabel yang lengket dengan saklar yang ada di dashboard bagian kanan. Ini tutup bawah setir, hanya 2 baut dan 2 klip atas, setelah lepas baut tinggal tarik aja, jamin gak bakalan patah klipnya
gambar 19 - tutup bawah setir.
Setelah klihatan bolong kiri kanan dan tengah serta atas dashboard, maka saatnya buka baut yang lengket di dashboard langsung.
Buka baut dashboard:
Baut di kiri bagian tutup kiri kanan lalu congkel tweeter ( jaring-jaring hitam) pakai obeng tipis dan buka bautnya
gambar 20 - jaring hitam tweeter
Buka baut di besi penyangga dasboard: masukkan tangan dan buka pake obeng pendek, buka juga pipa ac pendek yang lengket ke dashboard bagian tengah
Spedometer: buka 2 baut tutup spedoometer lalu tarik keluar dan tatik spedonya lalu lepaskan kabel hingga bagian ini kelihatan bolong
Goyang dasboard, perhatikan dimana nyangkut dan baut yang belum di lepas, jika sudah bisa, coba tatik dashboard ke belakang dengan cara mengangkat lalu pakai obeng pendek lepaskan 3 baut pipa ac depan di bagian dekat kaca, lalu goyang lagi jika yakim tidak ada yang nyangkut tarik dashboard bagian kiri lalu angkat dan selamatkan bagian terhalang dengan stir lalu tarik keluar dan SELAMAT dashboard berhasil dilepas

gambar 21 - gambaran jelas instrumen dashboardnya

by Firdhaus
sumber : facebook

Comments

Post a Comment

most read in a week

DIY : pasang sendiri peredam Plafon Wagon R {wagireng}

DIY : tambah relay power window Aerio

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Review alarm mGuard M1+