DIY : Learning initialization transmisi matic Next G untuk menghilangkan jeduk perpindahan gigi

 gambar 1 - Gear shifting diagram
Dari awal pemakaian transmisi matic pada Next G, newbie masih terbiasa dengan memainkan tuas transmisi, terutama mematikan Overdrive (lampu O/D off menyala). Di saat itu tidak pernah mengalami keluhan "jeduk" di transmisi matic. Shock saat perpindahan gigi matic ini banyak diceritakan oleh teman-teman, karena penasaran pingin tau bagaimana "reproduce" gejala tersebut. Setelah mendapat cerita tersebut newbie coba di matic Next G dan ternyata mengalami gejala yang sama yaitu perpindahan gigi yang kasar sampai terasa ada gear yang beradu.... dek.... kira-kira seperti itu yang dirasakan.
Bahkan percobaan reproduce gejala tersebut bisa dikatakan pasti terjadi apabila kondisinya terpenuhi, yaitu : tuas transmisi di D dengan Over Drive (lampu O/D off di speedometer mati), mobil berjalan di kecepatan di atas 60 kpj, kemudian gas dilepas dan speed turun ke sekitar 30an kpj dan pedal gas diinjak lagi. Saat inilah kerasa jeduk perpindahan giginya.
Saat dilakukan percobaan setelah speed turun dan dilakukan penekanan tombol O/D sehingga lampu O/D off di speedometer mati, baru setelahnya pedal gas diinjak lagi, ternyata gejala jeduk tidak terjadi.

Masih penasaran, saat speed turun tombol O/D ditekan sehingga O/D off menyala, kemudian ditekan lagi sehingga O/D off mati; sampai tahap ini tidak terasa ada perpindahan gigi, rpm di speedometer juga terlihat tidak terefek; kemudian pedal gas diinjal lagi..... lagi-lagi gejala jeduk tidak terjadi.
Menurunkan tuas matic secara manual juga tidak menimbulkan gejala jeduk.

Jadi untuk mereproduce gejala jeduk hanya satu cara : tuas harus di D dengan over drive - lampu O/D off mati - speed tinggi sampai kira-kira automatic transmissionnya menggunakan gear 4, speed turun sampai hampir 30 kpj - injak kembali pedal gas. Hanya itu saja. 

Karena makin terbiasa dengan nyamannya transmisi matic; sedangkan setiap kali mesin Next G dinyalakan maka kondisi lampu O/D pada speedometer pasti mati tidak peduli kondisi terakhir sebelum mematikan mesin dalam kondisi O/D yang bagaimanapun; Maka newbie makin sering berkendara dengan tuas di D dan O/D off mati di speedometer. Dengan demikian gejala jeduk bisa dikata hampir merupakan makanan rutin setiap kali berjalan di dalam kota yang ramai lancar. Akhir-akhir ini malah gejala makin sering terasa bahkan speed turun di 40an kpj juga mulai timbul gejala jeduk, padahal awal-awal bila speed turun masih di kisaran 40an kpj dan digas lagi tidak muncul gejala jeduk.

 gambar 2 - Speed shifting
Dari beberapa diskusi di mailing list aerio, dan berbagai macam pengalaman, muncul satu kesimpulan bahwa sebaiknya menggunakan oli matic SGO ATF 3317 untuk matic Aerio / Next G. Kebetulan di sisi fender kiri dalam kap mesin ada sticker tertulis ATF 3317. Anehnya di dipstick tertulis Dexron III, di user manual dan service manual tertulis Dexron III atau Dexron IIE.

Sempat pingin coba SGO ATF 3317, atau ada juga yang menyarankan Multi ATF seperti Elf matic T4 yang dikemasananya tertulis compatible dengan Suzuki ATF. Cuman apa daya stock oli matic Shell Dexron III di rumah masih ada, dan juga matic belum terlalu lama ganti oli berikut filter / saringan oli maticnya juga. Jadinya makin ketunda-tunda.

