DIY : {jalanbuntu} Perbaiki tuas lampu sein yang tidak otomatis mati

sumber : kaskus

All,

Oreo saya kan sein-nya sering ga mau balik sendiri, nah hari sabtu kemarin sempet ngoprek nih. Fotonya gak banyak sih, lagian juga ngakalinnya gampang.

Step2-nya :

Pertama buka dan lepas setir, lalu buka tutup plastik yang di belakang setir.

Cara lepasnya saya manut ke panduan om Centraltech, om Singa dan om Roodeyz.

Berikut gambar bagian belakang setir yang sudah dilepas, dan poros plastik berbentuk selongsong untuk mengembalikan sein secara otomatis.

 gambar 1 - belakang setir
gambar 2 - selongsong poros plastik untuk sein


Plastik putih berbentuk selongsong itu berfungsi sebagai auto-shut untuk sign lamp switch, kerjanya mekanis banget.

Bagian plastik yang menonjol yang dilingkari merah (ada tiga, namun hanya tampak dua karena difoto terhalang poros besi setir), seharusnya masuk di bagian belakang setir yang dilingkari kuning. Tonjolan tersebut berfungsi sebagai pengunci, sehingga poros selongsong plastik tersebut itu akan terus ikut berputar dengan setir.
Di belakang selongsong ini ada per-nya, sehingga selongsong akan terus ditekan untuk menempel dengan setir.

Masalahnya adalah bagian yang menonjol (yang dilingkari merah) terkikis, sehingga bila sein aktif, dan setir diputar berlawanan, selongsong plastik putih itu tidak mau ikut berputar, akibatnya sign gak otomatis mati.

Mungkin pemilik terdahulu pernah ganti setir dengan produk aftermarket yang gak pas dengan dudukan plastik ini.

Nah, abis ini gak difoto karena buru2, si kecil udah ribut aja ngajak jalan2. hehe.

Saya mengakali dengan membuat lubang di bagian yang menonjol yang atas (panah hijau), lalu saya pasang baut kecil di lubang tersebut. Tujuannya agar terbentuk kembali tonjolan agar si plastik ini bisa terus ikut muter dengan setir.

Setelah dipasang baut, coba test, dan berhasil, sein dapat off otomatis.

Sekian share-nya, maap gambarnya gak lengkap. 



by jalanbuntu

Comments

  1. kalau memperbaik tuas cepet kembali sbelum belok bagaimana, jadi waktu mau belok kiri, tuas di geser ke bawah sebelum belok kok tuas kembali ke posisi normal lagi, itu bagaimana memperbaikinya? trims

    ReplyDelete
  2. Penjelasan dan penyampaiannya cukup jelas, lengkap dan mudah dimengerti, sukses selalu ya

    Thanks

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : troubleshoot ABS dengan scan error code ABS serta perbaikannya

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}