DIY : kuras oli mesin dan filter oli, kuras oli transmisi Aerio

Minggu lalu tune up tapi blom sempet ganti oli. Hari ini ganti oli sendiri dah, sebenarnya penasaran juga karena 5000km yang lalu gagal melepas baut drain oli transmisi dan gagal melepas filter oli. Berbekal tekad dan kemauan bangun pagi dan modal kunci rachet 3/8" yang baru beli, mahal euy kunci rachetnya...... demi...... demi DIY..... hidup DIY hehehehe.

gambar 1 - tools (ga semua kefoto)

Tools untuk kuras oli transmisi :
  • Dongkrak
  • Kunci Rachet 3/8" + pipa pemanjang bila perlu
  • Corong / Manual Oil Pump
  • Sealer pasta
  • Bak penampungan
  • Oli baru tentu saja :) Butuh 2 liter s/d 2.5 liter.
  • Kain / tissue yang banyak
  • Koran untuk alas ngolong

Tools untuk kuras oli mesin dan ganti filter oli :
  • Dongkrak
  • kunci no 17 untuk baut drain
  • kunci filter oli
  • kunci no 12 untuk buka dek plastik (ato kunci no 10 yak.... :D )
  • Bak penampungan
  • Oli baru dan Filter Oli baru :) Oli butuh 4 liter alias 1 galon saja.
  • Kain / tissue yang banyak
  • Koran untuk alas ngolong

Kenapa kunci rachet ? karena baut transmisi pake ujung kunci sok (bukan sok-nya) ukuran 3/8" yang bentuknya kotak, nah kalau kotak berarti derajat posisi kunci kan terbatas padahal perlu stan untuk manjangi kunci biar kuat muternya. Pengalaman sebelumnya begitu dipanjangin ama pipa, pipanya dah nyentuh tanah, gimana mau muternya..... Dengan kunci rachet, angle dari kunci bisa diputer dikit-dikit sampe dapat stan yang enak. Nasib sebelumnya ganti oli di toko oli, tenaga buat ngencengin bautnya kuat bener, enak sih di tokonya ada lubang buat masuk ke kolong mobil jadi stannya lebar.... mana tenaga newbie kan terbatas hehehehe

WARNING OLI PANAS BISA MENGAKIBATKAN CIDERA !


Step-step ganti Oli Transmisi :

gambar 2

1. Gambar 2 adalah baut untuk pengisian oli transmisi, buka dengan kunci 3/8" inch pakai rachet juga bisa. Pastikan baut ini bisa dibuka dulu sebelum membuka baut drain, daripada bisa buang ga bisa isi berabe.... Buka bautnya.

2. Dongkrak sisi kiri mobil (Aerio) biar bisa ngolong ke bawah.

gambar 3

3. Gambar 3 adalah baut untuk drain / pembuangan oli transmisi, di gambar sudah terpasang kunci rachet 3/8". Kendorin bautnya sampai bisa diputer pakai jari tapi jangan sampai lepas dulu.

4. Pasang wadah penampungan oli

5. Buka baut gambar 3, turunkan dongkrak biar oli ngalir ke bawah, bila perlu dongkrak sebelah kiri biar miring ke arah lubang pembuangan. Tunggu sampai tidak menetes lagi.

gambar 4

6. Pastikan baut pembuangan sudah terpasang dulu. Bersihkan mulut lubang pembuangan dari pasir/kotoran dengan tissue. Kasi sealer pasta dikit baut.

7. Pasang manual oil pump pada lubang pengisian, Newbie buka pumpnya dan masukin oli lewat pangkal oil pump, jadi fungsinya seperti corong, oli bakalan turun dengan sendirinya. Menurut manual book sih 2 liter, tapi di manual book cara ngecek level oli transmisi adalah sampai oli ada di bibir lubang pengisian, tanya-tanya bengkel juga bilang gitu. Tadi newbie masukin 2 liter masih bisa nambah sekitar 250 ato 300 mili-an

8. Pasang kembali baut pengisian, olesin sealer pasta terlebih dahulu.

9. Pastikan tidak ada rembesan/tetesan oli.

10. Done.

gambar 5

gambar 6

Gambar 5 dan 6 tampak baut drain oli transmisi dan baut pengisian.
A. Baut Drain lama, ada magnetnya tuh
B. Baut Pengisian
C. Baut Drain baru, buat gantiin A secara bentuk kotaknya mulai ga beraturan, daripada kedepannya susah dibuka. (beli harga 8500)

Step-step Ganti Oli Mesin :

1. Kalau mesin belum dijalankan, hidupkan mesin agar endapan kotoran bercampur oli biar ikut terbuang dengan oli. Tapi jangan dengan mesin panas, oli panas bisa menciderai kita. Tunggu yang aman aja anget-anget gitu lah jangan panas.