Meski demikian ada yang menyebutkan setelah ganti SGO ATF 3317, awal-awal masih ada jeduk tapi pelan-pelan sangat berkurang, namun setelah beberapa lama gejala jeduk mulai timbul kembali.
Berikut cuplikan di mailing list aerio indonesia club :
Waktu baru ganti ke sgp emang masih ada jeduknya tp makin lama jedanya ga seperti pas pk oli sebelumnya,lama2 sangat berkurang.. Waktu itu sempet ilang sama sekali.
nah sekarang lg nimbul lagi walaupun jarang, spertinya manipulasinya belom sempurna.. Atau bensin jelek..
Anyway recommended pk SGP ATF 3317 buat matic
-abet 308-
Dari tulisan itu disimpulkan pergantian ke SGO ATF 3317 menggantikan Dexron III membawa efek positif terhadap hilangnya jeduk perpindahan gigi transmisi, bisa jadi gejala tidak langsung hilang karena ada sisa oli Dexron III yang tertinggal atau mungkin bisa aja diartikan pemakaian Dexron III sedikit meninggalkan cacat.... Dan setelah lama memakai SGO ATF 3317 ternyata timbul gejala jeduk lagi mungkin bisa diartikan kualitas oli mulai mengalami penurunan performance seiring dengan pemakaian.
Well lagi-lagi pertanyaannya sama, kenapa kok di manual dan di dipstick ditulis Dexron III tapi di sticker deket fender ditulis Esso JWS 3317.

gambar 3 - Sticker di fender ESSO JWS 3317 dan SGO ATF 3317
Iseng2 ngeliatin balik kap mesin ada sticker rekomendasi penggunaan oli. Dan untuk oli transmisi kodenya 3317 sehingga untuk saat ini oli yg memenuhi rekomendasi tersebut adalah SGO ATF. (gambar 3)
Sebelumnya sempat mendapat info klo bisa pakai yg Dextron III, tapi saya pribadi kedepannya akan pake SGO ATF ajah biar sesuai rekomendasi pabrik. Mudah2an ga ada lagi gejala nyentak seperti yg sekarang dirasakan.
Maaf kalo re-post atau dibahas lagi krn sumpah beneran deh ga bo'ong kalo saya baru "ngeh" sekarang :p
witjak.bobi | Blacklight
AIC 291 | B411KK
Newbie juga sempat menduga kalau saat pedal gas diinjak lagi dan jeduk terjadi karena TCM (Transmission Control Module) melakukan oper ke gigi 2 sedangkan sebelumnya dari gigi 4, sehingga karena rasio gigi terlalu jauh perpindahannya sedikit terasa. Dan itu nothing to worry hanya mungkin rasio gigi yang kebetulan bikin kerasa aja pas downshift.

Beberapa copy paste percakapan berkaitan dengan "jeduk matic" :

Pada 23 Juli 2013 22.57, Thomas Neda A menulis:
Met malem om atau suhu. Si oreo ane ada masalah yg agak susah di deteksi nih om, mungkin para master disini bisa bantu.
Masalahnya kalo si oreo di bawa jalan sekitar 40-60kpj kadang suka berasa nyentak atau jeduk gitu tapi kalo di kick down skalian gak masalah trs kalo tombol o/dnya di nyalain tuh jeduk juga kaga ada. Saya udah bawa ke beres motoreko mekaniknya juga bingung. Oli transmisi saya pake castrol transmax. Nih penyakit baru nongol sekitar 1mingguan.
Smoga para suhu oreo ada yg bisa bantu inpoh2nya.
Trima kasih.

