{DIX} Laporan lengkap ganti kopling Aerio (kopling merk Daikin)

sumber : postingan om DIX di milis Aerio Indonesia Club (aerioindonesia@yahoogroups.com)

gambar 1 - Kopling New vs Old

gambar 2 - Shinning Flywheel

Sebelumnya maaf agak telat kasih laporan.

Minggu lalu akhirnya si merah kopling setelah 8 tahun 3 bulan, alias pertama kali sejak baru. Kira2 udah jalan 140rb km dan kondisi terakhir udah bikin kaki kiri agak pegel2 terutama ketemu jalan macet dan kadang kerasa getar saat lepas kopling pindah gear.

Niat awalnya ntar ganti kopling kalo udah sampe tetes oli penghabisan alias bener2 ga bisa dipake, kayak si beige om Wisnu. Tapi kalo dipikir2 daripada malah susah di jalan, apalagi pas jalan ama keluarga, akhirnya rencana dipercepat.


gambar 3 - Bengkel

gambar 4 - As Roda dan intermediate

gambar 5 - Engine Mounting Belakang

gambar 6 - Selang radiator Atas

Beberapa part udah beli sejak beberapa bulan lalu, takut harga keburu naik. Biar ga repot 2x kerja dan biaya jadi sekalian aja ganti beberapa part lain.

Ini dia daftar belanjaan:
kopling set Daikin, NTN bearing + SGP input bearing      450rb
seal oil kruk as120rb
engine mounting belakang225rb
Shell Spirax GX 75w90100rb
selang radiator atas80rb
bearing as intermediate / SGP245rb
Biaya jasa:
pasang kopling275rb
bubut fly wheel250rb
ganti bearing as intermediate75rb

Sengaja cari kopling set alternatif selain SGP, selisih harganya lumayan loh. Bedanya bisa 2x lipat buat SGP lokal ato 3x lipat lebih buat yang doyan part mahal SGP Jepang. Keliatan dari dusnya, kalo putih = SGP Jepang, coklat = SGP lokal, silver = Daikin. Buat info aja SGP tuh isinya Daikin juga, bearing juga ga ada yg asli buatan Suzuki alias SGP-pun pake merk lain.

Masalahnya Daikin cuma keluarin buat Futura dan APV. Setelah ngobrol2 akhirnya tau, mesin suzuki 1,3 sampe 1,6 (G-series dan M-series) sama aja ukuran koplingnya alias bisa saling tuker, kecuali Baleno lama (SGP bukan Daikin). Semua ukuran sama, mungkin beda di kekuatan dekrup dan jenis kampas. Kampas yg beda cuma Futura, seratnya jarang dan tidak mengandung metal. Kampas APV dan yang lainnya sama semua, keliatan ada sedikit logam kemerahan sepertinya sih tembaga.

Tapi kalo dipikir2 toh tenaga mesin dan berat kendaraan hampir sama, malah bisa lebih berat Futura/APV kalo muatan penuh. Akhirnya yakin ambil kopling set Futura, soalnya ini yang paling murah.

Waktu dibongkar keliatan full debu kemerahan, tapi kampas belum habis. Saran montirnya sekalian dibubut flywheel untuk menghilangkan getar, keliatan ada beberapa bagian ga rata.

Hasilnya puas, gejala getar hilang dan injekan kopling enteng lagi. Tapi masih agak penasaran soalnya pernah coba oreo lain dan lebih enteng. Ada juga tuh AIC yang baru ganti kopling, inisial kolor berwarna apa gitu. Sebenernya pengen diadu di ASAF jumat kemaren tapi orangnya ga nongol. Adu injek kopling doang, kalo ngebut ampun deh ga berani. Denger suaranya aja udah bikin gemeter...


trims

- DiX -
AIC 198

Daikin buatan Exedy. Rancamaya kemaren ga sempet tes kolor warna, kan ada pasien pasang relay koil. Mungkin injekan agak keras soalnya kemaren udah kesorean ga sempet ganti minyak kopling.

Belanja part di Sohib Motor / Atrium Senen, kopling set paling murah disini. Tanya di sentosa masih diatas 500rb. Bengkel di proyek Senen lantai7, lupa namanya, emang langganan dari Sohib Motor. Kerjanya lumayan cekatan, tapi tempat emang seadanya sih. Montir ama yg bosnya orang minang semua, ngobrol jadi rada ga nyambung soalnya logat daerahnya kentel banget.

trims

- DiX -b
AIC 198

Sohib Motor yah masih di lt 5 Atrium, sori ga bawa kartu nama ato bon. Lokasinya di ujung blok C deket blok D. Kebayang ga?

Kalo harga SGP sih standar aja, ga murah ga mahal. Tapi emang kopling set aja disini paling murah.

trims

- DiX -
AIC 198

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio