DIY : Perbaiki piston rem cakram Aerio yang macet {Aditia Ekalaya}

 gambar 1 - Piston caliper rem yang bikin macet
ack...pagi2 udah harus bongkar kalipet rem. macet euy. biang keladinya gambar 1. mo saya ganti aja... karatnya parah, tapi ga nemu.... nyusul aja deh ganti piston nya entar..
gejalanya : mobil terasa berat, konsumsi bensin jadi rakus. velg panas dan bau hangit.

cara saya buka piston : buka dulu kalipernya. trus masukin besi dari belakang dan dipukul-pukul sampe piston lepas.

saat ini karena ga nemu pistonnya, sementara saya ampelas dulu biar bersih dan rata. untungnya piston belom coak jadi ya kuat buat setahun lagi wkwkwkw, tapi daripada ntar terjadi lagi mendingan saya ganti aja nanti di jakarta atau bandung.
piston diratain lagi pake ampelas. sekarang normal lagi. tapi karena lapisan chrom nya udah cacat ya... prediksi saya tahun depan bakal macet lagi. makanya saya rencana mo ganti piston aja biar ga ribet.
ini efek lupa kuras oli rem. padahal harusnya setahun sekali kuras dan ganti oli rem...
gambar 2 - Nota pembelian part
karena kadung buka kaliper skalian aja ganti kanvas rem depan belakang. depan pake bendix karena ga ada yg ori. belakang pake yg ori. udah gitu... kuras oli rem sekalian ! 
Tinggal cari piston rem nya nih.. di Serang - Banten sih kosong..

gambar 3 - Bendix General CT
Kampas bendix general ct. tadi pas coba pulang, sempet hard braking ngehindar motor ababil ama ngerem nyantei blom ada suara2 aneh sih. ya kita liat aja ampe kapan bendix nya keep silent. soalnya tadi ga nemu yg ori sih..

sumber : FB AIC Group

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G