Thomas Neda A.
Black aerio a/t b7942wj

Postby omgatot » Thu Jun 09, 2011 2:34 pm

ijin kenalan agan2...ane pamakai oreo black matic 2003 baru oktober 2010...sebelumnya ane pake xenia li...
matic ane klo abis kecepatan sedang(kurang lebih 60km/jam)trus di rem jadi kira2 30-40 km/jam pas di gas lagi suka ada ngejeduk gtu...
naah klo tombol overdrive di off baru gejala itu ilang...
ma agan2 senior ada yg pernah merasakan gejala spt itu ga??emang karakter maticnya seperti itu ato matic oreo ane ada masalah???
mohon bantuannya...

nb: tapi klo pas sebelum ngegas lagi ane tekan gas nya dikit trus baru digas beneran,gejala itu ilang

ane beli oreo pas km 54000....trus ane kuras matic pas km 60000...sekrg mbl ane uda km 65rban...gejala itu dari awal udah muncul...pas udah kuras matik emang ngejeduk nya ga terlalu keras walopun masi ada gejala spt itu...
tapi memang spt yg ane jelasin gejala itu ilang klo tombol od di off ato sebelum ngegas lagi, ane gas dikit trus dilepas(pedal gas di teken dikit trus di gas normal) gejala itu mang jadi ilang...
tapi ane setuju juga buat chek mounting kanan...sapa tau kali ya gara2 mounting..hehehe
thanks agan2...barangkali ada yg mo nambahin infonye ditunggu banget...nice day

ya memang ga bunyi jeduk kenceng gan...cuman yaaa rada ada jedukan(hentakan kali yaah)...
ok dah thanks infonyah agan2 smuahhh
indahnya berbagi masalah...haha



Postby hendrahalim » Fri Jun 10, 2011 4:58 pm
saya juga ada kok tp mungkin ngak terlalu kenceng biasanya di rpm pas putaran 1500-2000 pada saat possisi perpindahan gear. jadi seperti agak nyangkut atau ada perbedaan injekan antara gas gan perpindahan gear...
buahkfdg idfyu susah bgt jelasinnya. ya kurlebnya begitu deh.
gpp kok om, punya saya begitu aja bisa sampe 170kpj, daripada yg ngak ngejeduk xixixixixixixixiiiiiiii
Hendra 'AIC 209'



Postby omanto » Thu Nov 15, 2012 3:16 pm
Ikutan ngajedhug, ah.. :)

Aerio (matik) sy juga ngajedug begitu..malah sekarang lebih sering (kuantitasnya).
Ganti oli matic saat km 100.000-an , sekarang KM 115.000.
Eng Mounting sdh ganti 4 (semua)..
Malah sdh seminggu ini ada muncul bunyi (kadang) nguuiik..! gitu (kayaknye di bawah jok belakang..).
Sebelum ke Bengkel resmi, memang kudu cari info dulu yg lebih detil ...(biar gak nyesek, ntar udah di beres..divonis macem-macem, duh!!).
...berhubung, anggaran lagi mepet...msh belum berani ngebawa ke Beress.... :(
Yah, mudah2an msh bisa dipake mengais rejeki...:) ..sabaarrr... :)

Salam,
Anto




Re: ijin kenalan(newbie) plus sharing matic ngejeduk

Postby singachu » Fri Sep 14, 2012 9:48 am
cemerlangtehnik wrote:Mau tanya donk bro-bro sekalian:

ada saran nggak tempat buat perbaiki TCM Aerio A/T

Kira-kira gejala nya apa sih gan kalau TCM rusak, mbl saya kalau dari posisi D di posisi 80km/jam terus tiba-tiba jalan pelan 40km/jam ada bunyi "jeduk"

Heran nya kalau di O/D hidup tidak bermasalah

Jadi kesimpulan nya, kalau dari gigi-4 pindah k-2 posisi jalan santai gejala ini muncul, kalau dikebut sih (kick down) puteran atas nggak papa.