2. Buka 3 baut pengikat Dek plastik yang depan biar bisa dibuka seperti gambar 7

3. Dongkrak sisi kiri atau depan mobil.

gambar 7

gambar 8 - arah putar mengencangkan Filter Oli

gambar 9 - arah putar melepas Filter Oli

4. Pasang kunci filter oli seperti gambar 9 (sori yang gambar 7 dan 8 ntuh salah posisi - ntuh posisi untuk mengencangkan), putar mengikuti anak panah.... Pakai kaidah tangan kanan seh :) Di foto newbie double / lingkarkan balik sabuk kunci filternya masuk biar makin nge-grip ke filter olinya. Tujuan dek plastik dibuka biar ada stan mutar kunci filter olinya. Kendorkan saja sampai bisa diputar tangan, ga perlu sampai lepas.

gambar 10

gambar 11

5. Pakai kunci no 17 buka baut drain Oli Mesin, sebelum lepas pastikan bak penampungan sudah diletakkan pada posisi.

gambar 12

6. Tunggu sampai tidak menetes lagi, bisa juga dibantu dengan membuka lubang pengisian oli (gambar 13)

7. Pindahkan bak penampungan ke bawah filter oli, putar oli dengan tangan pelan-pelan, bakalan ada oli ngalir tuh dari sisi-sisi filter, pastikan penampungannya pas biar tidak tercecer. Puter terus pelan-pelan sampai terlepas, di Filter Oli masih banyak olinya jadi jangan sembarangan dibalik ntar tumpah. Sori ga foto posisi terlepas tangan belepotan oli banyak bener.....

gambar 13

8. Pasang filter oli baru, sebelumnya olesin karet O-Ring di filter dengan oli baru biar lebih "nge-seal" dratnya juga boleh biar muternya gampang. Pasang dulu pakai tangan dan kencangkan dengan tangan sampai O-Ring nyentuh mesin. Baru kencangkan dengan kunci filter 3/4 putaran saja jangan terlalu kencang. (untuk referensi torque : 14 N·m atau 1.4 kg-m atau 10.5 lb-ft)

9. Pasang baut drain oli, perhatikan gasketnya biar ga bocor, kasi seal bila dirasa perlu.

10. Tuang deh oli baru lewat lubang pengisian (gambar 13). Dibantu corong juga ok. Pastiin level oli lewat dipstick, berhubung dah tau kapasitas oli aerio newbie langsung tuang 1 galon pas :)

11. Cek kebocoran/rembesan, Jalankan mesin, cek lagi.

regards,
singachu

Comments

  1. ingat bro.ganti oli setiap 2000km atau kurang.ok www.broeda.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. 2000 km ? cepet bener bro kek motor gua dong kalo 2000 km sekali.
    emang mobilnya apa dan pakai oli apa ?

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  3. oom singachu,dimana letax oli transmisi estilo karimun???
    thanks
    adrian

    ReplyDelete
  4. kalo liat di eparts, ini diagramnya :
    http://eparts.suzuki.co.id/Handlers/GetImage.ashx?LinkRelId=3868&&

    Baut no 22 om, kalo dilihat di diagram sih satunya di bawah depan (untuk drain) dan satunya samping atas belakang :D ntuh untuk isi.

    Pastiin ketemu dua2nya dulu, dan pastiin bisa buka baut pengisian, jangan sampe oli udah di drain tapi ga bisa masukin oli baru :D

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  5. Dmn tempat jual baut drain dan baut pengisian oli transmisi mas, di dealer suzuki apakah ada mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dulu beli di toko sparepart suzuki di kedung doro. mestinya ada lah

      Delete
  6. Mas, ada kontak wa kah, sekalian mau izin konsultasi. Mobil saya aerio juga

    ReplyDelete
  7. halo bos, kunci pembuka filter oli namanya apa? dan beli dmn ya? boleh tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya ya kunci filter oli. beli di online juga ada

      Delete
  8. Gan kalo baut oli transmisinya udah berubah bentuk dan susah dibuka pakai kunci sok 3/8, pakai apa yaa ?? Apakah harus di pahat ??

    ReplyDelete
  9. kemarin saya mencari rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia dan banyak yang teman-teman grup, teman kantor, teman hobi hingga di blog-blog tertentu yang menyarankan X-TEN.

    ReplyDelete
  10. Mirip banget sama Karimun wagon gl Matic 2015 dirumah.
    Ilmunya mantap

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G