DIY : tutorial cara mengganti wiper Ertiga dan review Bosch Aerofit frameless {dwdamarjati}

 gambar 1 - BOSCH aerofit frameless
Dear agan semua…
Ceritanya waktu ane jalan-jalan ke puncak pas pulang malem-malem ujan deres, baru kali ini mengalami nyetir dengan kondisi visibilitas ke depan sangat rendah, jalanan hampir gak kelihatan. Baru kerasa waktu itu karena ini mobil jarang dipake malam hari (ane bukan anak kalong gan...)
Setelah dianalisa dan diinvestigasi secara mendalam dengan menggunakan metoda six sigma yang bikin pusing...
diperoleh root causenya yaitu :
1. Lampu depan bawaan kurang terang
2. Banyaknya jamur di kaca depan
3. Kondisi wiper aslinya sudah jelek


Dari ketiga faktor tersebut langsung diambil langkah-langkah penanggulangan bencana eh masalahnya.
-Pertama ane langsung ganti lampu bawaan dengan merek yg laen. Ini udah ane bahas di post ane sebelumnya.
-Kedua, mobil ane bawa ke salon buat ngilangin jamur di kaca, sehingga kaca depan langsung cling bebas jamur.
-Ketiga, ane ganti wiper bawaan dengan produk lain diluar. Nah nyang ini ane mau bahas

Cari & chek sana-sini akhirnya pilihan jatuh pada ini (gambar 1).

Ane ambil ukuran 24 & 14 yang tipe frameless.

Kalau ada yg belom tau cara ganti wiper, ini ane share cara dan proses nya :

1.Buka wiper lama
-Tekan pengunci kearah tangkai wiper, tarik wiper kebawah dan lepaskan dari pengaitnya, seperti pada gambar :
 gambar 2 - buka wiper lama
-Sehingga wiper lama terlepas
 gambar 3 - wiper lama terlepas
2.Pasang wiper pengganti
-Buka tutup pengunci wiper baru
 gambar 4 - buka tutup pengunci
-Pasang ke pengait tangkai wipernya.
 gambar 5 - pasang ke pengait
-Tutup pengunci wiper baru.
 gambar 6 - tutup pengunci
Lakukan langkah-langkah tersebut untuk kedua sisi wiper.
Berikut ini perbandingan antara wiper original dengan wiper baru yg berukuran 24” (sisi pengemudi):
 gambar 7 - 24"
Berikut ini perbandingan antara wiper original dengan wiper baru yg berukuran 14” :
 gambar 8 - 14"
Dan ini adalah perbandingan jarak antara kedua sisi wiper :
 gambar 9 - jarak
Setelah pergantian selesai, wiper lama tetep ane simpen, rencananya klo udah musim kemarau mau dipake lagi wiper yg ori, biar yg baru tetep awet. 
gambar 10 - simpan
Ane udah test ujan-ujanan, hasilnya maknyus,, hasil sapuan bersih nyaris sempurna, dan suaranya hanya terdengar desahannya sajah… Tapi belom dicoba jalan malem pas ujan sih… mudah2an juga bagus.

Lumayan lah daripada klo ganti dengan aslinya bawaan sijuki, liat di e-part harganya woow, karetnya doang sepasang nyaris 110rb, kalo sama frame-nya jadi 180rb an sepasangnya.
Yg ane pake ini harganya gak nyampe 120rb.

Seperti yg sering ane sebutin, ane bukan salesnya merk ini ya gann..

by dwdamarjati
sumber : kaskus SERIOUS

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}