O/H gearbox juga sudah dilakukan di suzuki berikut ganti seal, vonis beres sih harus ganti TCM, cuman karena harga nya mahal saya rada takut juga sih, sekitar 4,8jt

Ada saran nggak kira-nya service dimana atau bisa beli dimana TCM dengan harga yang lebih bersahabat dan bergaransi

Thanks

tiba2 jalan pelan dan trus bunyi jeduk ntuh gimana ?

Dari bbrp temen yang pakai aerio/next g matic, kira2 kalo disamakan.... memang dari kecepatan 60 kpj trus lepas gas sampe kecepatan di kisaran 30 kpj, dan berikutnya diinjak gas lagi secara halus maka terasa perpindahan giginya....dek atau jeduk atau apalah istilahnya...... dan itu memang terjadi kalau tuas di posisi D.
tapi kalau di posisi OD Off (lampu OD OFF menyala) tidak terjadi. atau bila waktu gas ulang diinjak dengan agresif, gejala tersebut juga tidak terjadi.

Bahkan ada teman yang mengoverhaul transmisi maticnya dan didapati semua jeroannya normal. ama bengkel tersebut disarankan cek TCM. Setelah dibawa ke BERES untuk cek TCM dan sekalian dibawa test drive untuk melakukan analisa, lagi-lagi didapati TCM berfungsi dengan Normal. Selanjutnya mekanik tersebut menanyakan "apakah dulu waktu ada Recall TCM tidak datang ?"


1. Kalau dari bbrp matic aerio / next g merasakan hal seperti itu, maka bisa dikata "wajar" untuk aerio/next g matic
2. Kenapa bisa timbul "jeduk" begitu....ya mirip kek transmisi manual lah, kalo kita pindah di gigi yang kurang pas/injek gas ama lepas kopling ga pas bisa krasa kurang smooth. Aku rasa ini kaitannya ama ratio gigi matic ama putusan dari TCM kapan menggunakan gigi yang mana... Kalo seperti ini bisa aja memang diupdate TCM nya. Update versinya yah, bukan replace / ganti TCM nya. Kalo Replace dengan TCM versi yang sama (meski barang baru), dugaanku gejala tersebut akan tetap sama.
3. Recall TCM....well aku ga pernah denger, mungkin rekan2 ada yang tau tentang hal ini

regards,
singachu


sumber milis aerio indonesia club :
Malem Aerioers, ternyata banyak juga yg ngalamin masalah ini. Kirain cuman saya aja, emang bunyinya cukup mengganggu terutama utk yg driving stylenya agak agresif :D.
Sharing sedikit, sempet ngalamin hal ini cukup lama dan gak nemuin solusi dari beres. Menurut beres kemungkinan besar dari TCMnya, tapi solusinya mahal, sempet kepikiran mo coba service TCM di bengkel matik tapi terlalu riskan. Sempet curiga dari spek oli matiknya, karena spek di dipstik dexron III sedangkan spek yg dianjurkan esso jws3317, tanya keberes gak dpt penjelasan yg memuaskan, menurut mereka dexron III bisa dipake. Dari hasil googling ternyata kedua spek oli ini gak kompatible. Perasaan sih bunyi jeduk ini muncul gak lama Setelah penggantian oli matik pertama kali(pake dexron III).
Nyari oli matik type ini gak nemu, eh suzuki ngeluarin SGO ATF 3317 utk oli matik. Kalo liat dari kodenya sih sama dgn yg di rekomendasikan, akhirnya coba ganti oli ini di beres serpong sekitar awal tahun 2011. Sampe saat ini bunyi jeduknya udah hilang, pemakaian udah sekitar 20rb km. Gak tau kapan bunyinya ilang, emang gak langsung ilang sih setelah ganti oli.
Demikian sharingnya, aerio matik yg saat ini beredar pasti udah pernah kuras oli matik, kalo liat dari banyaknya kasus mungkin aja emang dari oli matiknya, ini sih sharing pengalaman pribadi aja, atau barang kali ada yg udah coba pake oli matik SGO ini juga? Mohon dishare, thankyou.
Regards,
Martono AIC-217.
Tapi lagi-lagi newbie tidak terlalu yakin baik dengan teori turun gigi dari 4 ke 2 maupun soal tidak boleh pakai Dexron III melainkan harus JWS 3317 atau ATF 3317. Mungkin kualitas oli terutama synthetic bisa membantu. Sedangkan soal perpindahan gigi dari 4 ke 2 melihat dari gambar 1 dan gambar 2, sepertinya tidak mungkin terjadi karena secara otomatis TCM akan turun ke gigi 3 dulu bila mengacu pada kedua gambar di atas.

