Rabu, 29 Januari 2014

DIY : Tips ubah Satuan Suhu Udara Luar dan Konsumsi Bahan Bakar di MID Ertiga {exofanboy}

 gambar 1 - MID Display Before
Mungkin agan-agan pernah liat di beberapa mobil yang beredar, satuan konsumsi bahan bakar yang tertera di MID ada yang menggunakan Km/L (seperti yang ada di neng Erti) atau L/100Km. Penasaran sama MID neng Erti bisa nggak diubah satuannya ternyata bisa. Bahkan satuan suhu luar yang biasanya Celsius (C) bisa diubah menjadi Fahrenheit (F).

CATATAN
1. Satuan Km/L angka yang tertera pada MID semakin besar, semakin baik konsumsi bahan bakarnya (misal: 18,0 Km/L atau lebih besar makin baik).
2. Satuan L/100Km angka yang tertera dapa MID semakin kecil, semakin baik konsumsi bahan bakarnya (misal: 3,0 L/100Km atau lebih kecil, untuk Neng Erti di aktual-nya 1,7L/100Km kalo pedal gas dilepas saat melaju)
 gambar 2 - MID Display After
How?
Menggunakan kedua knop di kiri dan kanan MID, yang satu letaknya di tachometer, satu lagi di speedometer.
Ini dia posisi knop-nya:
 gambar 3 - posisi knop
Untuk memudahkan kita namakan knop di kiri dengan nama Knop A, dan yang kanan Knop B.
Catatan 1: Cara memperlakukan Knop A dan B berbeda. Knop A ditekan kalau Knop B diputar ke kiri atau kanan
Catatan 2: Memutar Knop B musti pake otot sedikit, keras lho!

Caranya:
1. Untuk Mengubah Satuan Suhu di MID
Display MID harus menunjukkan Range terlebih dahulu, bukan trip meter, bukan Average, atau Actual. Caranya tekan Knop B beberapa kali sampai mendapatkan display Range. Lihat gambar, yang dimaksud dilingkarin biru
gambar 4 - display RANGE
Kalau sudah, tekan Knop A, tunggu 3 detik dan tahan menggunakan tangan kiri, sementara itu tangan kanan memutar Knop B ke kiri atau ke kanan. Dan display satuan suhu berubah dari Celsius ke Fahrenheit. Untuk mengembalikannya ulangi saja.

2. Untuk Mengubah Satuan Actual Consumption dan Average di MID
Langkah ini merupakan satu paket. Artinya mengubah satuan Actual Consumption berlaku juga untuk Average, begitu juga sebaliknya.
Pertama ubah display MID ke posisi Average (AVG.) atau Actual Consumption terlebih dahulu (mana yang lebih enak terserah). Kalau sudah, tekan Knop A terlebih dahulu dan tahan 3 detik dengan tangan kiri, sembari tangan kanan memutar Knop B ke kiri atau kanan sampai menunjukkan satuan dari Km/L ke L/100Km.

Akhir Kata:
Semoga tips ini bermanfaat untuk semua pengguna Erti. Kembali lagi pada selera masing-masing mau pake satuan yang mana. Kalau mau tampil beda, nggak ada salahnya toh mencoba yang satu ini.
Monggo dicoba heehehe..

by exofanboy
sumber : kaskus SERIOUS

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar