Share Ganti Throttle Body Innova Bensin / VVT-i dengan TB Fortuner {pipitiai}

 gambar 1 - Throttle Body Fortuner
 http://otodiy.blogspot.com 
Report Penggantian Throttle Body Innova Bensin menggunakan kepunyaan Fortuner.
Hai Gan's.. 
Mau report habis ganti Throttle Body di innova bensin saya, menggunakan kepunyaan fortuner. Hasil diracunin oleh agan Aiwanvidia.. Hehe
Alasannya karena diameter lubang throttle body punya Fortuner lebih besar.
Ga langsung pnp sih, butuh beberapa penyesuaian:
1. Jarak antar lubang baut TB beda, harus dibuatkan lubang baru. Tinggal bawa TB Fortuner ke bengkel untuk di-bor dengan jarak antar lubang 60 mm dan diameter 7 mm.
2. Pipa intake (bentuk L di atas mesin) sebaiknya ganti punya Fortuner juga, karena diameter ga sama.
3. Lubang intake plenum (plastik hitam gede dudukan TB) sebaiknya di reamer agar sesuai dengan ukuran lubang TB yang baru.

Seperti gambar 1 - Terlihat diameter intake plenum innova yang lebih kecil dibanding TB Fortuner.

gambar 2 - Setelah di-reamer. 
Saya bikin sudut lebih landai (model velocity stack) biar udara yang lewat TB tidak 'bertabrakan' dengan intake plenum.
Caranya gosok pake amplas aja, tapi lebih baik copotin intake plenumnya (cuma 7 baut) karena takut kotoran masuk, sekalian dibersihkan.
Kalo ga mau copotin, tinggal bikin ganjelan yang nutupin lubang dalam intake plenum.

Hasilnya:
Ini modifikasi yang palinnnggg berpengaruh untuk putaran menengah-atas, bahkan dibanding dastek.
Tarikan sangat enak, terutama menengah ke atas.
DC: Throttle Body Fortuner 2,250rb
Bengkel bor: 50rb.

by pipitiai
sumber : kaskus KIOC

Komentar

popular posts in a week

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY : pasang IFC-meter aka ITRAX MID mini di Grand New Kijang Innova tipe G

DIY : cara setel ketinggian sorot headlamp All New Avanza / Xenia {Ejecutar}