Suatu saat secara tidak sengaja newbie membaca tulisan seperti di gambar 4 berikut. Excessive shift shock..... hmmm jeduk ini apa istilah "sononya" adalah excessive shift shock, keren istilahnya LOL, dan lebih menjelaskan dibanding dek atau jeduk. Ya sebenarnya transmisi matic Aerio masih menggunakan planettery gear yang tetap akan terasa perpindahan antar gearnya, tapi harusnya tidak boleh "excessive" !
Ngeliat lagi kolom "Possible Cause"nya, ada yang serem-serem... malah ada yang minta ganti TCM segala...bolong kantong. Hmmm yang terakhir "Improper Learning control of TCM when O/D <-> 3 shifting and any upshifting"...... Nah keknya dari O/D alias gear 4 pindah ke gear 3 nih yang rada cocok.... Correction "Learning Control Intialization" dan "Brief Learning".

gambar 4 - troubleshoot excessive shift shock

Baca-baca lagi nemu tulisan ini :
When replacing TCM with used one, all learned contents, which have been stored in TCM memory by executing learning control, should be initialized after replacement referring to “Learning Control Initialization” in this section.
Neglecting this initialization may cause excessive shift shock.
Hmmm lagi-lagi kalau misal ganti TCM dengan TCM bekas, harus dilakukan Learning Control, kalau tidak bakalan bisa muncul "Jeduk" !

Tambahan informasi lagi yang newbie baca :
The hydraulic pressure control device consists of a valve body assembly, pressure control solenoid valve (linear solenoid), 2 shift solenoid valves, TCC (lock-up) solenoid valve and a timing solenoid valve. Optimum line pressure complying with engine torque is produced by the pressure control solenoid valve in dependence upon control signal from transmission control module (TCM). This makes it possible to control the line pressure with high accuracy in accordance with the engine power and running conditions to achieve smooth shifting characteristics and high efficiency.
A clutch-to-clutch control system is provided for shifting between 3rd gear and 4th gear. This clutch-to-clutch control system is made to function optimally, so that hydraulic pressure controls such as shown below are conducted.
– When upshifting from 3rd gear to 4th gear, to adjust the drain hydraulic pressure at releasing the forward clutch, a timing solenoid valve is used to switch a hydraulic passage with an orifice to another during shifting.
– When downshifting from 4th gear to 3rd gear, to adjust the line pressure applied to the forward clutch at engaging the forward clutch, a timing solenoid valve is used to switch a hydraulic passage with an orifice to another during shifting.
– When upshifting from 3rd gear to 4th gear with engine throttle opened, to optimize the line pressure applied to the forward clutch at releasing the forward clutch, the learning control is processed to compensate the switching timing of the timing solenoid at every shifting.
– When downshifting from 4th gear to 3rd gear with engine throttle opened, to optimize the line pressure applied to the forward clutch at engaging the forward clutch, the learning control is processed to compensate the line pressure at every shifting.
Employing the ravigneau type planetary gear unit and this clutch-to-clutch control system greatly simplifies the construction to make possible a lightweight and compact transaxle.
A line pressure learning control is conducted to provide optimum shifting time at every upshifting with engine throttle opened. If long upshifting time is detected, the subsequent line pressure applied during upshifting is intensified. On the contrary, if short upshifting time is detected, the subsequent line pressure applied during upshifting is weakened.
Sepertinya bukan seperti dugaan awal newbie yang gear pindah dari 4 ke 3, tapi tekanan oli ke selenoid valve ada yang terlambat memberikan tekanan optimum sehingga menyebabkan perpindahan gigi tidak smooth. Sebaliknya bila sebelum menekan gas dilakukan penekanan tombol O/D maka tekanan oli ke selenoid valve menjadi tercukupi sehingga saat gas diinjak tidak terjadi gejala jeduk.
Mungkin itu kalau mau berteori....

OK langsung aja sekarang masuk ke inisiasi Learning Control nya.

Inisiasi Learning Control TCM:

 gambar 5 - Learning control initialization
Learning control initialization
1) Remove glove box (1) from instrument panel.
2) Using service wire, connect diagnosis switch terminal (3) and ground terminal (4) of blue monitor connector (2).
3) Turn ignition switch ON leaving engine OFF.
4) Turn O/D off switch OFF and confirm “O/D OFF” light in combination meter does not light.
5) Shift selector lever to “L” range.
6) With brake pedal and accelerator pedal depressed fully, repeat turning O/D off switch to ON position and vice versa for 5 times within 10 seconds to complete memory initialization.

NOTE:
When initialization is achieved, “O/D OFF” lamp neither light nor flash unless diagnosis switch terminal is once disconnected from ground terminal of monitor connector. If initialization is failed, re-try initializing procedure.

Ada sedikit perbedaan dari yang newbie alamti dari step di atas :
step no 4, tidak bisa di buat lampu "OD/Off" mati.

Jadi kalau diringkas cara newbie :

  1. Hubungkan service wire (step 2 di atas) dengan kawat/kabel, jumper deh.
  2. Putar kunci kontak ke ON. Maka speedo menyala semua, setelah itu lampu P R N D 2 L mati, selang 2 detikan maka semua lampu P R N D 2 L dan O/D off menyala bersamaan. (Nah step ini biarpun tombol O/D off dipencet-pencet, itu lampu O/D off ga bakalan mati). Kalau di step ini P R N D 2 L tidak menyala bersamaan, cek no 1.
  3. Geser tuas transmisi ke L; lampu di speedo tetap menyala semua P R N D 2 L dan O/D off nya.
  4. Injak pedal gas dan rem secara penuh, dan tahan sewaktu melakukan step no 5
  5. Pencet-pencet tekan tombol O/D off di tuas transmisi sampai lampu O/D off mati. Kalau belum mati ulangi kembali prosesnya karena gagal; kalau sudah mati berarti sukses.

Untuk memperjelas cara newbie bisa dilihat di foto-foto berikut :
gambar 6 - lokasi connector warna biru
gambar 7 - ini connector warna birunya, perhatikan panah merah yang harus dijumper
gambar 8 - jumper di blue monitoring connector 
gambar 9 - setelah kunci kontak on, P R N D 2 L dan O/D off menyala bersamaan
gambar 10 - geser ke L, pedal gas + rem injek, pencet-pencet tombol O/D
gambar 11 - kalau sukses maka lampu O/D off akan mati
Di step terakhir gambar 11 ini, biarpun tombol O/D di tuas transmisi dipencet-pencet lebih lanjut, lampu O/D off nya ga bakalan nyala lagi.

Selanjutnya melakukan pembelajaran transmisi maticnya.

Brief learning:
This method is effective to be learned quickly when learned condition which is suitable for automatic transaxle is necessary immediately. For example, at the time when shift shock at downshifting 4th gear to 3rd gear or any upshifting become worse than shift shock before replacing TCM.
1) Turn ignition switch ON, turn O/D off switch OFF and confirm “O/D OFF” light in combination meter does not light.
2) Start engine and raise transaxle fluid up to normal operating temperature.
3) Start vehicle and repeat kickdown of 4th gear to 3th gear for 10 times each in the vehicle speed ranges shown below.
• – 40 km/h ( – 25 mile/h)
• 40 – 50 km/h (25 – 31 mile/h)
• 50 – 65 km/h (31 – 41 mile/h)
• 65 – 90 km/h (41 – 56 mile/h)
• 90 – km/h (56– mile/h) if necessary
4) Referring to “Automatic Gear Shift Diagram” in this section, perform upshifting of 3rd gear to 4th gear for 10 times each in the throttle opening ranges shown below.
• 0 – 20 %
• 20 – 40 %
• 40 – 60 %
• 60 – 80 % if necessary
• 80 – 100 % if necessary
5) At “D” range, perform upshifting for 10 times each in the vehicle speed ranges shown below.
• 20 – 55 km/h (12 – 34 mile/h)
• 55 – 70 km/h (34 – 44 mile/h)
• 70 – 90 km/h (44 – 56 mile/h)
• 90 – 125 km/h (56 – 78 mile/h) if necessary
• 125 – km/h (78 – mile/h) if necessary


Kalau berdasarkan Brief Learning di atas, sepertinya bakalan susah untuk melakukannya apalagi melakukannya di jalan raya akan sangat berbahaya terjadi kecelakaan. Untuk itu newbie pakai cara bawa jalan biasa aja.

Kebetulan minggu pagi-pagi newbie udah coba reset TCM alias Learning Control Initialization pakai cara di atas. Dan selanjutnya newbie bawa ke Surabaya karena ada acara keluarga, selama perjalanan kesan pertama yang newbie rasakan adalah shifting RPM terjadi di 2600-2800 an dengan tuas di D dan dalamnya injakan pedal gas seperti biasanya. Biasanya RPM shift up terjadi pada kisaran 2000 rpm. Selama perjalanan tidak timbul masalah "Jeduk" ini tapi karena rame-rame dengan anggota keluarga yang lain ga bisa bener-bener test. Pulangnya setelah antar anggota keluarga, newbie test jalan sampai sekitar 70 kpj dan selanjutnya lepas pedal gas dengan tuas transmisi tetap di D. Kecepatan sampai di 33 kpj newbie gas lagi...... SMOOTH !! Wah cukup excited. 

gambar 12 - error code
Kejadian di pagi hari dan belum melakukan foto dokumentasi prosesnya, sore hari coba simulasikan cara-cara ini ternyata ga sengaja nampilkan error code seperti gambar 12. Pembahasan Error Code akan newbie ulas di post terpisah.
Setelah melakukan erase error code, newbie sekali lagi bawa jalan keluar untuk memastikan error code tidak timbul kembali, sekalian "melatih" TCM di proses learningnya. Sekarang perindahan RPM mulai lebih awal sekitar 2200 an rpm, respose perpindahan gigi benar-benar cepat. Response downshift nyaris instan begitu pedal gas di injak penuh alias kick down. Beberapa kali coba reproduce gejala "jeduk" dan memang hilang sama sekali, perpindahan gigi memang terasa karena gimana-gimana automaticnya pakai gear bukan CVT, cuman kerasanya bukan sebagai shock atau kejut dan smooth, hmmm gimana ya jelasinnya, yang jelas tau kalau itu pindah gigi dari torsi putaran roda, ya rpm naik.... mungkin mirip seperti transmisi manual yang down shift dan gas lagi, bukan kerasa kasar pindah giginya tapi kerasa ada G-Force meski kecil.

Proses reset yang sama dilakukan oleh teman melalui bincang-bincang di Whatsapp, tapi sepertinya efek yang dirasakan beda dengan yang newbie alami. Gejala jeduk matic di aerionya dikatakan jarang-jarang, setelah Inisiasi Learning masih belum dicoba untuk reproduce gejala jeduknya.

Apakah Reset atau Learning Control Initialize menghilangkan gejala jeduk yang terjadi ??
Di kasus Baleno Next G A/T punya newbie : Pasti ! di kasus lain ? tidak tau. Mungkin perlu update dari rekan-rekan pemakai matic yang lain apakah cara ini berhasil di matic mereka atau tidak.

Mengenai oli yang dipakai ? Kembali ke masing-masing, mau Dexron III monggo, kurang srek bisa pake oli Suzuki ATF 3317, atau pilihan tengah-tengah pakai oli multi ATF yang support Suzuki ATF maupun Dexron.
gambar 13 - contoh oli multi ATF yang compatible dengan Suzuki ATF Oil

regards,
singachu

update testimoni dari om Yanuar AIC 318 :

Post by yanadhipra » Mon Apr 14, 2014 11:23 pm
YES!
Thanks om Agus.....ane juga baca dan ikuti report Learning Control Initialization nya....dan puji Tuhan sukses juga! Pagi tadi sebelum kerja ane reset mengikuti cara om singachu di blognya otodiy.blogspot.com.....dan sambil jalan ke kantor ane coba bikin jeduk kagak bisa-bisa....pulang kantor coba lagi juga gak dapet jeduknya...padahal biasanya ga dibuat juga udah pasti kena jeduk sesekali....he he 
Masalah jeduk ini dulu muncul beberapa saat setelah ganti oli matik yg 2 literan itu...(bukan kuras/flush) oli barunya pake STP sedangkan yg lama ane kagak tahu....pas itu barusan ambil tuh oreo seken....menurut saya karena oli gak satu merek itu mungkin karena oli gak satu brand campurannya berpengaruh....sempat mau kuras total tp baca report sana-sini itu biasa di oreo....dan penampakan oli masih sangat merah dan jernih karena pemakai sebelumnya rutin ganti 2 literan juga...akhirnya ya "training" kaki kanan saja supaya gak jeduk...Sampai akhirnya ikutin cara om singachu ini...dan sekarang malah susah dapat jeduk....punya saya oreo matic 05 akhir 
Bedanya sama om agus singachu, : 
habis jumper wire, kontak di ON kan (tanpa nyalain mesin) indikator di dashboard nyala meski tidak semua (indikator standard aja yg nyala engine, accu, dan posisi gear di N, posisi gear lain tetep mati lampunya) O/D tidak nyala...dan dinyalain juga gak bisa sama sekali. 
Lalu pindah tuas ke L, lampu posisi L sempat menyala sebentar trus mati. 
Setelah itu injek penuh pedal gas dan rem bersamaan dan tahan, pencet tombol OFF/ON O/D sebanyak 10x (1-0-1-0-1-0-1-0-1-0) dalam 10 detik....sama sekali tidak ada perubahan nyala lampu indikator (sempat mengira salah jumper dll, saya ulang ampe 3x hasil sama saja) lalu kunci kontak OFF, kmd setelah jumper wire dilepas....dan kontak ON lagi...baru tuh lampu posisi gear nyala lagi termasuk lampu O/D bisa nyala dan mati lagi mengikuti tombol O/D nya. 
Many thanks and appreciate!

Ane sampe minta nomer hp nya ke om Komar mau ucapin terima kasih.... :D Good work om Singachu!
YAN.318 | Cikarang

Comments

  1. tksh om singa,,, nanti sy coba di nextg silve
    r sy,,, gejalanya persis sama,, salam hormat dr saya kijangtua temen di kaskus smoga masi inget,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh om Kijangtua, apa kabur om ?
      Inget lah, ga maen ke kaskus lagi om ? sepi tapi, om sixth_sense aja yang kadang nongol....

      o pegang next g sekarang ?

      regards,
      singachu

      Delete
  2. Kaalo buat sx4 dimana ya om socket nya, nyari2 gak ketemu, gejala sama persis

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}